Low Vision РGangguan penglihatan merupakan kondisi umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Seperti halnya gangguan penglihatan low vision, dimana seseorang akan mengalami penurunan ketajaman visual secara signifikan. Kondisi low vision tidak dapat dikoreksi dengan kacamata standar, lensa kontak, obat-obatan, atau pembedahan. Diperlukan sebuah rehabilitasi penglihatan rendah (low vision) sebagai perawatan yang  tepat.

Ketahui tentang Low Vision (Penglihatan Rendah)

Low vision atau penglihatan rendah adalah kondisi dimana seseorang akan kehilangan penglihatan secara bertahap. Dimana kondisi tersebut tidak dapat dikoreksi hanya dengan kacamata, lensa kontak hingga pembedahan sekalipun. Kehilangan penglihatan dalam low vision bukanlah kebutaan total, karena pada kondisi ini masih ada penglihatan yang tersisa meski terbatas. Low vision dapat ditandai dengan penurunan ketajaman penglihatan dimana penglihatan seseorang menjadi kabur dan semakin memburuk seiring waktu.

Umumnya, low vision disertai dengan beberapa masalah penglihatan. Seperti munculnya bintik-bintik buta, penglihatan malam yang buruk, hingga penglihatan kabur meski memakai kacamata. Sangat penting melakukan deteksi dini low vision untuk mendapatkan perawatan yang maksimal dan mencegahnya memburuk. Karena sisa penglihatan yang masih ada dapat diperbaiki dengan penggunaan alat bantu visual. Selain itu, rehabilitasi penglihatan rendah dapat membantu pasien mengoptimalkan penglihatan yang masih ada.

Siapa yang Paling Berisiko Mengalami Low Vision?

Siapapun dapat terkena low vision yang dilatarbelakangi oleh berbagai faktor dan kondisi. Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula terkait usia dan glaukoma bisa meningkatkan risiko low vision. Penyebab lain yang berisiko pada low vision seperti cedera yang mempengaruhi mata. Kondisi kesehatan seperti diabetes juga dapat mempengaruhi terjadinya low vision. Selain itu, kondisi low vision juga dapat diakibatkan oleh kanker mata, albinisme, cedera otak, atau kelainan bawaan pada mata termasuk retinitis pigmentosa.

Bagaimana Cara Mengatasi Low Vision?

Melakukan pemeriksaan mata secara rutin merupakan salah satu cara untuk mencegah gangguan penglihatan. Ini termasuk gangguan penglihatan low vision, yang mana bisa memburuk seiring waktu. Oleh karena itu, penting sekali melakukan deteksi dini serta perawatan yang tepat untuk hasil yang maksimal. Spesialis mata akan membantu anda dalam menentukan perawatan low vision yang tepat sesuai dengan tingkat keparahannya. Mereka juga dapat membantu pasien dengan low vision dalam mengoptimalkan kemampuan visual yang masih ada.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengetahui tentang Ortho-K?

Perawatan bagi pasien dengan low vision bisa berupa rehabilitasi penglihatan rendah hingga terapi penglihatan. Pelatihan orientasi dan mobilitas juga dibutuhkan bagi pasien low vision yang mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitasnya secara mandiri. Khususnya dalam melaksanakan tugas rumah tangga seperti memasak, mencuci pakaian, dan berbagai pekerjaan rumah tangga lainnya. Selain itu, pelatihan khusus yang membantu pasien untuk dapat menggunakan perangkat pribadi dengan lebih efisien juga diperlukan.

Selain melatih kemandirian pasien untuk dapat menjalankan aktivitasnya, penggunaan alat bantu visual mungkin diperlukan. Dimana alat bantu visual sebagai perangkat low vision dapat membantu pasien untuk membantu pasien dengan tugas sehari-hari mereka. Perangkat low vision tersebut bisa meliputi kaca pembesar tangan yang dapat membuat teks lebih besar. Dimana penggunaan perangkat ini diperlukan untuk tugas membaca. Kemudian pembesar digital yang memungkinkan pasien untuk dapat menyesuaikan seberapa besar ukuran teks serta warna teks yang memudahkan mereka untuk membaca.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.