Ortho-K – Tentu penderita rabun jauh atau miopi sudah tidak asing lagi dengan istilah orthokeratology (ortho-k). Orthokeratology atau disingkat dengan ortho-k, adalah solusi koreksi penglihatan yang aman, reversibel dan efektif. Ini mejadi salah satu alternatif terapi mata minus bagi penderita miopi yang ingin terlepas dari pemakaian kacamata. Ortho-k menawarkan ketajaman visual yang lebih baik tanpa memerlukan bantuan lensa korektif. Apa saja manfaat dan keunggulan yang dimiliki oleh ortho-k, bisa anda lihat pada pembahasan berikut.

Apa itu Ortho-K?

Orthokeratology (ortho-k) adalah pemasangan lensa permeabel gas yang dirancang secara khusus untuk dipakai semalaman. Ketika anda tidur, lensa ini dengan lembut membentuk kembali kornea yang terlalu melengkung dan mengakibatkan kesalahan bias. Dengan pemakaian ortho-k secara rutin anda bisa melihat dengan jelas keesokan harinya tanpa bantuan lensa korektif lagi. Tujuan terapi ortho-k yaitu untuk memperbaiki kelainan refraksi terutama mata minus, serta astigmatisme. Ini juga menjadi alternatif memperlambat perkembangan mata minus progresif yang diderita anak.

Bagaimana Ortho-K Bekerja?

Lensa ortho-k juga bisa disebut sebagai lensa pembentuk kornea ataupun dream lenses. Ini adalah perawatan yang menggunakan lensa kontak khusus untuk membentuk kembali kornea. Terapi ortho-k telah terbukti secara efektif dalam memperbaiki kondisi penglihatan yang buruk seperti buram danb kabur akibat kelainan refraksi. Kondisi seperti miopia, hyperopia, dan astigmatisme yang mengakibatkan penglihatan seseorang menjadi buram, bisa disembuhkan dengan terapi ortho-k. Lensa kontak ortho-k dipakai semalaman untuk terapi dan membantu mengoreksi masalah penglihatan refraksi melalui pembentukan kembali permukaan mata secara lembut.

Dengan tera[pi ortho-k, pasien akan melihat peningkatan ketajaman visual segera setelah penggunaannya. Dibutuhkan waktu setidaknya dua minggu untuk hasil koreksi penglihatan secara maksimum dengan ortho-k. Perawatan dengan ortho-k secara perlahan mengembalikan bentuk kornea pada bentuk yang normal. Sehingga, kornea bisa berfungsi dengan baik dalam membiaskan cahaya untuk fokus di retina. Terapi ini memberikan hasil untuk sementara, jadi dibutuhkan penggunaan yang konsisten. Jika terapi dihentikan, maka anda bisa kehilangan efeknya, namun tidak memengaruhi kondisi lainnya.

Baca Juga: Solusi Pandangan Buram Akibat Mata Minus Menggunakan Terapi Mata Minus

Awalnya, lensa ortho-k akan membutuhkan sedikit waktu untuk bisa membiasakan diri dengan kondisi mata pasien. Tetapi setelah beberapa kali penggunaan di malam hari, lensa ortho-k akan terasa cukup alami dan nyaman. Lensa ortho-k juga dapat bertahan selama lebih dari satu tahun dengan perawatan yang tepat.  Namun, pasien tetap membutuhkan peningkatan resep lensa yang tepat untuk hasil yang optimal. Jadi, sebaiknya anda rutin berkonsultasi dan mengevaluasi hasil pemakaian ortho-k dengan dokter mata.

Keamanan dan Kebersihan Lensa Ortho-K yang Perlu Diperhatikan

Ketika memakai lensa baik itu lensa kontak biasa maupun lensa khusus ortho-k, tentunya kebersihan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Perawatan lensa kontak yang baik tentu mampu memberikan anda kenyamanan dan keamanan selama penggunaannya. Ini akan terhindar dari risiko infeksi yang bisa terjadi pada mata dan ulkus kornea. Pembersihan dan desinfeksi lensa yang tidak tepat, bisa memicu risiko tersebut. Untuk itu, anda harus benar-benar mengikuti aturan kebersihan yang perlu diterapkan untuk meminimalkan risiko tersebut. hal penting yang harus selalu diperhatikan adalah:

  • Mencuci tangan dan jari secara menyeluruh dengan sabun cuci tangan berbasis anti-bakteri sebelum memakai ataupun melepas lensa.
  • Mengeringkan tangan terlebih dahulu dengan handuk bersih yang bebas serat sebelum memegang lensa.
  • Lepaskan lensa sambil duduk di meja dengan kain bersih yang bebas serat.
  • Hindari memakai ataupun melepas lensa di kamar mandi, karena adanya kemungkinan mengandung lebih banyak kuman daripada ruangan lainnya.
  • Periksa lensa dengan cermat apakah ada goresan, yang dapat memberikan celah bagi bakteri untuk tumbuh.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.