Disaat Anda bekerja di depan komputer atau layar gadget dalam jangka waktu yang lama, biasanya Anda akan mengalami baik mata merah, mata lelah bahkan penglihatan Anda menjadi kabur, dan kondisi ini dinamakan Conputer Vision Syndrome (CVS). Karena saat mata kita melihat layar monitor, mata kita membutuhkan akomodasi fokus yang lebih apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Jika Anda berusia di bawah 40, timbulnya mata lelah atau pandangan yang kabur itu terjadi karena ketidakmampuan mata Anda untuk terus fokus kepada layar monitor atau mata Anda itu susah untuk merubah fokus dari papan keyboard dan layar monitor secara bergantian dalam waktu yang cukup lama. Sulitnya mata untuk fokus ini seringkali dikaitkan dengan gejala Computer Vision Syndrome (CVS) Apabila Anda berusia di atas 40 tahun, permasalahannya bisa terjadi akibat munculnya ukuran presbiopi – kesulitan untuk melihat objek yang dekat dikarenakan oleh faktor usia. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gejala Computer Vision Syndrome (CVS).

Lalu, jika Anda mengalami gejala Computer Vision Syndrome seperti yang sudah dijelaskan di atas, apakah yang harus Anda lakukan? Untuk pemula, Anda harus melakukan pemeriksaan mata secara komprehensif terlebih dahulu untuk mengecek keseleruhan kondisi mata Anda seperti apa dan memperbaharui ukuran kacamata Anda. Penelitian menunjukkan bahwa ukuran yang salah itu bisa menyebabkan gejala Computer Vision Syndrome (CVS).

Jika ukuran kacamata Anda itu sudah up-to-date (atau jika Anda tidak terlalu butuh kacamata untuk beraktivitas) namun Anda tetap merasakan ketidaknyamanan saat menggunakan komputer atau gadget, saatnya Anda mempertimbangkan untuk mengganti kacamata Anda dengan kacamata komputer yang di desain secara khusus untuk penggunaan di depan komputer atau gadget. Kacamata ini secara khusus dibuat untuk mengurangi mata lelah dan memberikan Anda kenyamanan saat bekerja di depan komputer atau layar monitor lainnya. Butuh kacamata komputer? Segera hubungi VIO! Klik tombol di bawah ini;

Mengapa harus memakai kacamata komputer?

Kacamata komputer (menggunakan lensa anti radiasi dan memiliki fungsi blue control) berbeda dari kacamata biasanya karena dibuat secara khusus untuk memberikan kenyamanan pada penglihatan Anda saat beraktivitas di depan komputer atau gadget.

 

Pada umumnya, layar komputer diposisikan 20 hingga 26 inci dari mata pengguna. Ini termasuk jarak yang aman bagi mata untuk para pengguna, lebih dekat dari jarak pandang berkendara namun lebih jauh dari jarak pandang membaca.

 

Anak-anak dan remaja yang membutuhkan kacamata pada umumnya membeli kacamata yang untuk mengoreksi mata minusnya saja, atau ukuran mata plusnya, atau mata silindernya alias kacamata single vision (satu fungsi). Bentuk lensa mata Anda secara otomatis akan menyesuaikan sehingga memberikan akomodasi penglihatan yang ekstra ketika beraktivitas di depan komputer atau layar gadget.

 

Ketika penglihatan jarak dekat seseorang di atas 40 tahun menjadi kurang jelas akibat adanya Presbiopi, hal ini akan mempengaruhi pandangan orang tersebut ketika membaca atau menatap layar komputer / gadget secara jelas. Kacamata bifokal bisa membantu Anda untuk melihat jarak jauh dan dekat yang baik, namun penglihatan yang normal kadang bisa memberikan ketidaknyamanan pada saat menggunakan komputer atau gadget.

 

Tanpa kacamata komputer, para pengguna komputer ujung-ujungnya akan merasakan penglihatannya menjadi kabur, mata lelah, dan sakit kepala – yakni gejala Computer Vision Syndrome. Parahnya, banyak orang yang memaksakan penglihatannya dengan melihat lebih dekat lagi ke arah komputer atau dengan memiringkan kepala mereka untuk melihat kacamata bagian bawah Anda. Kedua tindakan ini dapat menyebabkan sakit leher, sakit bahu, dan sakit punggung.

 

Pada umumnya, kacamata komputer memiliki sekitara 60% daya untuk memperbesar seperti kacamata untuk membaca. Namun pembesaran optimalnya tergantung dari seberapa jauh Anda ingin duduk dari posisi layar monitor Anda atau seberapa dekat Anda memegang gadget Anda.

 

Kacamata komputer juga bisa mengoreksi mata silinder. Oleh sebab itu, kacamata komputer itu sama halnya dengan kacamata lainnya yang harus didesain khusus sesuai dengan kebutuhan kesehatan mata masing-masing individu. Kalau hanya sekedar memakai kacamata baca biasa tanpa ada fungsi anti radiasi / blue controlnya tidak akan mempan untuk mencegah mata lelah. Penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan kacamata komputer bisa meningkatkan produktivitas orang ketika bekerja di depan komputer / gadget.

 

Apa fungsi kacamata anti radiasi?

Kacamata anti radiasi untuk komputer atau kacamata dengan lensa blue control berfungsi untuk menghalangi sinar cahaya biru dari layar monitor yang berbahaya  dan mencegahnya memasuki mata kita. Lensa ini memiliki filter berwarna kuning yang dirancang untuk memotong sinar cahaya biru dari layar dan mencegah mereka mencapai mata kita. Lensa ini juga secara alami meningkatkan kontras pada layar, yang membuat hal-hal lebih mudah dilihat dan karenanya mengurangi tingkat kelelahan pada mata.

