Vio Optical Clinic – Sebagai orang tua, kita menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita, termasuk kesehatan penglihatan mereka. Pemeriksaan mata secara teratur di klinik mata sangat penting untuk memastikan perkembangan visual yang optimal selama masa kanak-kanak. Dalam panduan komprehensif ini, akan membahas jadwal yang direkomendasikan untuk pemeriksaan mata anak, pentingnya deteksi dini dan pengobatan, serta wawasan berharga untuk membantu Anda memprioritaskan kesehatan penglihatan anak Anda.

Waktu yang Tepat untuk Memeriksakan Mata Anak

Menurut Asosiasi Spesialis Spesialis Mata Kanada, sangat penting untuk menjadwalkan pemeriksaan mata bagi anak-anak pada usia tertentu untuk memantau kesehatan penglihatan mereka dan mendeteksi potensi masalah. Berikut ini adalah jadwal yang direkomendasikan:

Pemeriksaan Mata Bayi Baru Lahir

Tak lama setelah lahir, bayi baru lahir menjalani pemeriksaan kesehatan mata primer. Pemeriksaan ini membantu mengidentifikasi kondisi mata bawaan, seperti katarak atau glaukoma, yang mungkin memerlukan intervensi dini. Deteksi dan penanganan dini sangat penting untuk mencegah masalah penglihatan jangka panjang.

Kunjungan Awal: Usia 6-9 Bulan

Pada tahap awal ini, spesialis mata fokus untuk memastikan keselarasan mata yang tepat dan bahkan perkembangan refraksi/presbiopi. Tidak jarang bayi memiliki beberapa tingkat kelainan refraksi, tetapi ingin mengidentifikasi kesalahan korektif yang signifikan yang dapat menghambat perkembangan penglihatan mereka. Penyakit mata yang tidak terdeteksi seperti katarak kongenital atau tumor langka juga dapat diidentifikasi selama pemeriksaan ini.

Usia 2-5 tahun: Setidaknya Satu Pemeriksaan Mata

Pemeriksaan mata secara teratur antara usia 2 dan 5 tahun sangat penting untuk memantau perkembangan penglihatan dan mendeteksi adanya masalah resep atau penyakit mata yang muncul. Spesialis mata akan menilai apakah anak memenuhi tonggak perkembangan visual selama tahun-tahun penting ini.

Usia Sekolah 6-18 tahun: Satu Pemeriksaan Mata Per Tahun

Ketika anak-anak belajar membaca dan terlibat dalam kegiatan akademis, koreksi penglihatan yang optimal menjadi semakin penting. Masalah seperti disleksia, yang dulunya hanya dikaitkan dengan ketidakmampuan belajar, terkadang dapat dikaitkan dengan resep kacamata, gangguan penglihatan binokular, atau masalah pelacakan optik.

Pemeriksaan mata secara teratur di klinik mata memastikan identifikasi dan penanganan yang tepat waktu terhadap masalah-masalah ini, yang secara signifikan berdampak pada pembelajaran dan perkembangan anak Anda.

Baca Juga: Jangan Biarkan Glaukoma Mencuri Penglihatan Anda

Apa yang Terjadi Selama Pemeriksaan Mata

Selama pemeriksaan mata komprehensif untuk anak-anak, berikut ini adalah apa yang dapat Anda harapkan selama pemeriksaan mata anak Anda:

Memeriksa Keselarasan Mata

Spesialis mata akan mengevaluasi keselarasan mata anak Anda untuk memastikan mata mereka bekerja sama dengan benar. Pemeriksaan ini membantu mengidentifikasi masalah apa pun dengan koordinasi mata, seperti strabismus (mata juling atau tidak sejajar), yang dapat memengaruhi penglihatan dan persepsi kedalaman. Deteksi dini masalah penyelarasan mata memungkinkan intervensi dan penanganan yang tepat waktu.

Pemeriksaan Refraksi/Penilaian Resep

Refraksi adalah proses menentukan resep kacamata yang sesuai untuk anak Anda. Spesialis mata akan menggunakan berbagai teknik, termasuk retinoskop atau autorefraktor, untuk mengukur bagaimana cahaya fokus pada retina, sehingga dapat memberikan resep yang akurat. Pemeriksaan ini sangat penting untuk mengidentifikasi dan menangani kelainan refraksi yang umum terjadi, seperti miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), dan silindris.

Evaluasi Penyakit Mata

Spesialis mata akan memeriksa mata anak Anda dengan cermat, memeriksa tanda-tanda atau gejala penyakit mata. Katarak, glaukoma, dan retinopati dapat terjadi pada anak-anak, meskipun relatif jarang. Deteksi dini terhadap kondisi-kondisi ini akan memastikan penanganan dan penatalaksanaan yang cepat, sehingga meminimalkan potensi kehilangan penglihatan atau komplikasi.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.