Vio Optical Clinic – Bagi kebanyakan orang, rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat sesuatu yang masuk ke dalam mata sudah sangat biasa. Dan seluruh dunia akan berhenti sampai Anda bisa mengeluarkannya. Biasanya kelopak mata dan bulu mata Anda berfungsi sebagai penghalang alami. Dan refleks kedipan alami Anda dengan mudah menyapu benda-benda yang lebih besar.

Anda mungkin memerlukan pemeriksaan mata pada pusat terapi mata jika rasa sakit dan robekan berlanjut selama lebih dari beberapa jam. Jika ada sesuatu yang masuk ke dalam mata Anda, pastikan untuk tidak panik. Biasanya mata Anda cukup berair untuk mengeluarkannya dengan sendirinya.

Jika ada benda yang membandel di mata Anda, Anda mungkin harus membersihkannya. Membilas mata Anda dengan air atau larutan garam dapat membantu. Tetapi, seperti yang mungkin pernah Anda alami, benda-benda yang lebih kecil dapat menemukan jalan masuk. Hal ini dapat terjadi dalam kenyamanan rumah Anda sendiri atau di luar di lingkungan yang berangin dan berdebu.

Apa yang Terjadi Jika Ada Benda yang Masuk ke Dalam Mata Anda?

Ketika sebuah benda masuk ke dalam mata Anda, biasanya benda tersebut akan mencari tempat untuk menetap. Tempat-tempat yang mungkin menjadi tempat bersarangnya benda tersebut antara lain:

  • Di bawah kelopak mata Anda
  • Di konjungtiva (permukaan putih mata Anda)
  • Di kornea (lapisan luar mata yang jernih)

Sejumlah benda asing dapat masuk ke dalam mata dan menyebabkan rasa tidak nyaman serta robekan. Penyebab paling umum adalah bulu mata Anda sendiri. Benda-benda lain yang dapat tersangkut di mata Anda antara lain, Kotoran, Potongan logam, Serbuk sari, Bulu binatang, Serangga, Lensa kontak, Lendir kering, Partikel makeup

6 Tips untuk Mengeluarkan Sesuatu dari Mata Anda

Air mata Anda akan mengeluarkan sebagian besar benda yang masuk ke dalam mata. Dan Anda dapat menggunakan jari yang bersih untuk mengeluarkan partikel lainnya dengan lembut. Kuncinya adalah melakukannya dengan aman tanpa berisiko merusak permukaan mata.  Berikut adalah beberapa tips mudah untuk dicoba di rumah:

  • Pastikan Anda dapat melihat. Cari tempat yang cukup terang agar Anda dapat bercermin.
  • Cuci tangan Anda. Hal ini penting untuk menghilangkan partikel yang tidak diinginkan dan mencegah infeksi.

Baca Juga: Mengenal Aphantasia: Ketika Imajinasi Tak Mampu Menciptakan Visual

  • Lihatlah semua permukaan mata Anda. Ini termasuk kornea, konjungtiva, dan di bawah kelopak mata. Untuk melihat ke bawah kelopak mata, gunakan jari telunjuk untuk menarik kelopak mata bawah ke bawah dan menjauhi bola mata. Periksa apakah ada kotoran di bagian bawah ini. Jika ketidaknyamanan berada di bawah kelopak mata atas Anda, tarik kelopak mata atas ke atas dan menjauh dari bola mata.
  • Putar mata Anda ke segala arah. Hal ini dapat membantu benda-benda kecil untuk jatuh ke bawah ke dalam pandangan.
  • Bersikaplah lembut. Jika Anda melihat benda di bagian putih mata Anda, cobalah menyentuh benda tersebut dengan lembut dan mengangkatnya langsung dari mata Anda. Jika objek berada di tengah mata, cobalah untuk berkedip beberapa kali sampai objek tersebut berpindah ke bagian putih mata.
  • Siram mata. Anda dapat memulai dengan memercikkan air ke mata Anda di atas wastafel. Anda juga dapat mengisi cangkir kecil dengan air atau cairan pencuci mata yang mengandung garam. Untuk melakukannya, letakkan pinggiran cangkir di sekitar mata Anda, dengan wajah menghadap ke bawah. Tengadahkan kepala Anda ke belakang dengan cepat, biarkan mata Anda terbuka agar air dalam cangkir masuk ke dalam mata. Ulangi cara ini sebanyak yang diperlukan. Jika tidak kunjung sembuh Anda bisa segera pergi ke pusat terapi mata untuk mengobatinya.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah  pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy serta penggunaan lensa Ortho K.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.