Terapi Mata Minus – Mata minus atau miopia, menjadi permasalahan kesehatan mata yang umum terjadi dan seringkali terjadi. Apalagi di era teknologi seperti saat ini, dimana banyak orang yang menggunakan berbagai perangkat digital, seperti hand phone yang tidak pernah lepas dari aktivitas setiap orang. Tahukah anda, bahwa perangkat digital seperti smartphone memiliki sinar biru yang tidak bagus untuk mata. Terlalu lama menatap layar perangkat digital tersebutlah yang menjadi salah satu faktor munculnya mata minus. Gangguan seperti ini tentu akan mengganggu aktivitas anda. Oleh sebab itu, kenali apa itu mata minus dan gejalanya melalui penjelasan berikut ini.

Apa Itu Mata Minus (Miopia)?

Mata minus (miopia) adalah kesalahan pembiasan (refraksi) mata yang membuat seseorang tidak dapat untuk melihat benda yang berada jauh dengan tajam. Akan tetapi benda yang beraa dekat bisa dilihat dengan baik. Mata minus atau miopia umumnya disebabkan oleh kelainan refraksi pada sistem optik mata. Bola mata yang terlalu panjang atau lensa mata yang terlalu kuat akan menyebabkan gambar diproyeksikan di depan retina dan tidak fokus tepat pada retina. Hal inilah yang menjadi penyebab seseorang tidak bisa melihat benda yang jauh dengan jelas. Pada penglihatan normal, gambar akan diproyeksikan tepat pada retina sehingga menghasilkan gambar yang jelas baik dekat atau jauh.

Penyebab Mata Minus (Miopia)

Mata minus atau miopia biasanya dimulai antara usia 6 dan 12 tahun. Kondisi ini sering berkembang perlahan pada remaja saat mata tumbuh dan panjang mata bertambah. Fokus sinar cahaya kemudian bergerak semakin jauh di depan retina. Kelainan refraksi yang terjadi  akan semakin parah apabila tidak segera ditangani. Beberapa penyebab mata minus atau miopia yang harus anda waspadai diantaranya yaitu:

  1. Faktor keturunan

Risiko miopia pada anak anda lebih tinggi jika anda atau orang tua lain juga menderita mata minus (miopia).

  1. Lingkungan

Selain faktor keturunan, faktor lingkungan juga diketahui dapat mempengaruhi risiko mata minus (miopia). Beberapa kebiasaan yang meningkatkan risiko terjadinya mata minus seperti:

  • Membaca dalam waktu lama (lebih dari 30 menit berturut-turut)
  • Membaca atau memegang iPad dalam jarak 12 inci dari mata
  • Sering berada di ruangan yang redup
  • Menonton atau membaca dengan jarak yang terlalu dekat

Baca Juga: Pelajari tentang Glaukoma Ini Sebelum Memilih Vision Therapy

Pada kebanyakan orang, mata minus dikaitkan dengan mata yang terlalu panjang. Mata rata-rata tanpa kelainan refraksi panjangnya 23 milimeter, mata rabun lebih panjang dan panjangnya bisa lebih dari 30 milimeter. Panjang mata di atas 26 milimeter atau kesalahan bias -6 dioptri atau lebih tinggi disebut miopia tinggi. Miopia tinggi khususnya dapat menyebabkan masalah di kemudian hari, karena dapat menyebabkan penipisan retina. Sampai usia 40 tahun, seseorang tidak akan menyadarinya. Namun, setelah usia 40 tahun, masalah bisa muncul meliputi:

  • lecet bintik kuning
  • detasemen retina
  • perdarahan (degenerasi makula rabun)
  • risiko katarak yang lebih besar
  • peningkatan risiko glaukoma (hilangnya serabut saraf di dekat saraf optik)

Koreksi Mata Minus (Miopia) dengan Resep Kacamata

Koreksi optik terutama terdiri dari kacamata. Lensa kontak juga dapat diresepkan untuk anak yang lebih besar. Koreksi kacamata atau lensa kontak memastikan bahwa gambar ditampilkan kembali dengan tajam pada retina. Ahli ortoptis atau dokter mata dapat menentukan lensa korektif yang tepat untuk anda melalui prosedur pemeriksaan yang lengkap.  Tingkat kenaikan resep sangat bervariasi dari anak ke anak. Bagaimanapun, kacamata atau lensa kontak harus disesuaikan secara teratur agar anda bisa tetap melihat dengan tajam.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap dengan menghubungi kontak person Vio Optical Clinic.