Ortho-K – Lensa Ortho-k atau singkatan dari orthokeratology adalah lensa khusus yang digunakan untuk koreksi penglihatan. Lensa ini dapat menyerap gas dan dirancang secara khusus untuk membentuk kembali kornea. Pasien memakai lensa semalaman dan ketika mereka melepasnya di pagi hari, mereka akan menikmati penglihatan yang jelas sepanjang hari tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak. Ortho-k dapat memperbaiki berbagai kondisi mata termasuk astigmatisme, miopia, dan hyperopia. Simak hal penting tentang ortho-k yang perlu diketahui berikut ini.

Apa itu Ortokeratologi?

Orthokeratology atau disingkat dengan ortho-k adalah terapi yang memungkinkan pasien untuk melihat dengan baik tanpa perlu memakai kacamata atau lensa kontak di siang hari. Ortho-k dilakukan dengan menggunakan lensa kontak permeabel gas, yang dirancang khusus. Lensa ortho-k digunakan oleh pasien selama 8 jam pada saat tidur setiap malam. Lensa ini memiliki desain khusus, disesuaikan dengan mata setiap orang, yang membantu membentuk permukaan kornea.

Pada malam hari, epitel kornea sesuai dengan bentuk lensa  membentuk kornea dan mengoreksi masalah refraksi yang dimiliki. Pada hari berikutnya, lensa membantu pasien untuk memiliki visual yang lebih jelas. Lensa malam ortho-k, aman dan nyaman digunakan selama tidur. Umumnya, ortho-k perlu digunakan setiap malam selama dua minggu pertama penggunaan untuk membuat efek koreksi selama 72 jam terus menerus.

Seiring berlalunya minggu, pasien akan meninjau perkembangan pengobatan dengan spesialis kontak untuk memastikan keberhasilan terapi. Dimana hasil pemakaian ortho-k akan dievaluasi guna menyesuaikan kebutuhan pasien. Proses penyesuaian lensa kontak dilakukan untuk menyesuaikan kembali penggunaan lensa dengan kebutuhan setiap orang. Sehingga, bisa didapatkan hasil yang lebih optimal.

Hal yang Perlu Diketahui tentang Ortho-K

Orang sering menyebut lensa ortho-k sebagai inovasi terbaru, tetapi sebenarnya ini sudah mulai digunakan pada tahun 1940-an. Pengembangan berlanjut selama beberapa dekade berikutnya dan prosedur tersebut benar-benar mulai mendapatkan pijakan pada 1990-an. Dari perbaikan lensa yang dapat menyerap gas hingga perangkat lunak topografi kornea terkomputerisasi seperti sekarang ini. Kita juga telah mengetahui bahwa orthokeratology adalah salah satu cara paling efektif untuk memperlambat perkembangan miopia pada anak-anak.

Baca Juga: Apa Itu Mata Minus, Pengobatan dan Terapi Mata Minus

Miopia adalah masalah kesehatan global yang serius, dengan lebih dari satu miliar orang berjuang dengan kondisi tersebut. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat, karena faktor-faktor termasuk usia, berkurangnya waktu di luar ruangan, dan lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk melihat layar. Lensa ortho-k telah menjadi salah satu perawatan paling efektif selama lebih dari 20 tahun hingga sekarang. Karena miopia menjadi lebih umum, jenis perawatan ini akan menjadi lebih populer dan penting bagi orang-orang di seluruh dunia. Karena epidemi global ini, ortho-k menjadi penting tidak hanya untuk koreksi miopia tetapi juga untuk pencegahan perkembangannya.

Meskipun pasien harus memakai lensa mereka setiap malam untuk hasil terbaik, efeknya seringkali dapat bertahan lebih dari satu hari. Faktanya, adalah umum bagi orang untuk menikmati koreksi penglihatan hingga dua hari penuh setelah memakai lensa ortho-k selama satu malam. Karena lensa ini benar-benar membentuk kembali kornea yang membantu sistem visual bisa bekerja dengan normal. Bahkan tidak menyakitkan, karena pembentukan kembali kornea berasal dari kekuatan hidrolik. Lensa membentuk kubah cairan di atas mata, menyebabkan beberapa bagian kornea mengambil lebih banyak cairan dan mengubah bentuk kornea guna memperbaiki masalah kelengkungan.

Lensa ortho-k bisa efektif untuk hampir semua orang, tetapi anak-anak adalah kandidat yang sangat baik. Itu karena operasi LASIK tidak cocok untuk pasien muda ini. Namun, anak-anak yang tidak ingin memakai kacamata sering kali mencapai hasil yang lebih baik dengan lensa ortho-k. Kita sekarang tahu bahwa pengobatan ini adalah salah satu metode yang paling efektif untuk memperlambat miopia progresif pada anak-anak dan menjadi alternatif dalam pengobatan miopia. Kandidat bagus lainnya termasuk mereka yang membutuhkan koreksi penglihatan tanpa lensa korektif, seperti pilot, petugas polisi, atau atlet.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.