Klinik Mata Jakarta – Untuk menjadi sehat dan merasakan panjang umur, banyak orang yang tidak peduli akan kesehatan dalam dirinya. Meski Anda itu dalam kondisi sehat dan tidak bermasalah sebelumnya, Anda tetap harus mencari tau mengenai penyakit. Terutama untuk pembahasan tentang penyakit Glaukoma yang menjadi salah satu penyakit terjadi pada bagian saraf mata.

Glaukoma merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan rusaknya bagian saraf mata yang kemudian menyebabkan gangguan pada mata. Hal yang paling parah dari penyakit ini ialah akan terjadinya keadaan Anda tidak bisa lagi meliat alias buta. Kenapa keadaan atau penyakit ini bisa terjadi? Karena kondisi tingginya tekanan pada bola mata.

Penting diketahui bahwa mata merupakan organ yang sangat penting untuk diperhatikan karena ini menjadi indera penglihatan. Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana nanti jadinya jika tidak memiliki mata dan juga kualitas yang bagus. Sebelum membahas mata, Anda harus tau bahwa saraf mata adalah beberapa kumpulan serat saraf yang ternyata menghubungkan retina ke otak.

Kondisi Tekanan Pada Bola Mata Yang Berpengaruh ke Saraf

Ternyata mata terdapat yang namanya kondisi tekanan yang tepatnya terjadi pada bola mata. Kondisi ini terbagai menjadi dua hal atau bagian yang harus Anda ketahui. Untuk kondisi pertama itu yaitu glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, dan glaukoma tekanan normal. Kondisi lainnya yang harus Anda pahami juga ialah glaukoma kongenital dan glaukoma sekunder.

Keadaan yang paling sering terjadi ialah glaukoma sudut terbuka. Menambah pembahasan, ada yang mengajukan pertanyaan seperti seberapa umumkah sebenarnya penyakit Glaukoma ini terjadi? Untuk menjawbanya, banyak peneliti yang mengatakan bahwa penyakit ini bisa terjadi pada semua usia. Sehingga, keadaan seperti ini bisa dikatakan sudah biasa dan bisa menyerang siapa saja.

Baca juga : Kenali Penyebab dan Gejala Katarak

Namun, ternyata beberapa data mengatakan bahwa penyakit Glaukoma ini biasa menyerang mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Dengan terserang penyakit inilah yang ternyata menjadi faktor awal kenapa banyak dari mereka yang mengalami kebutaan. Untuk mengurangi dan mencegah penyakit ini ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menjaga kondisi mata dengan melakukan pengecekan setiap beberapa bulan dan hal lainnya.

Kenali Tanda-Tanda Pasien Yang Terserang Glaukoma

Tidak semua penyakit itu ditandai dengan hal baik dan juga buruk, karena ada beberapa penyakit yang terjadi karena pertanda baik. Maka dari itulah, ada banyak dokter yang menyarankan pasiennya untuk mencari tau beberapa hal mengenai itu. Gejala pertama dari seseorang yang mengalami Glaukoma adalah sudut terbuka, yaitu tidak adanya gejala yang timbul.

Tetapi, nantinya Anda akan menemukan blind spot di area kecil pada penglihatan tepi atau pusat Anda. Anda pasti akan merasakan keluhan seperti penglihatan yang mengerucut ke depan. Keadaan ini seperti terowongan atau Anda tampak seperti melihat titik kehitaman yang melayang. Jika mengalami hal ini dan juga bisa serupa, coba bicarakan dengan dokter Anda.

Selanjutnya, ada yang namanya Glaukoma kongenital dimana hal ini menjadi bawaan lahir yaitu ditAndai dengan tekanan pada bola mata. Ini biasanya bisa Anda temukan pada diri Anda sendiri saat masih bayi atau memang baru lahir.

Untuk keadaan ini Anda bisa melakukan kontrol ke dokter spesialis, atau bisa dengan cara lain. Untuk gejala selanjutnya itu adalah Glaukoma sekunder yang terjadi, karena adanya penyakit lain pada diri Anda. Setelah mengetahui akan hal ini, Anda bisa menambah pengetahuan dan informasi akan hal ini.