VIO OPTICAL РMata minus menjadi masalah penglihatan yang sering dikeluhkan saat ini. Mata minus atau miopi, merupakan  kondisi dimana mata tidak bisa melihat objek yang jauh. Setiap penderita mata minus memiliki tingkat keparahan dan derajat minus yang beragam. Semakin tinggi derajat minus, maka semakin parah pula kondisi mata minus. Bahkan derajat minus yang tinggi berpotensi meningkatkan risiko degenerasi makula. Sangat penting melakukan perawatan mata minus yang tepat guna mencegah risiko yang bisa mengancam penglihatan.

Mata minus atau miopi merupakan kelainan refraksi atau kesalahan bias. Ini ditandai dengan sinar cahaya yang memasuki mata jatuh pada titik fokus yang berada di depan retina. Dalam kondisi ini objek atau benda yang terletak jauh dari mata tidak dapat dilihat secara jelas. Akibatnya seseorang memiliki pandangan yang kabur untuk melihat benda yang letaknya berada jauh dari mata. Pada umumnya ada dua faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya mata minus yaitu faktor genetik dan lingkungan.

Faktor genetik atau keturunan berpengaruh terhadap risiko mata minus pada anak dengan orang tua yang memiliki mata minus. Ketika salah satu orang tua atau keduanya mengidap mata minus, maka semakin memperbesar kemungkinan seseorang menderita mata minus. Sedangkan untuk faktor lingkungan dipengaruhi oleh kebiasaan seseorang dalam melakukan aktifitas visualnya. Seperti misalnya sering membaca dengan jarak yang terlalu dekat, sering terpapar radiasi layar monitor komputer atau gadget, dan lainnya. Dimana hal tersebut dapat mempengaruhi mata minus akibat mata yang menjadi lelah.

Mata minus dapat mempengaruhi produktivitas seseorang dalam berbagai hal. Menerapkan kebiasaan baik serta menjaga kesehatan mata penting untuk mencegah resiko mata minus. Beberapa penyebab paling umum terjadinya mata minus yang harus diwaspadai diantaranya yaitu:

  • Jarak mata dengan objek yang terlalu dekat pada waktu membaca buku, bermain games, bermain komputer, dan lain sebagaianya. Mata yang dipaksakan untuk bekerja dengan keras dapat membuatnya lelah dan tegang. Lama-kelamaan hal tersebut dapat memicu munculnya kondisi mata minus.
  • Genetik atau keturunan, dimana orang tua dengan mata minus bisa menurunkan kondisi mata minus pada anaknya.
  • Terlalu lama beraktivitas di depan layar monitor dan lainnya dengan jarak yang terlalu dekat. Mata kita membutuhkan waktu untuk istirahat yang cukup agar mata tidak terus berkontraksi secara monoton. Dimana hal tersebut berisiko pada kondisi mata yang tegang dan lelah, sehingga meningkatkan risiko mata minus.

Baca Juga: Mata Minus Sejak Kecil? Ini Tips Cara Mengobatinya

  • Kebiasaan buruk yang berkaitan dengan sistem visual dan dapat berpengaruh terhadap terganggunya kesehatan mata. Seperti misalnya membaca dengan posisi buruk misalnya sambil tiduran, pencahayaan redup atau gelap dan pencahayaan terlalu terang atau silau.
  • Terlalu lama berada di balik media transparan yang tidak sesuai dengan mata. Seperti misalnya terlalu lama memakai helm, memakai kacamata atau lensa kontak yang tidak dan lain sebagainya.
  • Kekurangan gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Dimana hal tersebut¬† dapat memperlemah mata yang berpotensi meningkatkan resiko mata minus. Kandungan gizi seperti Vitamin A, betakaroten, lutein dan omega-3 merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata.

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, faktor usia juga bisa menjadi penyebab mata minus. Untuk mencegah mata minus sejak dini, dibutuhkan pemeriksaan kesehatan mata secara teratur. Selain itu, anda juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik bagi kesehatan mata. Serta menerapkan gaya hidup sehat serta kebiasaan yang baik untuk mendukung kesehatan mata tetap terjaga.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.