Terapi Mata Minus – Mata minus adalah suatu kelainan penglihatan yang paling umum, dan mempengaruhi 30% populasi yang ada. Ini merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan perubahan mata atau disfungsi pada kemampuan visual seseorang untuk melihat objek yang jauh. Dalam penglihatan rabun, jarak penglihatan berkurang dan objek tampak kabur. Ini karena mata memiliki kelainan refraksi, yang mengakibatkan kesulitan dalam memfokuskan cahaya. Faktanya, sinar cahaya yang datang dari objek jauh jatuh pada bidang yang ditempatkan di depan retina, menghasilkan gambar retina yang membingungkan. Untuk itu, penting mengetahui kondisi mata minus sejak dini dan mencegahnya semakin memburuk dengan terpai mata minus.

Kenali Apa Itu Mata Minus

Mata minus adalah suatu kondisi di mana retina (yang berperan sebagai film di kamera) berada dalam fokus yang salah. Anda dapat melihat dari dekat, tetapi sulit untuk melihat dari kejauhan. Penyebab mata minus yang utama adalah pertumbuhan mata. Bola mata manusia membesar seiring pertumbuhan tubuh setelah lahir. Saat bola mata membesar, retina bergerak mundur dari posisi fokus, dan posisi fokus bergerak relatif di depan retina. Ini adalah mekanisme onset dan perkembangan mata minus pada remaja. Terkadang mata minus juga bisa disertai dengan perubahan retina yang dapat mengganggu fungsi visual. Dengan adanya perubahan retina sentral, memungkinkan penglihatan yang buram pada jarak tertentu.

Dalam kasus mata minus progresif, karena perpanjangan bola mata yang progresif, pembedahan dapat memperbaiki cacat refraksi yang ada pada saat pembedahan. Akan tetapi tidak menghilangkan kecenderungan bertambahnya panjang bola mata dan oleh karena itu tidak dapat menghindari kondisi yang memburuk dari mata minus. Ketajaman visual mengekspresikan performa visual yang dapat dicapai oleh setiap mata. Ini diukur dalam sepersepuluh dengan membaca huruf atau angka di papan khusus. Semakin kecil simbol yang dikenali, semakin besar ketajaman visualnya. Mata yang sehat memiliki kapasitas visual sepuluh persepuluh (10/10). Ketika anda mengalami mata minus, tentu ketajaman visual akan mengalami penurunan.

Baca Juga: Kenali Masalah Penglihatan Glaukoma Sebelum Anda Menjalankan Vision Therapy

Apa Saja Gejala Mata Minus?

Untuk bisa melihat dengan jelas yang selalu dibutuhkan oleh penderita mata minus adalah kacamata atau lensa kontak dengan resep dokter. Dimana lensa korektif sangat dibutuhkan pada saat mengemudi atau dalam aktivitas sehari-hari. Yang mana memungkinkan mereka mengarahkan sinar cahaya dengan tepat untuk membentuk gambar yang jelas pada retina. Beberapa gejala yang mungkin dialami oleh penderita mata minus meliputi:

  • Penglihatan kabur saat melihat objek yang jauh
  • Kebutuhan untuk menyipitkan mata untuk melihat dengan jelas
  • Sakit kepala karena kelelahan mata

Sampai saat ini, dikatakan bahwa perkembangan mata minus berhenti ketika Anda tumbuh dewasa. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi jelas bahwa orang dengan mata minus yang kuat memiliki mata yang terentang bahkan setelah mereka dewasa. Dan mata minus cenderung berkembang dan bisa meningkatkan risiko penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Sehingga sangat penting untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan mata anda.

Terapi Mata Minus yang Membantu

Kacamata atau lensa kontak biasa digunakan untuk memperbaiki masalah penglihatan yang buram akibat mata minus. Jika kondisi mata minus dibiarkan atau diabaikan, ini akan menyulitkan anda serta mengganggu kualitas hidup anda. Seperti mengurangi efisiensi kerja atau mengganggu keselamatan anda pada saat mengendarai mobil. Selain itu, Anda mungkin tidak dapat membaca tulisan di papan tulis dan tidak dapat mengikuti kelas. Melakukan terapi mata minus sangatlah dibutuhkan untuk memperbaiki masalah penglihatan yang timbul. Hal ini ditujukan agar anda tetap bisa melakukan aktivitas harian anda. Konsultasikan dengan dokter langkah apa yang bisa anda ambil untuk memperbaiki masalah mata minus.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.