Klinik Mata Jakarta – Penglihatan adalah salah satu indera kita yang paling berharga, namun begitu banyak dari kita yang menganggap remeh. Kita berasumsi bahwa selama kita dapat melihat dengan jelas, maka mata kita sehat. Namun, tidak selalu demikian. Banyak penyakit mata yang tidak menunjukkan gejala apa pun hingga penglihatan sudah terpengaruh. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin dengan pergi ke pusat terapi mata. Ini adalah cara terbaik untuk mendeteksi masalah sejak dini sebelum menyebabkan kehilangan penglihatan.

Glaukoma adalah sekelompok kondisi mata yang merusak saraf optik, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan dan kebutaan. Faktanya, glaukoma merupakan salah satu penyebab utama kebutaan permanen di seluruh dunia. Penjelasan singkat ini akan membahas apa penyebabnya, apa saja gejalanya, dan bagaimana cara mengobatinya.

Pencuri Penglihatan Secara Senyap

Glaukoma sering disebut “pencuri penglihatan diam-diam” karena umumnya tidak memiliki tanda-tanda peringatan dini. Pada saat gejala muncul, kehilangan penglihatan permanen mungkin telah terjadi. Untungnya, glaukoma dapat dideteksi melalui pemeriksaan mata yang komprehensif dan dapat diobati jika terdeteksi secara dini.

Ada beberapa pengobatan yang tersedia, dan tujuan pengobatan adalah untuk mencegah kehilangan penglihatan dengan menurunkan tekanan bola mata. Jika Anda telah didiagnosis menderita glaukoma, atau berisiko terkena penyakit ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah kehilangan penglihatan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah glaukoma:

Lakukan Pemeriksaan Mata Komprehensif

Ini adalah cara terbaik untuk mendeteksi glaukoma secara dini sebelum kehilangan penglihatan. Pastikan Anda memberi tahu pusat terapi mata Anda jika Anda memiliki riwayat glaukoma dalam keluarga atau faktor risiko penyakit ini. Glaukoma dapat diturunkan, jadi penting untuk mengetahui apakah ada anggota keluarga Anda yang menderita penyakit ini. Hal ini akan membantu spesialis mata Anda menentukan apakah Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena glaukoma.

Makanlah makanan yang sehat

Pola makan yang sehat tidak hanya baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga dapat membantu menurunkan risiko terkena glaukoma sampai batas tertentu. Mengonsumsi makanan yang kaya akan buah dan sayuran dapat membantu mengurangi Tekanan Intraokular (TIO), yang merupakan penyebab utama glaukoma.

Selain itu, diet sehat juga dapat membantu melindungi saraf optik, yang rentan terhadap kerusakan akibat TIO yang tinggi. Meskipun tidak ada jaminan bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dapat mencegah glaukoma, namun hal ini perlu dimasukkan ke dalam rencana kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

Jangan merokok

Merokok merupakan faktor risiko bagi banyak masalah kesehatan, termasuk glaukoma. Jika Anda merokok, berhenti merokok adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata Anda. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda berhenti merokok, jadi bicarakan dengan spesialis Anda tentang apa yang terbaik untuk Anda.

Baca Juga: Tampil Semakin Fresh Setelah Lebaran dengan Kacamata yang Tepat

Kelola diabetes Anda

Jika Anda menderita diabetes, penting untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di retina, yang dapat menyebabkan retinopati diabetik. Retinopati diabetik adalah penyebab utama kebutaan, jadi penting untuk melakukan semua yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. Selain itu, penderita diabetes juga berisiko lebih tinggi terkena glaukoma, jadi pastikan Anda melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Kelola tekanan darah tinggi Anda

Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di retina, yang dapat menyebabkan retinopati hipertensi. Retinopati hipertensi adalah penyebab utama kebutaan, jadi penting untuk melakukan semua yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. Selain itu, orang dengan tekanan darah tinggi juga berisiko tinggi terkena glaukoma, jadi pastikan Anda melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.