Vio Optical Clinic – “Low vision” adalah istilah yang secara umum berarti penglihatan parsial, atau penglihatan yang tidak dapat dikoreksi sepenuhnya dengan kacamata, lensa kontak, pembedahan, atau obat-obatan. Penglihatan dekat dapat memengaruhi orang dari segala usia, tetapi risikonya meningkat seiring bertambahnya usia. Low vision secara umum berarti gangguan penglihatan, dan ini dapat terjadi pada usia muda maupun tua. Banyak orang yang mengalami low vision (artinya tidak dapat melihat dengan baik) karena kondisi keturunan, penyakit mata, atau cedera mata.

Beberapa orang tidak dapat melihat dengan baik saat matahari terbenam dengan cahaya yang berubah-ubah dan yang lainnya memiliki penglihatan yang memburuk secara perlahan-lahan seiring dengan bertambahnya usia. Pasien mungkin dapat melihat lebih baik dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi penglihatan, tetapi yang lainnya akan mengalami gangguan penglihatan secara permanen. Cari tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rabun jauh, apakah kami dapat membantu Anda melihat dengan lebih baik, dan bagaimana Anda dapat menjalani hari dengan lebih mudah jika Anda tidak dapat melihat dengan baik.

Apa yang Dimaksud dengan Low Vision?

Dari namanya, low vision adalah Gangguan Penglihatan di mana Anda tidak dapat melihat dengan baik. Ini adalah kehilangan penglihatan yang signifikan atau hanya dapat melihat sedikit sekali. Hal ini tidak terjadi pada banyak orang yang berusia muda, tetapi dapat memengaruhi orang yang berusia lebih tua atau jika mereka memiliki kondisi mata kronis. Anda hanya dapat melihat sedikit sekali, sehingga Anda mungkin saja dianggap buta. Penglihatan kurang bukan hanya rabun jauh, rabun dekat, atau kehilangan penglihatan pada salah satu bagian mata Anda.

Ini adalah kehilangan penglihatan pada tingkat yang signifikan sehingga Anda tidak dapat melihat. Anda mungkin tidak dapat menyetir atau mengoperasikan jenis mesin apa pun, dan Anda mungkin kesulitan melakukan tugas sehari-hari seperti membaca. Tanda/gejala umum dari rabun dekat meliputi:

  • Tidak mengenali wajah keluarga atau teman
  • Kesulitan membaca, memasak, menjahit, atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya
  • Kesulitan memilih dan mencocokkan warna pakaian Anda
  • Membutuhkan pencahayaan yang lebih terang atau lampu yang tampak lebih redup dari biasanya
  • Tidak dapat membaca rambu lalu lintas atau nama toko

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut saat menggunakan lensa kontak atau kacamata, Anda mungkin berisiko terkena penyakit mata atau rabun dekat. Penyebab umum rabun jauh pada orang berusia 55 tahun ke atas adalah degenerasi makula terkait usia (DMTU). DMTU adalah penyakit mata yang mengaburkan penglihatan sentral dengan merusak retina. Kematian/kerusakan sel di dalam retina sering kali menyebabkan berkurangnya penglihatan dan tidak dapat dipulihkan.

Baca Juga: Mengapa Peningkatan Mata Minus pada Anak Bisa Terjadi Secara Signifikan?

Bagaimana Cara Menurunkan Risiko DMTU?

  • Berolahraga secara teratur
  • Menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol yang sehat
  • Tidak merokok
  • Menjaga pola makan yang sehat
  • Kenakan kacamata hitam dan pelindung mata saat beraktivitas
  • Terapkan kebersihan yang baik saat merawat lensa kontak

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah jika Anda merasa penglihatan Anda mulai memburuk adalah menggunakan cetakan yang lebih besar saat membaca, memperbaiki pencahayaan di rumah atau kantor Anda dan menggunakan pencahayaan dengan kontras tinggi saat membaca dan menulis.

Jika Anda khawatir bahwa Anda memiliki penglihatan rendah, hubungi klinik mata terbaik Anda. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan melakukan pemeriksaan mata setiap tahun. Hal ini akan meningkatkan peluang diagnosis dini penyakit mata. Diagnosis dini dan perawatan mata preventif dapat menurunkan risiko terkena rabun dekat. Jika Anda menyadari adanya perubahan pada penglihatan Anda, kunjungi spesialis mata sesegera mungkin.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan Low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.