Low Vision – Ketajaman visual adalah kemampuan untuk mengenali keberadaan dan bentuk suatu objek dan merupakan salah satu fungsi mata yang paling penting. Ketika anda mengalami penurunan fungsi visual, dimana tidak dapat membaca tulisan dengan ukuran huruf yang kecil hal tersebut kemungkinan merupakan gejala low vision. Low vision adalah suatu kondisi di mana penglihatan anda mengalami penurunan sehingga anda kesulitan dalam melakukan aktifitas kehidupan sehari-hari. Seseorang  mungkin dapat memiliki penglihatan rendah, penglihatan sempit, atau bintik-bintik gelap yang besar dan mungkin menderita silau atau persepsi warna yang tidak normal. Gejala low vision yang berkelanjutan akan memengaruhi kemampuan seseorang dalam melakukan aktifitas seperti mengemudi, memasak, menonton TV, belajar dan lainnya.

Low Vision dan Gejalanya

Low vision adalah istilah untuk gangguan penglihatan yang serius yang tidak dapat sepenuhnya dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak, obat-obatan atau operasi mata. Meskipun low vision berpengaruh terhadap hilangnya sebagian penglihatan, namun  jenis kehilangan penglihatan ini tidak termasuk dalam kebutaan total. Seseorang tetap bisa melihat meskipun sebagian fungsi visual yang berfungsi dengan kualitas visual yang buruk. Low vision mencakup berbagai tingkat kehilangan penglihatan, dari titik-titik buta, penglihatan malam yang buruk, dan masalah dengan silau hingga kehilangan penglihatan yang hampir menyeluruh. Orang-orang dengan low vision akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut.

  • Membaca dan menulis dengan jarak yang sangat dekat
  • Menonton televisi jarak dekat
  • Kesulitan mengenali wajah
  • Kesulitan mengenali makanan di piring
  • Kesulitan membedakan warna
  • Sering tersandung bila berjalan
  • Kesulitan menaiki tangga
  • Kesulitan berjalan sendiri di tempat asing

Baca Juga: Orthokeratology Sebagai Solusi Paling Tepat Atas Kesalahan Refraksi

Jenis dan Penyebab Low Vision

Setiap orang memiliki risiko terkena low vision karena berbagai faktor ataupun akibat dari cedera. Penyebab low vision dapat berupa gangguan yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula dan glaukoma. Penglihatan rendah atau low vision umumnya terjadi pada orang dewasa di atas usia 45, dan berisiko lebih tinggi pada orang di atas usia 75 tahun. Low vision juga dapat disebabkan oleh kanker mata, albinisme, cedera otak, atau gangguan pada mata termasuk retinitis pigmentosa. Jika Anda memiliki gangguan ini atau berisiko terhadap mereka, Anda juga berisiko lebih tinggi untuk penglihatan rendah. Beberapa jenis low vision yang paling umum dikenali yaitu:

  1. Kehilangan penglihatan sentral: Ada titik buta di tengah penglihatan seseorang.
  2. Hilangnya penglihatan tepi (sisi): Ketidakmampuan untuk melihat apa pun di kedua sisi, di atas, atau di bawah tingkat mata. Penglihatan tengah, bagaimanapun, tetap utuh.
  3. Kebutaan malam hari: Ketidakmampuan melihat di tempat-tempat yang kurang terang seperti teater, dan juga di luar pada malam hari.
  4. Penglihatan kabur: Objek yang dekat dan jauh tampak tidak fokus.
  5. Pandangan kabur: Seluruh bidang pandangan tampak tertutupi dengan film atau cahaya.

Pengobatan Low Vision

Jika anda memiliki gangguan penglihatan yang dapat mengganggu kemampuan anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan menikmati hidup, langkah pertama adalah menemui dokter mata. Anda akan mendapatkan tes penglihatan yang lengkap guna mengetahui kondisi kesehatan mata anda dengan baik. Buruknya penglihatan akibat low vision, tidak dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak saja. Anda perlu untuk mengambil treatment low vision sebelum kemampuan visual yang anda miliki hilang sepenuhnya.

Vio Optical Clininc, salah satu klinik kesehatan mata professional yang menghadirkan layanan kesehatan mata terprcaya. Vio optical memiliki peralatan medis yang lengkap dan canggih dan didukung oleh para staff professional di bidangnya. Kami menyediakan layanan kesehatan mata berupa low vision treatment bagi anda dengan gangguan penurunan kemampuan visual. VIO Optical Clinic menyediakan semua Low Vision Device untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision, disesuaikan dengan kebutuhan penglihatan untuk dapat melihat dengan lebih jelas tanpa bantuan orang lain. Hubungi kami sekarang juga melalui kontak person yang kami sediakan untuk informasi lebih lanjut.