Klinik Mata Jakarta Indera penglihatan merupakan salah satu indera yang penting. Tak heran kalau beberapa orang tua penasaran, apakah bayi yang baru lahir telah dapat memandang bersama dengan baik atau tidak? Jawabannya adalah iya, tapi bayi kebanyakan belum dapat memandang bersama dengan jelas, khususnya objek yang jauh darinya.

Tidak seperti indera pendengarannya yang telah matang semuanya sementara usianya satu bulan. Indera penglihatan bayi memerlukan sementara lebih lama untuk dapat memandang sekitarnya bersama dengan jelas.

Kapan Bayi Bisa Melihat bersama dengan Jelas?

Tahap Penglihatan terhadap Bayi
Berikut adalah tahapan perkembangan mata bayi hingga dapat memandang bersama dengan jelas:

Baru lahir hingga usia 1 bulan
Bayi baru lahir tidak dapat memandang suatu hal yang jauh. Bayi dapat memandang objek bersama dengan bersama dengan jarak 20-40 cm (kurang lebih satu jengkal orang dewasa). Pada usia ini, bayi lebih senang memandang warna yang kontras, atau warna-warna bersama dengan memiliki perbedaan yang mencolok.

Bayi yang baru lahir juga memiliki bola mata yang belum dapat fokus secara bersamaan. Saat diperlihatkan satu benda yang bergerak di depan matanya, bola matanya tidak dapat seiring ikuti gerakan benda. Kemampuan mata bayi untuk fokus dapat lebih baik sementara usianya 1-2 bulan.

Usia 2 – 4 bulan
Di rentang usia ini, bayi kebanyakan telah terasa jelas memandang perbedaan warna. Bayi barangkali telah senang memandang benda berwarna primer, seperti merah, biru, atau kuning, dan benda bersama dengan desain atau cermat yang lebih rumit. Di sementara ini, orang tua boleh menyatakan mainan, buku, atau gambar yang berwarna terang.

Baca Juga :

Waspadalah, Bahaya Softlens Terus Mengintai

Ketika usianya 4 bulan, bayi telah dapat memperkirakan jarak. Didukung bersama dengan kemampuan motorik lengannya, bayi dapat lebih mudah menjangkau objek yang dilihatnya.

Usia 5 bulan
Memasuki usia 5 bulan, kemampuan bayi untuk mengenali objek-objek yang kecil dan benda-benda yang bergerak telah makin lama membaik. Pada usia ini, Si Kecil barangkali dapat senang bermain ‘ciluk ba’, sebab ia telah dapat mengenali objek meskipun cuma dulu memandang sedikit cermat dari objek tersebut.

Pemahamannya mengenai warna juga telah terasa membaik. Bayi telah dapat membedakan warna-warna yang berani dan terasa membedakan warna-warna lembut, seperti warna pastel.

Usia 8 bulan
Saat berusia 8 bulan penglihatan bayi telah mendekati sempurna, apalagi hampir mirip bersama dengan penglihatan orang dewasa. Di usia ini, bayi telah dapat memandang benda yang jaraknya jauh, meskipun belum sebaik penglihatan jarak dekatnya.

Usia 12 bulan
Menginjak usia 12 bulan, bayi telah dapat memandang bersama dengan jelas. Dia telah dapat memandang benda yang jarak dekat maupun jauh bersama dengan baik. Bahkan bayi telah dapat mengenali orang yang telah dikenalnya dari kejauhan.

Penting bagi orang tua untuk jelas tahap-tahap perkembangan penglihatan bayi agar dapat mengenali secara dini kalau berjalan gangguan. Jika kedua bola mata Si Kecil tidak bergerak seiring terhadap usia 3-4 bulan, periksakanlah ke dokter anak. Gejala selanjutnya dapat jadi sinyal Si Kecil memiliki masalah terhadap penglihatan atau terhadap otot mata.