Klinik Mata Jakarta – Dewasa ini  berbagai gangguan pada penglihatan bisa dibantu dengan berbagai alat bantu, contohnya adalah kacamata dan lensa kontak. Mengenakan kacamata atau lensa kontak bisa memperbaiki penglihatan mata yang tidak maksimal. Kedua produk ini begitu digandrungi sehingga banyak dikenakan oleh mereka yang mengalami kelainan mata, seperti mata minus, mata silindris ataupun plus.

Setiap jenis kelainan mata, tentu saja akan berbeda jenis lensa kontak dan kacamata yang digunakan. Tapi sebenarnya aspek yang wajib diperhatikan tidak hanya itu saja. Faktor keamanan juga harus diperhatikan dengan baik. Terutama dari kedua produk ini, seringkali orang bertanya, mana yang lebih aman antara kacamata dengan lensa kontak. Tentu saja ini pertanyaan yang sangat bagus karena sebagai pengguna produk kesehatan, Anda memang harus kritis.

Bersikap kritis seperti ini akan membuat Anda mendapat produk dan layanan kesehatan terbaik. Jika Anda bersikap menerima dan terlalu percaya pada praktisi medis, ada banyak kendala yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah mal praktek atau kesalahan dalam penanganan. Agar lebih jelasnya, simak perbandingan antara penggunaan kacamata dan lensa kontak di bawah ini.

Lensa Kontak Membuat Sudut Pandang Anda Lebih Luas

Dari segi jarak dan sudut pandang, penggunaan lensa kontak jauh lebih luas dibandingkan dengan kacamata yang hanya tertuju pada satu titik. Hal ini dikarenakan lensa menempel langsung pada bola mata Anda. Kondisi seperti ini akan membuat Anda lebih mudah dalam menganalisa lingkungan dan membuat Anda bisa melihat sekitar dengan lebih cepat. Jika Anda berada di jalanan, tentu saja lensa kontak membuat Anda lebih aman bukan?

Kacamata Melindungi Mata Anda dari Cahaya Secara Langsung

Lain halnya dengan lensa kontak yang membuat sudut penglihatan Anda jadi lebih luas kacamata membuat mata Anda lebih aman. Pasalnya dengan kacamata semua cahaya silau dan partikel lain yang berbahaya terhalang untuk masuk ke mata. Terlebih bagi Anda yang bekerja di depan komputer terus menerus. Kacamata ini mereduksi cahaya yang masuk dan membuat mata Anda jauh lebih sehat.

Lensa Kontak Membuat Mata Menjadi Kering

Meskipun aman, akan tetapi ada dampak lain yang akan Anda dapatkan pada saat Anda mengenakan lensa kontak. Salah satunya adalah mata yang menjadi kering. Bagi yang sering mengenakan lensa kontak pasti sangat akrab dengan hal ini. Saat kondisi mata kering, mata akan mudah mengalami iritasi. Kondisi ini tentunya membuat mata menjadi gatal dan merah.

Kacamata Membuat Sudut Pandang Anda Terbatasi

Jika Anda mengenakan kacamata, sudut pandang Anda jadi terbatasi. Bingkai kacamata itu sendiri seolah menjadi bingkai dari pandangan Anda. Dengan mengenakan kacamata seperti ini Anda akan sulit untuk melirik karena fokus Anda adalah selebar lensa kacamata Anda. Akan tetapi, jika Anda mengenakan lensa, Anda akan jauh lebih mudah dalam melirik. Sudut pandang Anda juga mencapai 180 derajat.

Baca juga : Pentingnya Menggunakan Kacamata Safety Saat Bekerja

Pada intinya penggunaan kacamata dan lensa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kami rasa penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Ada masanya Anda harus mengenakan kacamata, tapi ada juga masa dimana mengenakan lensa kontak jauh lebh baik.

Itulah penjelasan yang bisa kami paparkan terkait perbandingan keamanan antara kacamata dan lensa kontak. Pastikan Anda senantiasa berkonsultasi dengan ahli jika Anda hendak memilih kedua produk ini. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika ada hal yang tidak Anda pahami dengan baik.