Low Vision – Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi mata kita juga akan berubah. Biasanya akan muncul berbagai masalah atau perubahan dalam penglihatan yang umumnya dapat diperbaiki dengan kacamata atau lensa kontak. Namun, ketika anda memiliki sebagian penglihatan yang bisa digunakan, dan tidak bisa diperbaiki dengan kacamata atau lensa kontak. Maka hal tersebut merupakan indikasi munculnya masalah low vision atau penglihatan rendah. Pelajari lebih lanjut tentang low vision beserta tanda dan cara perawatannya melalui pembahasan berikut.

Kenali Apa itu Masalah Penglihatan Low Vision?

Memiliki masalah low vision berarti bahwa meskipun anda menggunakan kacamata biasa, lensa kontak, atau operasi, kondisi penglihatan tetap buram. Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk melakukan setiap aktivitas sehari-hari, seperti membaca, berbelanja, memasak, berjalan dan kegiatan lainnya. Kondisi ini adalah gangguan penglihatan yang bisa memengaruhi ketajaman visi dan bidang visual namun bukan buta atau kehilangan penglihatan total. Untuk bisa melakukan setiap aktivitas anda, maka diperlukan bantuan alat optik khusus bagi penderita low vision.

Berbeda dengan rabun jauh dan rabun dekat, low vision tidak dapat sepenuhnya diperbaiki dengan menggunakan alat bantu penglihatan standar seperti kacamata atau lensa kontak. Seseorang yang memiliki kondisi penglihatan yang rendah atau low vision, berarti ketika mata yang bisa melihat dengan lebih baik tidak mencapai ketajaman visual 20/70. Kondisi paling umum yang bisa menyebabkan penglihatan rendah termasuk katarak, stroke, glaukoma, degenerasi makula, retinopati diabetik, dan ablasi retina.

Baca Juga: Manfaat Orthokeratology untuk Kemampuan Penglihatan Anda

Tanda dan Gejala Low Vision

Ada banyak tanda yang bisa menjadi indikasi munculnya low vision, meliputi:

  • Sulit untuk bisa mengenali wajah teman dan kerabat anda
  • Kesulitan melakukan sesuatu yang mengharuskan anda untuk melihat dari dekat, seperti membaca, memasak, memperbaiki barang, memilih dan menyesuaikan warna pakaian dan lain sebagainya.
  • Kesulitan dalam melakukan aktivitas di kantor atau rumah karena lampu nampak redup atau pencahayaan terasa kurang
  • Mengalami kesulitan untuk bisa membaca rambu jalan, nama toko atau tanda dan marka jalan

Perubahan penglihatan yang terjadi seperti hal tersebut di atas bisa menjadi tanda dan gejala dari kondisi awal low vision. Semakin dini anda bisa mendiagnosis munculnya low vision, maka semakin besar peluang anda untuk bisa menjalani pengobatan yang berhasil.

Perawatan Low Vision

Pemeriksaan kesehatan mata yang dilakukan secara teratur harus menjadi bagian dari perawatan kesehatan rutin Anda. Hal tersebut sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan mata anda dengan baik. Bagi penderita low vision, sangat penting untuk melakukan konsultasi dan terapi perawatan rutin untuk bisa memaksimalkan penglihatan yang masih dimiliki. Beberapa alat bantu penglihatan tersedia untuk individu dengan penglihatan rendah (low vision). Berdasarkan evaluasi mata, seorang spesialis mata atau dokter mata mungkin bisa meresepkan satu alat penglihatan rendah atau kombinasi alat visual.

Beberapa perangkat adaptasi low vision termasuk kaca pembesar atau benda cetak besar. Kemudian perangkat berbicara yang menyampaikan informasi sederhana seperti waktu, tanggal dan arah. Alat bantu penglihatan rendah (low vision) yang paling umum adalah lensa absorptif yang dikenakan di atas kacamata resep untuk menghalau paparan sinar matahari yang berbahaya. Lensa absorpsi meningkatkan kontras objek dan membantu individu saat beralih antara lingkungan terang dan gelap. Perangkat lainnya seperti kaca pembesar sirkuit tertutup, kaca pembesar yang dipasang di lensa, dan mesin baca.

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata professional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staff profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic low vision device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope ataupun telemicroscope untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.