Cara Mencegah Mata Minus – Sekarang ini ada banyak orang yang memiliki masalah penglihatan bahkan dengan usia yang masih muda. Tidak sedikit anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan, bahkan sebagian dari mereka sudah memakai kacamata guna membantu penglihatannya menjadi jelas. Masalah penglihatan mata minus atau rabun jauh, bisa dialami oleh siapa saja dan tidak memandang usia. Karena mata minus bisa terjadi akibat dari beberapa faktor. Penting sekali mengetahui cara mencegah mata minus, agar minus anda tidak bertambah parah.

Mata minus atau rabun jauh adalah salah satu kelainan refraksi yang terjadi pada mata. Kondisi mata minus bisa terjadi ketika struktur bola mata mengalami perubahan abnormal. Seperti misalnya menjadi lebih panjang dari bentuk seharusnya atau bentuk kornea yang menjadi lebih cekung dari bentuk normalnya. Perubahan tersebut kemudian mengakibatkan cahaya yang masuk ke dalam mata tidak dapat terfokus dengan baik. Sehingga, objek yang letaknya jauh dari mata akan terlihat kabur.

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan mata minus. Ketahui penyebab umum yang menimbulkan gangguan mata minus atau rabun jauh, seperti:

  • Genetik

Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu faktor penyebab mata minus. Apabila salah satu orangtua anda mengalami mata minus, maka anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalami mata minus dibandingkan yang lain.

  • Kebiasaan membaca dan bermain gadget

Kebiasaan membaca juga dapat meningkatkan resiko mata minus. Terutama, jika anda membaca di tempat yang redup dengan jarak yang terlalu dekat ke mata. Penggunaan gadget dalam jarak dekat dengan pencahayaan gelap, juga meningkatkan resiko mata minus.

  • Jarang melakukan aktivitas di luar ruangan

Jarang melakukan aktivitas di luar ruangan ternyata juga dapat memicu risiko gangguan penglihatan. Hal ini dikarenakan tingkat cahaya yang ada di dalam ruangan dan di luar ruangan berbeda. Sehingga, dapat mempengaruhi kesehatan mata Anda. Cahaya dalam ruangan yang lebih gelap lama-kelamaan akan membuat mata lelah dan menurunkan kemampuan mata untuk menangkap cahaya.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Softlens untuk Mata Minus

Mewaspadai faktor penyebab mata minus perlu diperhatikan dengan baik. Sehingga anda dapat meminimalkan risiko kemungkinan terjadinya mata minus. Selain itu, anda bisa mempelajari cara mencegah mata minus, berikut ini:

1. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi makanan sehat anda bisa mencegah resiko mata minus dan menjaga agar mata tetap sehat. Pilihlah menu makanan sehat dengan berbagai jenis sayur, buah-buahan, gandum utuh dan omega 3 dan 6 yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata.

2. Rutin memeriksakan mata ke dokter

Melakukan pemeriksaan pada dokter mata secara berkala penting untuk menghindari resiko mata minus. Apalagi sekarang ini banyak anak-anak hingga orang dewasa yang memiliki kebiasaan menghabiskan waktu di depan layar gadget. Dengan melakukan pemeriksaan mata secara berkala, anda bisa melakukan pencegahan sejak dini.

3. Tidak melihat atau membaca terlalu dekat

Mata minus seringkali dipicu oleh aktivitas visual yang buruk. Seperti melihat atau membaca terlalu dekat yang membuat mudah lelah dan otot mata tegang, sehingga menyebabkan mata menjadi minus. Sebaiknya anda membatasi waktu di depan layar komputer dan gadget untuk mengurangi resiko mata minus dan gangguan penglihatan lainnya.

4. Hindari membaca di tempat gelap

Ruangan yang terlalu gelap membuat mata bekerja lebih keras untuk bisa fokus terhadap suatu objek. Sebaiknya anda menghindari membaca di tempat gelap untuk mencegah resiko munculnya minus pada mata.

5. Istirahatkan mata ketika dirasa sudah lelah

Jangan paksakan mata untuk bekerja secara terus menerus, karena akan membuatnya lelah. Sebaiknya anda mengistirahatkan mata dengan cara mengalihkan pandangan dari gadget setiap 20 menit sekali. Selain itu, anak-anak disarankan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan selama 2 jam setiap harinya. Mengistirahatkan mata sangat penting sebagai cara mencegah mata minus.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.