Vio Optical Clinic – Rasa gatal yang membandel bisa sangat mengganggu, dan secara naluriah kita tahu bahwa kelegaan akan muncul setelah kita menggaruknya hingga hilang. Tetapi ketika rasa gatal itu ada di mata Anda, kelegaan akan lebih sulit didapat. Anda tidak bisa benar-benar menggaruk bola mata Anda (setidaknya, kita tidak menyarankannya), jadi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa gatal yang tidak bisa Anda garuk? Mata gatal, yang juga disebut konjungtivitis, adalah kondisi umum yang sering dikaitkan dengan alergi. Namun, alergi bukanlah satu-satunya penyebab. Lebih baik segera membawanya pergi ke klinik mata untuk memeriksakan apa yang terjadi pada mata Anda.

Gejala Mata Gatal

Gejala pertama dan paling menonjol dari mata gatal adalah seperti namanya: mata terasa gatal. Namun, sering kali ada tanda-tanda lain yang menyertainya, termasuk:

  • Mata merah dan berair
  • Keluarnya cairan bening seperti lendir
  • Mata dan kelopak mata bengkak
  • Sensasi seperti terbakar
  • Terasa seperti ada benda yang mengganjal di salah satu atau kedua mata Anda

Apa yang Menyebabkan Mata Gatal?

Ketika mata Anda terasa gatal yang tidak nyaman, Anda mungkin lebih banyak berpikir tentang bagaimana cara menghilangkan rasa gatal tersebut. Namun, menentukan penyebab mata gatal dapat membantu Anda mendapatkan pengobatan yang paling efektif. Mata gatal sering kali berkaitan dengan konjungtivitis yaitu peradangan konjungtiva, atau lapisan selaput bening yang menutupi bola mata dan bagian dalam kelopak mata Anda – tetapi banyak faktor lain yang dapat berkontribusi.

Alergi

Jika Anda memiliki alergi musiman (demam) atau alergi lingkungan lainnya, kemungkinan besar Anda pernah mengalami mata gatal. Alergi sering kali merupakan penyebab paling umum di balik mata gatal. Paparan alergen menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan histamin, yang memperbesar dan mengiritasi pembuluh darah halus di mata, sehingga menyebabkan gatal dan kemerahan.

Sindrom mata kering

Mata gatal berkaitan erat dengan kondisi yang dikenal sebagai sindrom mata kering. Pada mata kering, air mata yang biasanya menjaga kelembaban mata Anda tidak lagi mampu melakukannya karena sejumlah alasan. Mata Anda menjadi sangat kering, sehingga menyebabkan rasa gatal, kemerahan dan nyeri.

Baca Juga: Seperti Apa Risiko Penglihatan Akibat Ketergantungan Alkohol?

Infeksi dan peradangan mata

Terkadang, mata gatal dapat menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang terjadi pada kesehatan mata Anda. Blefaritis adalah peradangan kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri yang berlebihan pada kelopak mata atau bulu mata, atau kelenjar minyak yang tersumbat dan teriritasi di sekitar mata.

Lensa kontak

Menggunakan lensa kontak tanpa membersihkannya dengan benar atau mengganti lensa kontak dengan yang baru secara teratur dapat menyebabkan iritasi konjungtiva. Juga disebut konjungtivitis papiler akibat lensa kontak, kondisi ini menyebabkan mata merah, gatal, dan bengkak.

Pemulihan setelah operasi mata

Mata Anda mungkin terasa gatal saat sembuh dari operasi katarak atau LASIK. Banyak pasien mengalami rasa berpasir seperti pasir di mata mereka. Rasa gatal pada mata ini biasanya akan hilang sepenuhnya dalam beberapa minggu atau bulan setelah operasi. Jika rasa gatal terus berlanjut setelah itu, Anda harus berbicara dengan dokter mata Anda.

Mata lelah

Berfokus pada satu hal dalam waktu yang lama – layar digital, jalan di depan mobil Anda saat Anda mengemudi atau buku yang Anda coba baca dalam cahaya redup – memaksa mata kita untuk bekerja lembur. Mata bisa menjadi tegang dan mulai terasa perih, gatal dan sakit.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Tidak lupa juga ada Ortho K yang efektif menyelesaikan hampir semua masalah mata. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.