Low Vision – Tidak sedikit orang yang kehilangan penglihatannya setiap tahun akibat gangguan penglihatan. Banyak orang yang memiliki penyakit mata yang bisa membatasi penglihatan mereka akibat berbagai hal. Kondisi yang terjadi akibat gangguan penglihatan akan memengaruhi aktivitas setiap orang. Bahkan gangguan ini bisa dialami oleh setiap orang di segala usia. Penting sekali bagi anda dan keluarga untuk mengetahui kondisi kesehatan mata secara rutin. Salah satu kondisi yang terjadi akibat gangguan penglihatan adalah low vision, atau menurunnya ketajaman mata secara signifikan.

Apa itu Low Vision?

Low vision atau penglihatan rendah adalah penurunan ketajaman visual seseorang yang signifikan. Kondisi yang berarti bahwa penglihatan seseorang tidak dapat diperbaiki meskipun memakai kacamata, lensa kontak, obat-obatan, atau bahkan operasi. Kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari menjadi sulit untuk dilakukan. Aktivitas seperti membaca, berbelanja, memasak, menonton TV, menulis dan lainnya akan terasa sulit untuk dilakukan. Meskipun kemampuan penglihatan tidak bisa pulih dengan sempurna, seseorang dapat belajar untuk menggunakan alat bantu yang lebih baik.

Pola Gangguan Penglihatan dan Kehilangan Penglihatan Akibat Low Vision

Low vision yang dialami seseorang bisa membuat penglihatan terganggu pada setiap orang. Gangguan yang dialami setiap orang tidak sama antara satu dan yang lain. Pola gangguan penglihatan yang terjadi akibat low vision diantaranya yaitu:

  1. Penglihatan pusat

Penglihatan pusat adalah tingkat ketajaman visual yang digunakan saat seseorang melihat langsung pada suatu objek. Degenerasi Makula (AMD) bisa mempengaruhi penglihatan sentral yang dimiliki seseorang. Selain AMD, Retinopati diabetik juga dapat mempengaruhi penglihatan sentral atau perifer.

  1. Penglihatan perifer

Ketajaman visual ini digunakan untuk melihat bentuk objek yang tidak berada dalam tampilan pusat. Umumnya, glaukoma akan mempengaruhi penglihatan tepi atau visi perifer. Stroke juga dapat memengaruhi satu sisi penglihatan tepi seseorang yang merupakan akibat dari low vision.

Baca Juga: Ortho-K Terapi Refraktif Kornea untuk Koreksi Miopia

  1. Sensitivitas kontras

Kondisi ini adalah kemampuan yang dimiliki untuk membedakan antara warna yang mirip seperti sedikit susu dalam cangkir putih, atau untuk membedakan fitur wajah. Semua masalah mata dapat menurunkan sensitivitas kontras.

  1. Persepsi kedalaman

Ini adalah kemampuan visual seseorang untuk menilai posisi suatu benda. Hilangnya penglihatan low vision yang terjadi pada mata dapat memengaruhi persepsi kedalaman.

  1. Pemrosesan visual

Lensa mata bertugas untuk memfokuskan sinar cahaya kepada retina. Retina akan mengubah cahaya menjadi sinyal yang dikirim melalui saraf optik kepada otak, yang kemudian akan diinterpretasikan sebagai gambar yang dilihat. Masalah dengan salah satu proses ini akan memengaruhi visi seseorang.

Penyebab Low Vision

Hilangnya penglihatan akibat kondisi low vision ini dapat disebabkan oleh penyakit mata, seperti degenerasi makula, glaukoma, retinopati diabetik, dan retinitis pigmentosa. Low vision juga bisa disebabkan oleh cedera pada mata. Kondisi seperti ini dapat terjadi pada semua usia tetapi lebih sering terjadi pada orang tua. Kondisi ini juga bisa menjadi konsekuensi dari kanker mata, albinisme, atau cedera otak. Jika Anda memiliki kelainan low vision atau berpotensi untuk mengembangkan low vision, maka anda lebih berisiko untuk kondisi ini.

Gejala Low Vision

Ketika ada gangguan penglihatan low vision, anda tidak dapat melihat dengan cukup baik untuk melakukan tugas sehari-hari bahkan dengan kacamata dan lensa kontak. Ada banyak tanda kehilangan penglihatan akibat low vision seperti membaca, menulis, berbelanja, menonton televisi, mengendarai mobil, atau mengenali wajah itu sulit atau tidak mungkin. Mungkin sulit untuk menyesuaikan tombol atau melihat cahaya yang menyilaukan. Selain itu, anda juga mungkin mengalami kesulitan untuk memilih atau mencocokkan warna pakaian. Lampu yang terang juga bisa tampak lebih gelap dari sebelumnya, membuat pekerjaan rumah atau pekerjaan lainnya menjadi lebih sulit.

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata professional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staff profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic low vision device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope ataupun telemicroscope untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision. Yang mana peralatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penglihatan agar anda dapat melihat dengan lebih jelas tanpa bantuan orang lain. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.