Klinik Mata BekasiMata palsu atau protesa mata adalah mata buatan yang dipasang untuk seseorang yang mengalami kehilangan mata. Mata palsu sanggup digunakan oleh laki-laki dan perempuan bersama bermacam usia.

Kecelakaan atau penyakit tidak hanya sanggup sebabkan seseorang kehilangan penglihatan, namun juga kehilangan bola matanya. Keadaan ini sanggup turunkan rasa yakin diri akibat tampilan yang tidak biasa.

Informasi Seputar Mata Palsu yang Perlu Anda Ketahui

Walaupun tidak sanggup mengembalikan penglihatan, mata palsu sanggup sebabkan tampilan ulang normal dan mengembalikan rasa yakin diri. Mata palsu yang dimaksud bukan bersifat bola, melainkan hanya lengkungan luar bersama gambar bagian putih dan hitam mata yang terlihat layaknya asli.

Sebelum memasang mata palsu, Anda harus menjalani implan bola mata (implan orbital) terutama dahulu. Hal ini memiliki tujuan untuk isi rongga mata, baru sesudah itu mata palsu sanggup digunakan. Implan orbital sanggup dilaksanakan bersama bahan sintetis atau cangkok lemak yang berasal berasal dari tubuh pasien sendiri. Untuk sebabkan mata palsu, Anda sanggup menemui okularis, yakni seseorang yang ahli di dalam sebabkan mata palsu.

Cara Menggunakan Mata Palsu
Setelah menjalani implan bola mata dan sebabkan mata palsu, Anda sanggup memasang mata palsu secara mandiri di rumah. Pemasangan mata palsu sanggup dilaksanakan bersama ikuti langkah berikut:

Baca Juga :

Memahami Bagian-Bagian Kornea Mata dan Cara Menjaga Kesehatannya

Cuci tangan terutama dahulu.
Cuci mata palsu bersama sabun spesifik dan air hangat.
Keringkan mata palsu.
Pegang mata palsu di pada ibu jari dan jari tengah, sesudah itu angkat kelopak mata atas bersama tangan yang lainnya.
Masukkan bagian atas mata palsu ke di dalam kelopak mata atas.
Tahan mata palsu bersama jari telunjuk, selagi tangan yang lain menarik kelopak mata bagian bawah, sehingga mata palsu masuk ke kelopak mata bawah.
Selain memasangnya sendiri, Anda juga sanggup membebaskan mata palsu sendiri. Secara umum, membebaskan mata palsu sanggup dilaksanakan bersama dua cara, gunakan mangkok sedot dan tanpa mangkok sedot. Agar lebih jelas, review langkah berikut:

Tanpa gunakan mangkok sedot
Cuci tangan terutama dahulu.
Tarik kelopak mata bagian bawah bersama gunakan jari telunjuk.
Lihat ke atas dan mata palsu akan keluar lewat kelopak mata bawah.
Dengan gunakan mangkok sedot
Basahi terutama dahulu mangkok sedot bersama air bersih.
Remas bagian gagang mangkok dan tekan permukaan bola mata palsu bersama mulut mangkuk.
Lepaskan remasan secara perlahan dan pastikan mulut mangkok menempel terhadap mata palsu.
Tarik kelopak mata bagian bawah dan keluarkan mata palsu lewat kelopak mata bagian bawah.