VIO OPTICAL РKesehatan mata memiliki peran yang sangat penting  bagi siapa saja. Tidak hanya memiliki peranan penting sebagai indera penglihatan. Kesehatan mata juga menjadi salah syarat yang dibutuhkan untuk bisa lolos tes masuk sekolah militer. Oleh karena itu, sangatlah penting selalu menjaga kesehatan mata sejak dini. Tidak hanya memberikan penglihatan yang jelas tapi mata yang sehat berperan penting bagi peningkatan kualitas hidup anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat. Seperti mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dan lain sebagainya. Menghindari faktor risiko yang dapat menyebabkan gangguan pada mata sangatlah penting. Seperti kebiasaan kurang baik yang dilakukan saat membaca, bermain gadget atau bekerja dengan komputer. Jarak yang terlalu dekat saat membaca atau waktu yang terlalu lama saat bermain gadget dan komputer dapat berdampak pada mata minus.

Selain menghindari kebiasan buruk yang rentan terhadap risiko mata minus, rutin memeriksakan mata juga penting. Dimana akan ada serangkaian pemeriksaan yang dilakukan untuk mengevaluasi kinerja seluruh bagian mata dan fungsi yang dimilikinya. Pemeriksaan mata sendiri terdiri dari beberapa jenis tes yang meliputi:

Pemeriksaan Fisik Mata

Pemeriksaan fisik mata dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik mata. Dokter akan memulai pemeriksaan fisik matamelputi pemeriksaan bagian dalam kelopak mata. Selanjutnya pemeriksaan kornea, sklera, lensa mata, pupil, iris, serta cairan yang ada di dalam bola mata. kemudian pemeriksaan pada bagian mata yang lebih dalam, seperti pembuluh darah, saraf mata, dan retina menggunakan alat oftalmoskop.

Pemeriksaan Gerakan Otot Mata

Pemeriksaan gerakan otot mata bertujuan untuk mengetahui kekuatan otot mata dalam menggerakkan bola mata. Pada pemeriksaan tersebut, dokter akan meminta pasien untuk menutup dan membuka kelopak mata. Dimana kemudian pasien diminta untuk mengikuti gerakan jari atau objek lainnya. Melalui pemeriksaan ini dapat diketahui bahwa otot mata bergerak secara normal atau tidak.

Tes Ketajaman Penglihatan (Uji Refraksi)

Uji refraksi bertujuan untuk mengetahui ketajaman penglihatan seseorang. Dimana tes ketajaman penglihatan atau uji refraksi ini digunakan untuk melihat seberapa jelas penglihatan anda saat melihat suatu objek pada jarak tertentu. Biasanya tes ketajaman atau uji refraksi ini dilakukan dengan menggunakan kartu Snellen. Yang mana didalamnya terdiri dari beberapa huruf dan angka dengan ukuran yang bervariasi.

Baca Juga: Terapi Ortho-K Bisa untuk Usia 6 Sampai 35 Tahun

Pemeriksaan Lapang Pandang

Pemeriksaan lapang pandang bertujuan untuk menilai kemampuan mata pasien melihat suatu benda di sekitar saat mata fokus pada satu titik. Dokter akan meminta pasien untuk duduk dan menutup salah satu mata dengan menggunakan tangan. Selanjutnya, pasien diarahkan untuk memfokuskan pandangan pada satu titik, yakni di depan mata yang terbuka. Kemudian, dokter akan menggerakkan jarinya atau benda tertentu dari berbagai sisi. Dimana kemudian, pasien akan diminta untuk mengkonfirmasi keberadaan benda atau objek tersebut.

Tes Buta Warna

Tes buta warna merupakan salah satu pemeriksaan mata yang sering dilakukan dengan metode Ishihara. Dimana pasien akan diminta untuk menyebutkan tampilan angka atau pola tertentu yang muncul di dalam kartu berwarna khusus. Apabila pasien memiliki penglihatan normal, maka pasien dapat melihat angka yang tertera pada kartu tersebut dengan mudah. Namun, apabila pasien mengalami buta warna, maka angka tersebut tidak dapat terbaca atau akan tampak seperti angka lainnya.

Tonometri

Tonometri adalah tes yang dilakukan untuk mengukur tekanan di dalam bola mata atau tekanan intraokular (TIO). Tes ini berfungsi untuk memeriksa apakah ada risiko penyakit yang dapat meningkatkan tekanan bola mata, seperti glaukoma. Metode pemeriksaan tonometri yang umumnya dilakukan adalah tonometri aplanasi dan tonometri non kontak.

Melalui pemeriksaan mata rutin, kita dapat mencegah risiko gangguan mata. Selain itu, pemeriksaan dan tes mata juga penting sebagai syarat untuk masuk sekolah militer. Dimana tes ketajaman penglihatan dan tes buta warna merupakan tes yang termasuk dalam tahapan tes kesehatan dalam seleksi pendaftaran akademi militer.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.