Terapi Mata Minus – Gangguan mata seperti mata minus bisa memengaruhi ketajaman visual seseorang. Mata minus atau yang juga dikenal sebagai rabun jauh, adalah gangguan penglihatan umum yang paling banyak dialami oleh seseorang dan biasanya terjadi selama masa kanak-kanak. Ini merupakan kesalahan refraksi yang menyebabkan masalah saat melihat objek yang jauh sementara penglihatan jarak dekat Anda tetap stabil. Pelajari lebih lanjut mengenai gangguan mata minus pada pembahasan berikut.

Kenali Kelainan Refraksi Mata Minus

Mata minus telah menjadi salah satu gangguan mata yang sering dikeluhkan dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang ini tidak sedikit siswa SD dan SMP dengan permasalahan mata minus yang semakin meningkat setiap tahunnya. Diperkirakan bahwa baik faktor genetik dan faktor lingkungan berpengaruh dalam timbulnya mata minus. Terlebih lagi saat ini penggunaan komputer pribadi, tablet, smartphone, dan lainnya seringkali dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Padahal kebiasaan tersebut memiliki efek buruk, yang memengaruhi munculnya risiko mata minus.

Pada mata minus, diketahui bahwa panjang aksial (kedalaman bola mata) diperpanjang secara berlebihan dan jarak dari kornea ke retina meningkat. Hal tersebut kemudian memengaruhi fokus mata untuk bisa melihat dengan jelas objek yang jauh. Kondisi ini juga seringkali disebut dengan kelainan refraksi atau kesalahan dalam pembiasan cahaya yang masuk dalam mata. Kondisi mata minus bisa berkembang dan mengalami peningkatan secara signifikan. Penting sekali menghambat perkembangan mata minus yang semakin tinggi.

Langkah untuk Menghambat Perkembangan Mata Minus Semakin Parah

Perkembangan mata minus bisa terjadi karena faktor lingkungan dan kebiasaan yang tidak kita sadari. Ini bisa dicegah dengan mengubah beberapa kebiasan sehari-hari yang bisa memengaruhi kondisi mata minus. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah perkembangan mata minus.

Baca Juga: Siapa yang Membutuhkan Vision Therapy untuk Indera Penglihatannya?

1.     Postur tubuh dan pencahayaan yang tepat

Postur tubuh yang buruk, seperti berbaring ketika membaca buku ataupun menonton TV bisa mengembangkan risiko perkembangan mata minus. Selain itu, pencahayaan yang kurang tepat ketika membaca buku juga berpengaruh terhadap kondisi mata minus. Jarak menonton TV atau membaca buku yang terlalu dekat juga tidak disarankan. Sebaiknya anda biasan untuk membaca dengan duduk dan jarak buku dengan anda kurang lebih 30 cm.

2.     Menyerap cahaya di luar ruangan

Tahukah anda, bahwa cahaya di luar ruangan yakni sinar matahari, memiliki manfaat yang baik untuk menghambat mata minus. Dengan menghabiskan waktu di luar ruangan, dan memperoleh sinar matahari yang cukup, maka akan semakin kecil kemungkinannya anda menderita mata minus. Sebaiknya anda meluangkan waktu sejenak untuk memperoleh sinar matahari ketika harus bekerja di dalam ruangan. Karena terlalu lama berada dalam ruangan bisa memicu risiko mata minus.

3.     Istirahatkan mata dengan cukup

Jika anda bekerja di depan komputer dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya istirahatkan mata dengan cukup. Terlalu bekerja di depan komputer ataupun belajar membuat otot mata menjadi tegang, sehingga memudahkan mata minus untuk berkembang. Beristirahatlah sekitar 10 hingga 15 menit per jam untuk menghindari perkembangan mata minus.

Terapi Mata Minus untuk Perbaiki Kualitas Penglihatan

Terapi merupakan program perawatan non-bedah yang melibatkan serangkaian latihan untuk meningkatkan kemampuan mata. Dimana pasien memiliki sesi latihan dengan jangka waktu tertentu untuk meningkatkan kemampuan penglihatan mereka. Terapi ini bertujuan untuk membantu mata bisa memfokuskan kembali cahaya dengan benar. Sehingga penglihatan menjadi lebih jelas meski dalam jarak jauh. Berbagai latihan dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot dan mengembangkan kekuatan dan fungsi mata.

Pelatihan penglihatan bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara sistem neurologis dan visual Anda. Melakukan latihan berulang kali memanfaatkan kemampuan neuroplastisitas otak Anda, meningkatkan kemampuan beradaptasinya terhadap rangsangan eksternal. Seiring waktu, mata dan otak Anda akan terlatih untuk memiliki hubungan kerja yang lebih baik. Program ini dirancang khusus untuk mengurangi ketidakcukupan konvergensi, menjadikannya sebagai koreksi penglihatan mata minus yang efektif .

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.