Ortho-K – Masalah miopia telah menjadi permasalahan umum yang semakin banyak penderitanya. Prevalensi miopia telah berkontribusi untuk menjadi permasalahan kesehatan mata bagi masyarakat di seluruh dunia. Dimana faktor genetik serta perilaku visual berkontribusi pada perkembangan miopia. Bahkan miopia seringkali dikaitkan dengan kondisi yang dapat mengancam penglihatan. Seperti misalnya katarak, glaukoma, ablasi retina, dan lain sebagainya. Semakin tinggi derajat miopia, maka akan semakin besar risiko munculnya kondisi tersebut. Oleh karena itu, mengurangi perkembangan miopia membantu anda untuk mengurangi risiko kondisi tersebut.

Miopia yang juga dikenal dengan rabun jauh, adalah jenis kesalahan refraksi yang umum. Dimana objek yang dekat akan tampak jelas tetapi objek yang jauh tampak buram. Miopia memfokuskan gambar di depan retina alih-alih di retina, yang menghasilkan penglihatan kabur. Ini terjadi ketika bola mata menjadi terlalu panjang dan mencegah cahaya yang masuk fokus langsung ke retina. Ini juga dapat disebabkan oleh bentuk kornea atau lensa yang tidak normal. Salah satu metode yang efektif untuk memperbaikinya yaitu dengan ortho-k. Pelajari lebih dalam mengenai ortho-k dalam memperbaiki masalah miopia berikut.

Apa itu Ortho-K?

Ortho-k adalah lensa khusus untuk perawatan kelainan refraksi atau kesalahan bias. Dengan lensa kontak kaku permeabel gas yang dipakai semalaman dan dilepas di pagi hari saat bangun tidur, kelainan refraksi akan diperbaiki. Lensa ini dirancang dan dipasang khusus untuk membentuk kembali kornea semalaman saat pemakainya tidur. Saat bangun, pasien melepas lensa dan menikmati penglihatan yang jelas sepanjang hari. Pasien tidak perlu memakai kacamata atau lensa kontak sama sekali di siang hari. Karena mereka dapat melihat dengan jelas sendiri setelah melepas lensa ortho-k.

Untuk dapat mencapai hasil sebaik mungkin bagi ketajaman visual anda, maka  lensa ortho-k ini akan disesuaikan untuk setiap kebutuhan pasien. Biasanya dokter mata akan mengukur bentuk kornea Anda terlebih dulu dengan alat khusus. Dimana selanjutnya dokter akan membuat satu set lensa ortho-k yang telah disesuaikan dengan bentuk mata Anda. Lensa ortho-k ini sangat pas dan memungkinkan udara atau oksigen untuk melewatinya. Sehingga menjadikannya sebagai lensa yang aman dan nyaman untuk digunakan semalaman.

Baca Juga: Cegah Risiko Mata Minus Dengan Terapi Mata Minus

Seberapa Efektif Ortho-K untuk Anak-Anak?

Miopia lazim terjadi pada anak-anak, dimana sekitar 40% anak-anak menunjukkan tanda-tanda kondisi ini. Seorang anak dengan satu atau dua orang tua rabun jauh bahkan lebih mungkin untuk mengembangkan miopia. Ortho-K merupakan perkembangan penting dalam pengobatan miopia untuk anak-anak. Karena ini tidak hanya dapat memperbaiki miopia dalam jangka pendek tetapi juga dapat mencegahnya berkembang lebih lanjut. Hal ini sangatlah penting karena jika miopia tidak diobati, maka dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan mata dan dapat menyebabkan masalah kesehatan mata yang lebih serius. Itulah mengapa pemeriksaan mata secara teratur penting, bahkan pada anak-anak dengan penglihatan normal.

Alasan Memilih Ortho-K

Lensa ortho-k menawarkan cara yang efisien untuk memperlambat atau bahkan menghentikan perkembangan miopia. Ortho-k juga merupakan metode yang  aman dan cocok untuk segala usia. Dengan demikian, saat ini ortho-k dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik untuk manajemen miopia pada anak-anak. Karena lensa ortho-k hanya dipakai ketika tidur, kemungkinannya kecil untuk hilang atau rusak. Terutama jika anda berolahraga atau menjalani gaya hidup aktif. Anda juga tidak perlu memakai lensa korektif di siang hari, sehingga bisa menjalani aktivitas dengan nyaman.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.