Terapi Mata Minus – Mata minus adalah salah satu gangguan kesehatan mata, dimana seseorang kesulitan untuk melihat objek yang berada jauh namun dapat melihat objek yang dekat dengan jelas. Tidak sedikit orang yang mengalami gangguan kesehatan tersebut, bahkan penderita mata minus semakin meningkat dari tahun ke tahun. Mata minus yang tidak terdeteksi sejak awal dapat meningkatkan risiko berkembangnya mata minus dengan cepat. Anda akan kesulitan dalam melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik seperti biasanya.

Penyebab Mata Minus

Pada mata yang normal, untuk dapat melihat suatu objek, maka bayangan objek yang ditangkap oleh mata harus bisa ditangkap oleh retina. Namun, pada orang yang mengalami mata minus, bayangan tersebut tidak jatuh tepat pada retina, melainkan di depannya. Sehingga membuat pandangan mata anda terlihat buram dan tidak jelas. Mata minus dapat timbul akibat pengaruh genetik serta lingkungan. Untuk lebih memahami penyebab mata minus, anda dapat memperhatikan ulasan berikut ini.

  1. Genetik

Bila salah satu orangtua mengalami rabun jauh, maka peluang untuk mendapatkan kondisi ini juga lebih besar. Semakin besar lagi risikonya jika kedua orangtua sama-sama memiliki mata minus.

  1. Kebiasaan Membaca

Meskipun bukan menjadi penyebab utama mata minus, kebiasaan membaca juga dapat memengaruhi risiko ini. Terutama jika anda sering membaca di tempat yang redup dengan jarak yang terlalu dekat.

  1. Aktivitas di luar ruangan yang terbatas

Jarang melakukan aktivitas di luar ruangan dapat memengaruhi kesehatan mata. Ruangan cenderung memiliki cahaya yang redup di bandingkan dengan luar ruangan. Mata akan bekerja lebih keras untuk bisa memfokuskan cahaya sehingga memengaruhi kesehatan mata.

  1. Selalu menggunakan mata dalam jarak dekat

Kebiasaan menulis, membaca, hingga bermain gadget terlalu dekat dengan mata, dapat meningkatkan risiko mata minus. Sebaiknya anda membiasakan untuk membaca ataupun menulis dengan jarak sekitar 40 cm dari layar atau buku.

Baca Juga: Vision Therapy dengan Sempurna Menjaga Kesehatan Mata Anda

Cara Mengatasi Mata Minus

Terdapat beberapa cara untuk mengobati mata minus baik dengan bahan alami ataupun menggunakan alat bantu optik. Bahan alami seperti mengonsumsi jus wortel dan tomat dapat membantu anda mencegah perkembangan mata minus. Selain itu, anda juga bisa menggunakan alat bantu optik agar dapat melihat dengan jelas. Seringkali lensa kontak menjadi pilihan banyak orang yang kurang nyaman dengan penggunaan kacamata.

Lensa kontak merupakan bahan bening tipis yang berbentuk seperti mangkok dan dipasang menempel pada kornea mata. Lensa kontak adalah pilihan yang sangat baik untuk semua orang yang membutuhkan koreksi penglihatan dan tidak ingin memakai kacamata atau menjalani operasi LASIK. Beberapa jenis lensa kontak, berdasarkan pada jenis bahan meliputi:

  1. Lensa lunakyang terbuat dari plastik seperti gel yang mengandung air yang disebut hidrogel.
  2. Lensa gas permeabeldisebut juga dengan GP atau RGP adalah lensa kontak kaku namun berpori dan memungkinkan oksigen melewatinya.
  3. Lensa kontak hibridayang dirancang untuk memberikan kenyamanan pemakaian. Dengan kombinasi optik sejernih kristal dari lensa permeabel gas.
  4. Lensa PMMAterbuat dari bahan plastik kaku transparan yang disebut polymethyl methacrylate (PMMA).

Manfaat Lensa Kontak

Beberapa manfaat lensa kontak yang menguntungkan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk koreksi tajam penglihatan seperti miopi atau mata minus
  2. Untuk koreksi posisi bola mata, misalnya pada mata juling
  3. Diagnostik sebagai alat bantu dalam pemeriksaan misalnya pada saat fitting lensa kontak
  4. Terapi sebagai alat bantu dalam pengobatan penyakit mata
  5. Koreksi tajam penglihatan pada pasien pasca bedah katarak, karena apabila dikoreksi dengan kacamata akan menimbulkan perasaan tidak nyaman karena ada pembesaran bayangan
  6. Dipakaikan pada pasien dengan kornea keratokonus (kelainan permukaan kornea)

Anda membutuhkan spesialis lensa kontak? Segera hubungi kami di Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan kesehatan mata profesional termasuk layanan spesialis lensa kontak. Kami juga menyediakan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan berbagai alat medis canggih yang lengkap.