Terapi Mata Minus – Mata minus atau dikenal juga sebagai rabun jauh adalah gangguan penglihatan yang menurunkan ketajaman visual seseorang. Mata mengalami kesulitan untuk bisa fokus pada objek yang jauh, dimana akan muncul penglihatan buram dan pandangan kabur. Gangguan mata minus berdampak pada penurunan ketajaman penglihatan seseorang, dimana penglihatan semakin kabur seiring dengan tingginya minus. Penting sekali mencegahnya semakin buruk dengan terapi mata minus.

Mata minus atau rabun jauh atau dikenal juga sebagai miopi adalah salah satu jenis kelainan refraksi. Apabila pada kondisi normal cahaya memasuki mata melewati kornea, iris, dan lensa dan kemudian difokuskan tepat pada retina. Pada kasus mata minus terjadi kelainan refraksi atau kesalahan bias, dimana cahaya tersebut tidak fokus tepat di retina. Fokus cahaya tersebut pada titik yang berada di depan retina. Inilah mengapa penderita mata minus mengalami penglihatan kabur saat melihat objek yang jauh.

Masalah mata minus telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Seiring dengan perkembangan dunia digital, penderita mata minus juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut berkaitan erat dengan kebiasaan masyarakat modern yang tidak bisa lepas dari perangkat digital. Dimana sekarang ini banyak pekerjaan atau tugas sekolah yang menuntut kita untuk menatap layar komputer atau laptop. Kebiasaan tersebut berpengaruh terhadap meningkatnya risiko mata minus seseorang. Bahkan kondisi mata minus seringkali terjadi dan berkembang pertama kali pada anak usia sekolah dan memburuk dari waktu ke waktu.

Jumlah penderita mata minus yang semakin meningkat menjadikan mata minus permasalahan penglihatan yang umum terjadi. Saat ini satu dari empat orang tua memiliki anak dengan mata minus atau rabun jauh.  Selain faktor genetik, menghabiskan banyak waktu untuk terlibat dalam aktivitas dekat seperti membaca atau menggunakan smartphone dan komputer telah meningkatkan risikonya. Gejala atau tanda mata minus yang mungkin sering muncul diantaranya:

  • Penglihatan menjadi kabur terutama saat melihat jauh
  • Seringkali menyipitkan mata saat melihat sesuatu
  • Sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus
  • Kesulitan untuk melihat di malam hari
  • Seringkali mendekatkan objek dengan jarak pandang

Baca Juga: Cara Menurunkan Mata Minus dan Silinder Tanpa Operasi dengan Orthokeratology (Ortho-K)

Pada umumnya, gangguan mata minus diperbaiki dan dikoreksi dengan menggunakan lensa korektif. Dimana kacamata resep dan lensa kontak merupakan lensa korektif untuk membantu mengoreksi penglihatan. Sehingga membantu anda untuk memfokuskan cahaya dengan tepat agar menghasilkan penglihatan yang jelas. Meski begitu, kacamata resep dan lensa kontak hanya membantu penglihatan anda menjadi jelas. Untuk menghentikan perkembangan mata minus, anda membutuhkan langkah tepat.

Cara yang tepat untuk memperlambat perkembangan mata minus adalah dengan terapi mata minus. Dimana terapi tersebut dapat membantu mengatasi masalah penglihatan yang terjadi karena mata minus dengan lebih efektif. Salah satu terapi yang efektif dalam memperbaiki masalah mata minus tanpa perlu operasi yaitu dengan orthokeratology (ortho-k). Pengobatan non bedah ini mengacu pada penggunaan lensa kontak permeabel gas saat tidur semalaman dan dilepas saat bangun tidur.

Lensa ortho-k yang dipakai semalaman saat tidur membawa perubahan dalam bentuk kornea untuk mengoreksi masalah mata minus. Ortho-k berfungsi untuk menghambat perkembangan mata minus, dimana mata minus bisa berkurang secara bertahap dengan pemakaian teratur. Selain itu, ortho-k memberikan efek kontrol mata minus atau miopi yang efektif untuk menghentikan mata minus. Hasilnya adalah meningkatnya ketajaman visual sehingga anda bisa menikmati penglihatan jernih dan jelas sepanjang hari tanpa bantuan kacamata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.