Klinik Mata JakartaGejala sakit mata dapat berbentuk mata merah, kering, berair, atau nyeri. Agar keluhan selanjutnya tidak mengganggu kegiatan Anda, ada sebagian pilihan langkah menyembuhkan sakit mata secara alami yang dapat Anda coba.

Sakit mata yang Anda alami mungkin disebabkan oleh iritasi, alergi, atau infeksi. Infeksi pada mata dapat disebabkan oleh virus, bakteri, lebih-lebih jamur atau parasit.

Inilah Gejala dan Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami

Sakit mata umumnya dapat membaik bersama sendirinya, khususnya andaikata disebabkan oleh iritasi, alergi, atau infeksi virus. Namun, tanda-tanda sakit mata dapat mengganggu kenyamanan dan kadang dapat menghambat kegiatan sehari-hari. Nah, untuk meredakannya, ada langkah menyembuhkan sakit mata secara alami yang dapat ditunaikan sendiri di rumah.

Beberapa Gejala Umum dan Penyebab Sakit Mata
Sakit mata kerap kali disebabkan oleh konjungtivitis. Kondisi ini dapat mengundang tanda-tanda mata merah, berair, terasa gatal atau nyeri, dan bengkak. Gejala-gejala ini umumnya dapat hilang bersama sendirinya dalam pas 1–2 minggu.

Meski begitu, tanda-tanda sakit mata selanjutnya juga kadang dapat disebabkan oleh sebagian penyakit mata yang serius, layaknya keratitis, blefaritis, uveitis, dan glaukoma, yang memerlukan penanganan dokter.

Penyakit-penyakit selanjutnya umumnya akan mengundang tanda-tanda sakit mata yang menetap atau tambah berat dan disertai sebagian tanda-tanda lain, layaknya mata bernanah, problem penglihatan, mudah silau atau sensitif pada cahaya, demam, dan sakit kepala yang berat.

Jika Anda merasakan tanda-tanda sakit mata yang berat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter mata untuk mendapatkan penyembuhan yang tepat.

Pilihan Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami
Untuk meringankan keluhan yang tergolong ringan, ada sebagian langkah alami menyembuhkan sakit mata yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Kompres kantung teh
Kandungan antioksidan dalam teh, layaknya teh hijau, teh hitam, atau chamomile, dipercaya dapat meredakan keluhan pada mata, layaknya mata bengkak, kering, dan mata merah.

Untuk menggunakannya, pertama-tama dinginkan kantung teh basah di dalam kulkas selama sebagian menit. Setelah dingin, kompres kantung teh selanjutnya pada mata yang sakit selama kurang lebih 20–30 menit. Lakukan 2–3 kali sehari.

2. Tetes air garam steril atau larutan saline
Garam miliki pembawaan antibakteri sehingga dapat melawan kuman penyebab infeksi yang masuk ke dalam mata. Air garam juga baik digunakan untuk bersihkan mata dan mengatasi Larutan saline umumnya dijual secara bebas dan ada di apotek.

Baca Juga :

Obat Sakit Mata Menular dan Pencegahannya

Untuk gunakan larutan saline sebagai langkah menyembuhkan sakit mata secara alami, Anda dapat meneteskan sebagian tetes larutan saline pada mata yang sakit selama 3–4 kali sehari. Setelah itu, bersihkan mata bersama tisu dan menghindari mengggosok mata bersama tangan.

3. Kompres hangat
Kompres hangat dapat digunakan sebagai langkah menyembuhkan sakit mata alami untuk mengatasi iritasi mata, mata merah, dan mata kering. Kompres hangat juga dapat merelaksasi otot mata dan kurangi nyeri pada mata.

Cara gunakan kompres hangat pada mata adalah bersama merendam kain bersih yang lembut pada air hangat, lantas angkat kain selanjutnya dan peras airnya. Setelah itu, kompres mata yang sakit bersama kain hangat ini selama 15–30 menit. Lakukan pengompresan ini sebanyak 2–3 kali sehari.

4. Kompres dingin
Tidak jauh berlainan bersama kompres hangat, kompres dingin juga dapat digunakan untuk meredakan keluhan sakit mata. Namun, bedanya, kompres dingin dapat digunakan juga untuk kurangi pembengkakan dan memar pada mata.

Cara mengompres pun hampir sama. Hanya saja, kain direndam di dalam air dingin atau dimasukkan ke lemari pendingin (freezer) selama sebagian pas sebelum akan digunakan. Lalu, tempatkan kain selanjutnya pada mata atau kelopak mata yang membengkak selama 10–15 menit.

Jika sebagian langkah menyembuhkan sakit mata secara alami di atas tidak berhasil mengatasi sakit mata yang dirasakan, Anda mungkin memerlukan obat tetes mata, salep mata, atau lebih-lebih obat minum berasal dari dokter. Untuk memilih jenis obat apa yang kudu digunakan, Anda kudu berkonsultasi dulu bersama dokter.

Langkah Pencegahan Sakit Mata
Agar terhindar berasal dari sakit mata, Anda dapat menerapkan sebagian langkah pencegahan selanjutnya ini:

Mencuci tangan secara teratur, khususnya pas tangan kotor, sehabis bersin, sehabis membuang sampah, atau sebelum akan menyentuh mata
Menjauhi normalitas mengucek-ngucek mata
Menghindari sharing pemakaian handuk, sapu tangan, atau alat make up bersama orang lain
Mengganti alas tempat tidur dan sprei tiap-tiap minggu
Menjaga kebersihan lensa kontak dan menggantinya cocok waktu
Cara menyembuhkan sakit mata secara alami dapat meredakan keluhan yang mudah pada mata. Namun, jika sakit mata yang Anda rasakan cukup berat, tidak kunjung membaik sehabis 1–2 minggu, atau justru tambah parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata sehingga dapat diberikan obat sakit mata yang sesuai.