Butuh kacamata komputer? Segera hubungi VIO! Klik tombol di bawah ini;

 

Kacamata dengan lensa blue control / anti blue ray adalah solusi yang bagus untuk masalah paparan cahaya biru, karena lensa ini bersifat portabel, sehingga Anda dapat memakai atau melepaskannya tergantung pada kebutuhan dan kegiatan Anda yang Anda lakukan.

 

Apakah manfaat kacamata anti radiasi?

Anda mungkin akan merasakan bahwa setelah menggunakan kacamata komputer untuk sementara waktu, sakit kepala Anda, mata kering dan lelah, dan kualitas tidur yang buruk semua akan berkurang, dan Anda akan dapat bekerja di komputer Anda atau menonton TV tanpa khawatir tentang kesehatan Anda.

 

Terlebih lagi, jika Anda bekerja di depan komputer selama seharian, menggunakan kacamata biasa saja itu tidak cukup, namun harus menggunakan lensa anti radiasi atau blue control. Sebagai pengguna kacamata, kita harus paham betul aktivitas kita seperti apa dan harus mempertimbangkan apakah kacamata yang kita pakai itu sudah sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan atau belum. Semuanya ini kita lakukan demi kenyamanan mata kita saat kita beraktivitas

 

Pada kacamata komputer pada daya lensa anti radiasi atau lensa blue ray yang optimal untuk melihat layar komputer ketika membutuhkannya pada sudut pandang yang sebenarnya jelas sekali dan lebar tanpa perlu upaya pemfokusan yang berlebihan atau postur yang tidak sehat. Penelitian yang menunjukkan kacamata komputer secara khusus secara signifikan demi meningkatkan produktivitas pekerja.

 

Desain Lensa Buat Kacamata Komputer

Aneka ragam pada desain lensa khusus yang bekerja secara baik pada kacamata komputer. Karena lensa ini diresepkan secara khusus buat penggunaan komputer, mereka tidak cocok untuk dipakai untuk keperluan umum seperti kacamata anti uv.

 

Kacamata komputer memang sederhana sekali, bayangkan saja ketika Anda memiliki lensa penglihatan tunggal lalu memiliki kekuatan lensa yang dimodifikasi yang sebenarnya ditentukan untuk pada penglihatan lalu nyaman di depan layar komputer selalu. Kekuatan lensa ini mengendurkan jumlah akomodasi yang diperlukan untuk menjaga pada objek yang selalu fokus dengan jarak layar komputer dan memberikan bidang tampilan terbesar.

 

Jenis kacamata ini tentunya dapat mengurangi risiko pada ketegangan mata, selain itu ada juga penglihatan kabur, juga ketidak seimbangan postur yang menyebabkan sakit leher dan punggung, serta digunakan demi kenyamanan pengguna komputer baik tua maupun muda.

 

Jika seandainya Anda menggunakan desain lensa lain, maka dari itu kami merekomendasikan untuk miliki kacamata komputer yang populer. Agar Anda semakin bersemangat dalam bekerja.

 

Pada lensa progresif kerja mempunyai zona menengah yang lebih besar dibandingkan lensa progresif biasa demi penglihatan lebih nyaman di komputer. Tetapi ini menyisakan lebih sedikit area lensa untuk penglihatan jarak, jadi lensa ini tidak direkomendasikan untuk mengemudi atau tugas penglihatan jarak signifikan lainnya.

 

Dokter mata Anda ingin sekali membantu Anda memutuskan desain lensa yang disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda untuk kacamata komputer.

 

Bingung mencari kacamata komputer untuk kebutuhan kesehatan mata Anda?

 

Tahukah Anda? VIO Optical Clinic merupakan Klinik Mata sekaligus Optik di Bekasi yang menyediakan beberapa pelayanan kesehatan mata lengkap yang ditangani langsung oleh Dokter Mata dan ahli kesehatan mata professional. Salah satunya adalah pelayanan kacamata yang terdiri dari berbagai macam variasi untuk berbagai macam kebutuhan. VIO menyediakan kacamata komputer yang didesain secara khusus bagi Anda yang bekerja seharian di depan komputer atau yang hobby menggunakan gadget.

 

Sebelum Anda menggunakan kacamata komputer, Anda dipastikan mengikuti beberapa tahapan pemeriksaan mata lengkap seperti;

  • Pemeriksaan kelainan refraksi (mata minus, mata plus, mata silinder)
  • Pemeriksaan tekanan bola mata
  • Pemeriksaan retina dan kornea
  • Pemeriksaan ketajaman penglihatan (tes visus mata)
  • Dan masih banyak lagi pemeriksaan lainnya.

Beberapa tahapan pemeriksaan ini digunakan untuk mendapatkan ukuran yang akurat pada kacamata komputer Anda.

Yuk hubungi VIO Optical Clinic untuk info kacamata komputer lebih lanjut di;

021-29475974 / 089502092881 WA

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

 

VIO Optical Clinic – Klinik Mata dan Optik Bekasi yang melayani pemeriksaan mata lengkap

 

Pemeriksaan mata itu sangat penting kita lakukan dengan rutin sehingga kita mengetahui kondisi mata kita dan bisa melakukan penanganan lebih awal jika terdeteksi sejak dini. VIO melayani pemeriksaan mata lengkap dan pendeteksian dini penyakit yang ditangani langung oleh Dokter Optometry (Dokter Mata)

Untuk info lebih lanjut, hubungi VIO Optical Clinic cukup dengan klik tombol di bawah ini;

Alamat: Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi