Low Vision – Masalah penyakit tertentu bisa memengaruhi kondisi penglihatan serta ketajaman visi seseorang. Salah satunya adalah glaukoma, dimana saat penderita glaukoma mengalami kondisi yang semakin buruk maka bisa kehilangan penglihatan yang terjadi secara signifikan. Kondisi glaukoma yang buruk tersebut akan mengembangkan resiko munculnya low vision. Glaukoma sendiri merupakan gangguan yang merusak saraf optik dan berhubungan dengan hilangnya bidang penglihatan secara bertahap hingga hilangnya visi.

Apa itu Low Vision?

Pengertian low vision bervariasi, salah satu definisinya adalah ketajaman visual 20/70 atau lebih buruk yang tidak dapat diperbaiki dengan kacamata. Pengukuran penglihatan 20/70 tersebut berarti bahwa seseorang dengan penglihatan yang tidak cacat dapat melihat grafik dari jarak 70 kaki. Sedangkan orang dengan penglihatan rendah harus berdiri lebih dekat pada jarak 20 kaki untuk melihat ukuran huruf yang sama. Definisi lain dari low vision adalah kehilangan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki yang bisa mengganggu aktivitas seseorang sehari-hari. Definisi ini berguna karena seringkali kunjungan ke spesialis penglihatan rendah akan berfokus pada cara-cara untuk meningkatkan kemandirian dan kualitas hidup pasien.

Selain memengaruhi ketajaman visual, glaukoma juga bisa menyebabkan cacat bidang penglihatan perifer dan akhirnya pusat. Pasien glaukoma juga dapat mengalami gangguan sensitivitas terhadap kontras atau masalah dengan silau, dan lebih banyak kesulitan dalam beradaptasi dengan kegelapan. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan melihat dalam cahaya redup atau saat pencahayaan berubah tiba-tiba. Mereka bisa saja tidak sengaja menabrak benda, kesulitan saat membaca, atau tantangan saat menavigasi medan yang tidak rata.

Evaluasi Low Vision

Evaluasi low vision kurang lebih berfokus pada kondisi penyakit tertentu, dan lebih pada dampak penyakit dan low vision yang dihasilkan terhadap pasien. Oleh karena itu, spesialis low vision akan menanyakan tentang aktivitas sehari-hari, kesehatan dan tingkat kognisi secara keseluruhan. Spesialis penglihatan rendah juga akan menanyakan apakah Anda masih mengemudi.

Baca Juga: Ketahui Lebih Lanjut Manfaat Orthokeratology Memperbaiki Kesalahan Refraksi

Selama pemeriksaan, spesialis low vision akan mengevaluasi jarak dan penglihatan membaca, sensitivitas kontras, bidang penglihatan, dan tes tambahan lainnya. Spesialis juga akan menentukan bagaimana Anda menggunakan penglihatan Anda. Beberapa pasien perlu menggunakan bagian lain dari bidang penglihatan mereka, bukan hanya bagian tengah. Pelatihan penglihatan dapat membantu pasien menggunakan perangkat low vision secara lebih efektif.

Gangguan Penglihatan Low Vision Akibat Glaukoma

Hilangnya penglihatan perifer seperti yang dideteksi oleh pengujian lapang pandang adalah pengukuran perkembangan glaukoma yang paling sering diikuti. Tingkat keparahan dan tingkat perubahan dalam sensitivitas bidang visual binokular secara signifikan berkorelasi dengan pengukuran kualitas hidup pada pasien glaukoma. Hal ini terutama pada kondisi penyakit glaukoma yang lebih lanjut. Lebih dari 25% pasien glaukoma yang baru didiagnosis mengalami penglihatan kabur, kesulitan beradaptasi antara terang dan gelap, kesulitan melihat dalam gelap. Dan masalah dengan cahaya terang, serta pengujian lapangan visual hanya sedikit berkorelasi dengan keluhan pasien. Penting untuk melakukan skrining pada pasien glaukoma guna mengetahui ketidakmampuan visual.

Keluhan penderita glaukoma yang paling banyak ditemui adalah kesulitan mobilitas, membaca, dan mengemudi. Kesulitan ini berkorelasi dengan penurunan ketajaman visi yang signifikan sehingga seringkali menyebabkan jatuh, aktivitas fisik yang terbatas, dan penurunan kualitas hidup. Untuk pasien glaukoma yang mulai mengalami penurunan visi bisa mengalami kesulitan membaca dan kesulitan aktivitas umum lainnya. Kondisi glaukoma yang terus memburuk bisa memicu low vision yang semakin parah pula. Sehingga penting untuk segera melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan mata terlebih ketika anda di diagnosis menderita glaukoma.

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata profesional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staff profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic low vision device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope ataupun telemicroscope untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.