Klinik Mata BekasiWajar kecuali Anda idamkan langsung tidur saja sehabis capek seharian beraktivitas. Namun, selelah apa pun Anda, jangan dulu lupa untuk melepaskan lensa kontak sebelum saat tidur. Satu dua kali lupa atau malas melepasnya kemungkinan tidak sangat bermasalah. Kalau telah keseringan tidur kenakan lensa kontak mampu membahayakan mata Anda.

Apa bahayanya tidur kenakan lensa kontak?

Hati-hati, tidur kenakan lensa kontak semalaman mampu melukai mata Anda. Jangankan dipakai tidur semalaman, kelamaan kenakan lensa kontak saja mampu mengakibatkan Anda berisiko 7 kali lebih tinggi mengalami peradangan terhadap kornea (keratitis).

Walaupun sekarang ini telah ada jenis kontak lensa yang mampu digunakan sepanjang berhari-hari (termasuk kala tidur), namun sebagian besar dokter mata selalu mengharuskan Anda untuk melepasnya sebelum saat tidur. Berbagai bahaya tidur kenakan lensa kontak adalah:

1. Mata merah (konjungtivitis)
Jangan heran kecuali mata Anda merah di pagi harinya sehabis semalaman tidur kenakan lensa kontak. Mata merah dengan kata lain konjungtivitis adalah salah satu masalah mata yang paling sering dialami oleh pemakai lensa kontak. Pasalnya, lensa

kontak mampu merangsang bakteri masuk hingga mengakibatkan infeksi terhadap konjungtiva mata (lapisan tidak tebal yang melapisi daerah putih mata).

Dokter kebanyakan dapat menambahkan obat tetes mata yang mempunyai kandungan antibiotik untuk meringankan gejalanya. Anda kemungkinan terhitung direkomendasi untuk berhenti kenakan lensa kontak untuk kala waktu, setidaknya hingga infeksi matanya berkurang.

2. Mata menjadi sensitif
Kornea mata butuh oksigen untuk melindungi kelembapan dan menahan infeksi terhadap mata.

Namun, rutinitas tidur kenakan lensa kontak semalaman justru mampu memblokir oksigen menuju kornea mata dan membuatnya menjadi sensitif, layaknya yang disampaikan oleh Dr. Rebecca Taylor, M.D, seorang dokter mata sekaligus juru berbicara American Academy of Ophthalmology (AAO), kepada Huffington Post.

Akibatnya, suasana ini mampu mengakibatkan perkembangan pembuluh darah baru di kornea dan mengakibatkan peradangan. Dampak fatalnya, Anda kemungkinan tidak mampu lagi kenakan lensa kontak meskipun perihal ini telah diobati hingga tuntas.

Baca Juga : Benarkah Mata Bisa Berdarah Kalau Terlalu Lama Main Gadget?

3. Mata merah akut
Orang yang miliki rutinitas tidur kenakan lensa kontak mampu mengalami CLARE atau Contact Lens Acute Red Eye. CLARE adalah infeksi mata merah akut akibat menumpuknya racun yang diproduksi oleh bakteri terhadap mata. Hal ini mengakibatkan sakit mata, mata merah, dan peka bersama dengan cahaya.

4. Ulcer atau luka terhadap mata
Bahaya kelamaan kenakan lensa kontak, lebih-lebih kala tidur, ternyata bukan cuma hanya mengakibatkan mata merah saja. Gesekan antara lensa kontak bersama dengan permukaan mata mampu melukai mata dan rentan terinfeksi oleh bakteri atau parasit.

Masuknya bakteri acanthamoeba, misalnya, mampu mengakibatkan ulkus atau luka terbuka terhadap susunan kornea. Jika tidak langsung diobati, perihal ini mampu menaikkan risiko kebutaan permanen, apalagi hingga butuh operasi cangkok kornea untuk mengobatinya.

Gejala awal luka terhadap mata meliputi mata merah, pandangan kabur, dan sakit mata. Bila Anda mengalaminya, langsung konsultasikan ke dokter mata terdekat untuk mencegahnya jadi parah.

5. Benjolan terhadap mata
Giant papillary conjunctivities (GPC) adalah suasana yang lazim ditemukan terhadap orang yang miliki rutinitas tidur kenakan lensa kontak. Hal ini ditandai bersama dengan munculnya benjolan di di dalam kelopak mata bagian atas dan mengakibatkan Anda tidak mampu lagi kenakan lensa kontak.

Yang perlu langsung dilaksanakan kala tidur kenakan lensa kontak

cara mengfungsikan lensa kontak

Langkah pertama yang perlu Anda jalankan kala tak sengaja tidur kenakan lensa kontak adalah melepaskannya sesegera mungkin. Setelah itu, sebaiknya menjauhkan mengfungsikan lensa kontak terhadap hari seterusnya dan ganti bersama dengan kacamata untuk menenangkan kornea mata Anda.

Biarkan mata Anda “bernapas” dan melembapkan dirinya lebih-lebih dahulu untuk meredakan infeksi yang kemungkinan terjadi. Anda terhitung mampu mengfungsikan obat tetes mata untuk membantu melembapkan mata Anda yang iritasi.

Yang terutama lagi, jangan lupa periksakan mata Anda secara rutin ke dokter mata terdekat. Dokter kemungkinan dapat memberi saran jenis lensa kontak lainnya yang sesuai untuk kesehatan mata Anda.