Vision Therapy – Strabismus adalah kegagalan kedua mata untuk mempertahankan keselarasan yang tepat dan bekerja bersama atau berkoordinasi dengan baik. Seseorang yang memiliki strabismus, akan melihat langsung ke objek yang dilihat dengan satu mata. Sedangkan mata lainnya selaras ke dalam, ke arah luar, ke atas atau ke bawah. Strabismus juga dikenali dengan istilah mata juling, dimana kondisi ini bisa konstan atau intermiten. Ketidaksejajaran tersebut akan mempengaruhi mata yang sama, atau kedua mata bisa bergiliran menjadi tidak selaras. Untuk mencegah penglihatan ganda dari strabismus bawaan dan anak usia dini, otak mengabaikan input visual dari mata yang tidak selaras, yang biasanya mengarah pada ambliopia. Tentunya diperlukan vision therapy yang tepat guna menjaga kualitas ketajaman visual.

Jenis Jenis Strabismus

Ada beberapa jenis strabismus yang umumnya dialami oleh seseorang. Dua jenis starbismus yang paling umum adalah esotropia di mana mata berbalik ke dalam, ke arah hidung. Kemudian exotropia di mana mata berubah ke luar, ke arah telinga. Ketika kedua mata tidak menunjuk pada objek yang sama pada saat yang sama, individu tersebut dapat mengalami penglihatan ganda. Namun, kemungkinan besar, otak akan mengabaikan informasi dari satu mata. Ketika otak hanya menerima gambar dan sinyal dari satu mata, otak tidak memiliki penglihatan binocular dimana kedua mata dapat bekerja bersama dengan baik. Tanpa visi binokular, anda mungkin mengalami:

  • Persepsi kedalaman berkurang
  • Lokalisasi spasial yang buruk
  • Sakit kepala karena stres visual
  • Masalah harga diri karena penampilan seperti mata juling atau mata berkeliaran
  • Masalah pemrosesan visual
  • Mengurangi ketajaman visual pada mata yang berubah, yang dapat menyebabkan ambliopia

Strabismus lebih dikenal dengan mata juling, yaitu sebuah kondisi mata yang tidak selaras. Sebelah mata atau keduanya kadang mengarah ke dalam, ke luar, atau lebih jarang ke atas atau ke bawah. Ketidakselarasan ini bisa konstan, yang berarti mata yang sama terus menyimpang ke arah tertentu, atau berselang. Artinya ketidakselarasan ini terjadi hanya pada waktu tertentu, seringnya ketika si penderita kelelahan, sakit, atau melamun.

Baca Juga: Kenali Sejak Dini Penurunan Ketajaman Visual Akibat Low Vision

Penyebab Strabismus

Sebagian besar strabismus adalah akibat dari abnormalitas kontrol neuromuskular dari gerakan mata yang tidak dipahami dengan baik.  Di samping ketidakselarasan mata yang terkadang terlihat sangat jelas. Strabismus juga bisa menyebabkan penglihatan ganda (diplopia), mata malas (amblyopia) pada anak-anak, atau bahkan pengembangan postur kepala konstan seperti kepala miring. Terdapat kesalahpahaman yang umum bahwa strabismus dan mata malas adalah kondisi yang sama. Mata malas atau amblyopia adalah penurunan pada penglihatan anak yang mengakibatkan salah satu atau kedua mata mengirimkan gambar yang kabur ke otak. Terdapat beberapa penyebab amblyopia, dan strabismus adalah salah satu di antaranya. Oleh sebab itu, kedua kondisi ini terkait namun sering disalahartikan sebagai satu kondisi yang sama.

Sebagian besar anak yang juling harus diperiksa sesegera mungkin untuk mencegah timbulnya amblyopia, dan untuk meningkatkan peluang kesuksesan pengobatan. Jika seorang anak sudah memiliki amblyopia, penutup mata mungkin diperlukan pada mata yang normal untuk mendorong penggunaan mata yang juling. Setiap mata memiliki enam otot eksternal (disebut otot ekstraokular) yang mengontrol posisi dan gerakan mata. Strabismus terjadi ketika ada masalah neurologis atau anatomi yang mengganggu kontrol dan fungsi otot ekstraokular. Masalahnya mungkin berasal dari otot itu sendiri, atau di saraf atau pusat penglihatan di otak yang mengontrol penglihatan binokular.

Pengobatan Starbismus

Tergantung pada tipe strabismus, opsi pengobatan yang ada meliputi kacamata, latihan mata di saat yang tepat, dan terkadang operasi strabismus atau Botox pada otot-otot yang ekstraokular. Operasi direkomendasikan jika kendali juling buruk, juling menjadi konstan, persepsi kedalaman 3D menurun, atau untuk membetulkan postur kepala yang tidak normal. Penelitian telah menunjukkan berulang kali bahwa vision therapy adalah pengobatan yang efektif untuk strabismus.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic. Kami Percaya setiap Mata memiliki Cerita karena setiap individu itu unik. Setiap Pasien pasti memiliki cerita dan permasalahan Mata yang berbeda, karena hal tersebut kami berusaha berbagi pengalaman dan memberikan penanganan yang personal pada setiap pasien kami.