Vio Optical Clinic – Berikut ini adalah beberapa kondisi mata yang paling umum yang dapat ditangani dengan terapi penglihatan. Vision therapy adalah program perawatan efektif yang dirancang untuk memperkuat koneksi saraf antara mata dan otak, serta meningkatkan kemampuan visual yang diperlukan untuk membaca, belajar, bekerja, dan berolahraga.

Dengan memperkuat sistem penglihatan, banyak gejala yang tidak nyaman dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan, sehingga Anda dapat melihat dengan lebih jelas dan nyaman, serta meningkatkan kualitas hidup Anda. Berikut ini adalah daftar 5 kondisi mata yang dapat ditangani dengan terapi penglihatan:

Disfungsi Penglihatan Binokular

Disfungsi penglihatan binokular (DPB) terjadi ketika mata tidak sejajar satu sama lain. Ketidaksejajaran sekecil apapun dapat menghalangi otak untuk menafsirkan dan menggabungkan gambar visual unik yang dikirim dari masing-masing mata secara akurat.BVD dapat menjadi penyebab kesulitan belajar pada siswa atau orang dewasa yang kesulitan mempertahankan konsentrasi saat bekerja.Gejala-gejala berikut ini dapat mengindikasikan DPB

  • Penglihatan buram atau ganda
  • Ketegangan mata
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mabuk perjalanan
  • Kecemasan

Gangguan Mata Terkait Autisme

Masalah penglihatan, terutama yang berkaitan dengan kesadaran spasial dan kesulitan pemrosesan visual, dapat memperburuk gejala dan perilaku tertentu yang terkait dengan autisme (ASD). Beberapa gejala terkait ASD yang paling umum yang dapat diperburuk oleh masalah penglihatan meliputi:

  • Mengepakkan jari di depan mata (visual stimming)
  • Melihat di luar / melalui objek
  • Kontak mata yang buruk
  • Mata berputar
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Menunjukkan sedikit/tidak ada rasa takut terhadap ketinggian atau rasa takut yang berlebihan terhadap ketinggian
  • Memutar kepala untuk melihat objek dari sisi mata, bukan dari depan mata

Program vision therapy yang disesuaikan untuk penyandang autisme dapat membantu meningkatkan kesadaran spasial, pemrosesan visual, dan berbagai keterampilan visual lainnya, untuk membantu mereka lebih memahami dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Penanganan kondisi mata ini dapat membantu mengurangi kecemasan anak dan memungkinkan mereka untuk bersosialisasi serta mengutarakan kebutuhannya dengan lebih mudah.

Masalah Penglihatan Akibat Down Syndrome

Down Syndrome (DS) secara signifikan meningkatkan risiko seseorang terhadap berbagai kondisi mata dan masalah penglihatan -banyak di antaranya yang dapat ditangani dengan baik, terutama jika terdeteksi dan diobati sejak dini. Hingga 60 persen penderita DS memiliki mata malas (ambliopia) atau mata juling (strabismus). Kedua kondisi mata ini dapat menyebabkan hilangnya persepsi kedalaman dan stereopsis (penglihatan 3D). Untungnya, terapi penglihatan dapat mengatasi kedua masalah penglihatan ini, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita DS.

Baca Juga: Bagaimana Anda Tahu Apabila Sedang Mengalami Low Vision?

Mata Juling (Strabismus)

Strabismus, juga dikenal sebagai “mata juling” atau “mata juling”, terjadi ketika mata tidak sejajar – ketika satu mata melihat lurus ke depan, mata yang lain melihat ke luar, ke dalam, ke bawah atau ke atas. Mata juling dapat bersifat permanen atau intermiten, dan terkadang dapat berubah posisi. Akibatnya, mata tidak dapat memberikan informasi visual binokular yang konsisten kepada otak, sehingga menyebabkan penglihatan kabur atau ganda dan persepsi kedalaman yang buruk. Terapi penglihatan mengajarkan mata untuk bekerja sama, mengurangi atau bahkan mungkin menghilangkan putaran mata, sehingga mata dapat berfungsi dengan baik.

Ambliopia

Mata malas terjadi ketika salah satu mata tidak dapat mencapai ketajaman penglihatan normal, menyebabkan penglihatan kabur pada mata yang terkena, persepsi kedalaman yang buruk, dan kesulitan membaca. Untuk mencegah penglihatan buram atau penglihatan ganda, otak akan mulai secara aktif mengabaikan informasi visual dari mata yang terkena dampak – yang dapat menyebabkan mata malas, jika tidak ditangani.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.