Klinik Mata BekasiWortel telah dikenal luas memiliki faedah untuk kebugaran mata. Namun, sebetulnya masih banyak style makanan yang sediakan vitamin untuk mata, tidak cuman sayur berwarna oranye tersebut.

Selain vitamin A, sebetulnya ada nutrisi lainnya yang berpengaruh pada kebugaran mata, pada lain vitamin C, E, zinc, lutein, dan asam lemak omega-3. Beragam nutrisi tersebut bisa meminimalkan risiko berkurangnya daya penglihatan seiring bertambahnya usia, terhitung risiko terjadinya katarak.

Ini Daftar Makanan yang Kaya Vitamin untuk Mata – Alodokter

Beragam Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Mata
Agar kebugaran mata selamanya terjaga, tersebut beberapa style makanan yang bisa Anda mengkonsumsi sebab sediakan nutrisi dan vitamin untuk mata yang sehat:

Labu kuning dan ubi
Sebagaimana wortel, sayur dan buah yang berwarna kuning dan oranye mengandung beta karoten yang dapat diubah tubuh jadi vitamin A. Vitamin ini dapat menghambat rabun senja yang membawa dampak kesulitan memandang bersama dengan menyadari menjelang dan sepanjang malam hari. Anda bisa mengkonsumsi semangkuk sup labu atau ubi panggang sebagai camilan atau ditambahkan dalam menu harian.

Bayam dan begitu banyak ragam style sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin sebagai antioksidan, yang berdasarkan belajar dikatakan bisa turunkan risiko katarak dan penurunan daya penglihatan. Antioksidan terhitung dapat menyerap hal-hal beresiko yang merubah mata, layaknya paparan cahaya matahari, polusi udara, dan asap rokok. Selain berasal dari bayam, persentase ini terhitung bisa didapat berasal dari bermacam style sayuran hijau, layaknya brokoli atau kubis.

Ikan tuna, salmon, dan sarden
Ikan laut tersebut kaya dapat asam lemak style DHA. Seorang peneliti mengatakan, kekurangan DHA berisiko membawa dampak sindrom mata kering. Selain itu, asam lemak tersebut terhitung bisa merawat mata berasal dari peradangan dan mendukung kinerja mata. Untuk meraih manfaatnya, lumayan mengkonsumsi ikan laut tersebut sebanyak dua kali per minggu.
Kepiting dan tiram

Dua style makanan yang diakui sebagai sumber vitamin untuk mata ini, memiliki persentase zinc yang tinggi, supaya dapat mendukung kerja retina mata selamanya optimal. Cukup mengkonsumsi dua buah tiram, maka dapat mencukupi kebutuhan zinc untuk satu hari.

Baca Juga :

8 Makanan Untuk Mata Sehat

Jeruk, stroberi dan bermacam style buah beri
Jeruk dan beri kaya dapat persentase vitamin C sebagai antioksidan, yang bisa mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Satu mangkuk saji strawberi atau jeruk per hari bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Jika idamkan alternatif lain, Anda bisa mengkonsumsi pepaya atau style jeruk lainnya.

Kacang almond
Sekitar satu genggam kacang almond per hari dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin E. Kandungan ini bisa memperlambat degenerasi makula yang bisa membawa dampak penurunan daya penglihatan Anda. Selain kacang almond, style kacang-kacangan dan biji-bijian lain terhitung kaya vitamin E, jika biji bunga matahari atau kacang pecan.

Telur
Kuning telur mengandung zinc, lutein, dan zeaxathin yang dapat mendukung mengurangi risiko penurunan daya penglihatan akibat penuaan.

Selain mengkonsumsi begitu banyak ragam makanan yang telah disebutkan di atas, disarankan untuk tidak merokok, memanfaatkan kaca mata yang merawat mata berasal dari cahaya UV, dan batasi saat menatap layar computer atau gadget, supaya daya penglihatan selamanya optimal. Jika perlu, konsultasikan bersama dengan dokter supaya diberikan anjuran vitamin untuk mata yang sesuai kebutuhan Anda.