Vision Therapy – Sekarang ini, masalah penglihatan menjdai masalah yang umum terjadi dan dialami oleh banyak orang. Gangguan penglihatan bisa dialami oleh siapa saja dengan gejala yang mungkin berbeda. Dimana adakalanya seseorang membutuhkan kacamata baca setiap kali ingin menggunakan ponsel, membaca buku dan lainnya. Jika seseorang mengalami kesulitan untuk melihat objek yang berada dekat, ada kemungkinan orang tersebut menderita presbiopia. Kondisi seperti ini disebabkan oleh hilangnya kekuatan pada otot yang mengendalikan lensa mata. Presbiopia adalah kondisi yang sangat umum dan seringkali kondisi ini disebabkan oleh proses penuaan.

Apa itu Presbiopia?

Presbiopia adalah hilangnya kemampuan fokus mata yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Pada umumnya, orang mulai memperhatikan efek presbiopia sekitar usia 40 tahun. Ketika mereka mulai mengalami kesulitan melihat cetakan kecil dengan jelas, termasuk pesan teks pada ponsel mereka. Seseorang tidak bisa lepas dari presbiopia, bahkan jika mereka belum pernah memiliki masalah penglihatan sebelumnya. Meskipun presbiopia adalah perubahan normal yang terjadi pada mata kita seiring bertambahnya usia. Namun, kondisi ini merupakan peristiwa yang signifikan dan emosional karena itu adalah tanda penuaan yang tidak mungkin diabaikan dan sulit disembunyikan. Dimana kondisi penglihatan yang kurang optimal akan memengaruhi kehidupan mereka.

Gejala Presbiopia

Gejala yang dialami oleh seseorang dengan presbiopia mungkin berbeda-beda. Adakalanya seseorang masih dapat melihat objek dekat dengan cukup baik. Namun presbiopia menyebabkan gejala rasa sakit kepala, ketegangan mata dan kelelahan visual yang membuat kesulitan membaca dan penglihatan menjadi buram. Beberapa gejala presbiopia yang mungkin dialami seseorang yaitu:

  • Kesulitan berfokus pada objek yang dekat dengan kita
  • Kesulitan melihat sesuatu dalam cahaya redup
  • Ketegangan mata
  • Kesulitan berfokus pada benda-benda kecil dan hasil cetak yang bagus

Baca Juga: Gangguan Penglihatan Low Vision yang Menurunkan Ketajaman Visual

Penyebab Presbiopia

Presbiopia adalah proses menurunnya ketajaman visual seseorang berkaitan dengan usia. Kondisi seperti ini terjadi secara bertahap ditandai adanya penebalan dan hilangnya fleksibilitas lensa alami di dalam mata. Perubahan tersebut terjadi karena protein dalam lensa yang membuat lensa lebih keras dan kurang elastis seiring berjalannya waktu. Perubahan ini juga terjadi pada serat otot yang mengelilingi lensa mata. Dengan elastisitas yang lebih rendah, maka mata akan lebih sulit untuk bisa fokus pada objek yang dekat.

Pada lensa mata terdapat otot elastis yang mengelilinginya, sehingga bisa mengubah bentuk lensa dalam memfokuskan cahaya yang masuk pada mata. Seiring dengan bertambahnya usia, maka otot di sekitar lensa mata akan kehilangan elastisitasnya dan mengeras. Kondisi mengerasnya otot-otot lensa tersebut yang menjadi penyebab timbulnya presbiopia. Lensa menjadi kaku dan tidak bisa berubah bentuk, sehingga membuat cahaya yang masuk ke retina menjadi tidak fokus.

Pengobatan Presbiopia

Ketika penglihatan seseorang memburuk, biasanya kacamata atau lensa kontak menjadi alternatif untuk memperoleh visi yang jelas. Perawatan untuk presbiopia sangat diperlukan guna mengkompensasi ketidakmampuan mata untuk fokus pada benda-benda terdekat. Pilihan perawatan untuk presbiopia dapat meliputi penggunaan kacamata korektif atau lensa kontak, menjalani operasi refraktif, atau mendapatkan implan lensa untuk presbiopia.

Dalam pengobatan serta perawatan presbiopia, tidak hanya terkait dengan medis, namun juga diperlukan cukup vitamin dan mineral dalam makanan yang dikonsumsi guna menjaga kesehatan mata. Tidak seperti masalah gangguan penglihatan lainnya, presbiopia dapat diatasi dengan melakukan beberapa latihan mata. Dimana semua latihan tersebut berkonsentrasi pada penguatan otot yang mengendalikan fokus mata anda dalam mengolah cahaya yang masuk.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera hubungi kontak person kami atau kunjungi langsung Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.