Softlens untuk Mata Minus – Penderita mata minus seringkali mengalami kendala dalam menjalankan aktivitasnya. Selain memiliki penglihatan yang buram, terkadang penggunaan kacamata terasa mengganggu penampilan. Softlens untuk mata minus menjadi alternatif yang bisa membantu anda melihat jelas tanpa mengganggu penampilan. Berbeda dengan kacamata yang terlihat menonjol ketika dikenakan, softlens lebih mudah dan praktis pemakaiannya.

Softlens termasuk salah satu alat bantu optik bagi penderita mata minus untuk melihat dengan jelas. Bentuk softlens yang menyerupai kornea mata, membuat pemakaiannya lebih praktis dengan manfaat yang lebih efisien. Meski begitu, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu. Selain itu, perhatikan hal-hal berikut sebelum membeli softlens.

Memastikan Terlebih Dulu Derajat Minus dan Tingkat Kadar Air Mata

Untuk membantu penglihatan lebih jelas, pemilihan softlens haruslah tepat. Karena pemilihan softlens yang kurang tepat dapat membuat anda merasa pusing dan mengganggu aktifitas anda. Langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan sebelum anda membeli softlens adalah memastikan angka minus dan kadar air mata anda. Sehingga, anda bisa menemukan softlens yang cocok dan sesuai dengan kondisi mata.

Hindari untuk Memilih Softlens dengan Diameter Terlalu Besar

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih softlens yang tepat, sebaiknya jangan memilih softlens yang berdiameter terlalu besar. Sebaiknya anda memilih softlens dengan diameter normal yaitu 14 mm. Jangan memilih softlens dengan diameter besar, apalagi dengan diameter yang sampai 16 mm. Softlens dengan diameter besar akan terasa mengganjal dan tidak nyaman ketika digunakan.

Perhatikan Jenis Softlens atau Lensa Kontak

Umumnya, terdapat dua jenis softlens (lensa kontak) yang ditawarkan. Jenis softlens tersebut yaitu softlens jenis lunak dan keras. Sebagian orang cenderung memilih jenis softlens jenis lunak, karena proses penggunaannya yang lebih mudah.

Mengetahui Posisi Softlens (Lensa Kontak) yang Tepat

Bagi para pengguna softlens, penting untuk mengetahui posisi softlens atau lensa kontak yang tepat. Apabila saat Anda berkedip, softlens ikut bergerak sedikit, maka hal tersebut merupakan pertanda yang baik. Ini menandakan bahwa softlens yang telah digunakan tersebut, mampu memberikan celah untuk pergantian air mata. yang mana hal tersebut memiliki fungsi untuk membilas kotoran yang ada di mata. Softlens yang sedikit bergerak saat berkedip, juga menandakan bahwa pertukaran udara terjadi secara optimal.

Baca Juga: Layanan Kesehatan Mata di Eye Care Bantu Optimalkan Penglihatan

Agar fungsi softlens tetap terjaga dengan baik dan bekerja secara optimal, maka perlu dilakukan perawatan yang tepat. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan berhubungan dengan cara perawatan softlens, meliputi:

  • Selalu membersihkan tangan sebelum anda memegang softlens. Pastikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum anda memasang atau melepaskan softlens.
  • Lepaslah softlens ketika anda akan tidur di malam hari. Sebaiknya, anda segera melepaskan softlens yang digunakan saat hendak tidur, karena¬† penggunaan softlens saat tidur dapat memicu iritasi.
  • Simpan softlens dengan baik dan selalu bersihkan softlens dengan teliti. Anda perlu untuk membersihkan softlens secara rutin, dengan cara yang baik dan benar. Hal ini penting untuk mencegah debu atau kuman yang bisa menempel pada softlens dan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata.
  • Jangan merendam softlens dengan air biasa. Untuk menyimpan softlens pada tempatnya, sebaiknya dibilas dan direndam dengan cairan khusus untuk softlens. Air biasa dapat membuat softlens menjadi cepat rusak atau kering saat diaplikasikan pada mata. Untuk itu, selalu gunakan cairan khusus untuk membilas dan membersihkan softlens anda agar tetap higienis.

Pemeriksaan mata serta proses pemilihan bahan dan perawatan softlens adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan. Oleh sebab itu, anda perlu memilih layanan softlens terpercaya yang memberikan layanan pemeriksaan kadar air mata dan kondisi kornea. Yang bertujuan untuk memastikan bahwa penglihatan pasien selalu dalam kondisi prima. Sehingga dapat direkomendasikan softlens yang terjamin keamanan dan kenyamanannya. Untuk hasil terbaik, dianjurkan  untuk selalu melakukan pemeriksaan secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.