Low Vision – Masalah dan gangguan penglihatan menjadi hambatan bagi setiap orang dalam melakukan aktivitas. Masalah penglihatan seperti low vision merupakan gangguan visual yang terjadi secara signifikan dan seringkali dialami oleh lansia. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan low vision bisa dialami oleh siapa saja. Faktor penyakit mata seperti retinopati diabetic, glaukoma, amblyopia dan lainnya bisa memicu risiko seseorang menderita low vision. Penting mengetahui langkah tepat dalam manajemen masalah dan gangguan low vision. Simak ulasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan low vision berikut ini.

Definisi Low Vision

Menurut definisi, low vision terjadi ketika seseorang hanya memiliki penglihatan parsial yang tidak dapat diperbaiki dengan bantuan kacamata, lensa kontak, obat-obatan, atau pembedahan. Ini ditandai dengan penglihatan yang mulai kabur, adanya titik buta, atau penglihatan terowongan. Kondisi low vision seringkali disebabkan oleh penyakit mata terkait usia seperti glaukoma dan degenerasi makula terkait usia. Saat ini, banyak orang di atas usia 65 yang memiliki masalah penglihatan rendah atau low vision. Ketika anda menderita low vision, maka aktivitas sederhana seperti berjalan bisa terasa sulit untuk dilakukan.

Penglihatan rendah (low vision) adalah istilah yang digunakan untuk suatu kondisi yang mengakibatkan kualitas dan ketajaman penglihatan berkurang. Ini dapat mempengaruhi penglihatan pusat dan penglihatan perifer atau tepi. Banyak kelainan mata yang dapat menyebabkan munculnya risiko low vision, termasuk degenerasi makula, retinopati diabetik, glaukoma, dan katarak. Kemudian cedera pada mata atau bagian otak juga dapat menyebabkan munculnya risiko low vision.

Hal yang Perlu Dilakukan Bagi Penderita Low Vision

Low vision berkontribusi terhadap risiko terjatuh bagi seseorang yang mengalaminya.  Jatuh yang berhubungan dengan low vision dapat dicegah dengan mengambil tindakan pencegahan. Hal-hal yang perlu dilakukan bagi penderita low vision diantaranya yaitu:

1.    Mengatur jarak pandangan

Tempatkan furnitur dalam kelompok-kelompok kecil sehingga jarak pandang tidak terlalu diperlukan. Hindari untuk menggunakan kain pelapis dan karpet yang berpola, karena dapat menimbulkan kebingungan visual. Anda bisa memasang furnitur bertekstur, yang memberikan petunjuk sentuhan dan memudahkan untuk di identifikasi.

2.    Tingkatkan Kontras dan Warna

Tempatkan aksesori berwarna cerah di seluruh rumah untuk membantu anda dalam menemukan objek yang ada di sekitarnya. Gunakan warna kontras untuk menentukan gagang pintu, tangga, rangka pintu, sakelar, stop kontak listrik, atau tangga. Hal tersebut akan membantu anda dalam mengurangi risiko salah langkah dan jatuh.

Baca Juga: Hal Menarik Tentang Orthokeratology yang Baik Untuk Visual Anda

3.    Menambahkan kecerahan

Lampu yang lebih terang dapat membantu anda pada saat membaca dan melakukan aktivitas seperti menjahit atau memasak. Sediakan lampu lantai dan lampu meja dengan tingkat kecerahan baik untuk memberikan bantuan cahaya yang cukup. Hilangkan cermin yang bisa memantulkan cahaya sehingga menciptakan silau. Serta gunakan penutup jendela yang memungkinkan masuknya cahaya alami.

4.    Manfaatkan teknologi

Ada berbagai alat teknologi canggih seperti smartphone dan tablet yang telah dirancang khusus untuk membantu penyandang low vision. Seperti misalnya text yang bisa dikonfigurasikan untuk membantu seseorang dengan penglihatan rendah untuk membaca dengan lebih nyaman.

5.    Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Beberapa kondisi penyakit yang bisa menyebabkan low vision, seperti degenerasi makula dan glaukoma bersifat progresif. Dimana kondisi tersebut dapat menjadi lebih buruk tanpa adanya pemantauan dan pengobatan yang tepat. Sehingga penting sekali untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat keparahannya. Dimana dalam beberapa kasus, bisa merujuk pasien untuk melakukan rehabilitasi penglihatan rendah (low vision).

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata professional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staff profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic low vision device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope ataupun telemicroscope untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.