Klinik Gangguan Mata – Salah satu jenis gangguan mata yang mengancam penglihatan banyak orang adalah glaukoma. Ini adalah jenis gangguan mata yang umumnya ditandai dengan permasalahan penglihatan. Glaukoma terjadi karena kerusakan pada saraf mata yang sering disebabkan oleh tekanan tinggi pada mata. Kondisi glaukoma yang tidak segera ditangani berisiko pada hilangnya kemampuan penglihatan seseorang.

Ketahui Jenis Gangguan Mata Glaukoma

Glaukoma adalah gangguan mata yang ditandai dengan kerusakan pada saraf mata. Kerusakan pada saraf mata tersebut dapat mempengaruhi kemampuan penglihatan seseorang. Gangguan mata ini sendiri bisa dikelompokan ke dalam beberapa jenis. Berikut jenis glaukoma yang perlu diketahui:

  • Glaukoma Sudut Tertutup

Glaukoma sudut tertutup adalah jenis glaukoma yang ditandai dengan iris menonjol ke depan. Kondisi tersebut dapat mempersempit atau menghalangi sudut drainase yang menyebabkan tekanan meningkat.

  • Glaukoma Sudut Terbuka¬†

Pada kondisi glaukoma jenis ini, struktur mata tampak normal, tapi terdapat gangguan di dalam saluran mata. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tekanan pada mata yang meningkat secara bertahap yang berujung pada kerusakan saraf optik.

  • Glaukoma Sekunder

Glaukoma jenis ini disebabkan oleh peradangan. Dimana peradangan tersebut umumnya terjadi pada lapisan tengah mata (uveitis).

  • Glaukoma Kongenital¬†

Ini adalah kondisi glaukoma yang disebabkan oleh kelainan pada mata atau kondisi bawaan dan umumnya terjadi pada anak-anak.

Waspadai Penyebab Glaukoma dan Faktor Risikonya

Penyebab utama glaukoma adalah meningkatnya tekanan di dalam mata (tekanan intraokular). Baik itu terjadi akibat produksi cairan mata yang berlebihan, maupun diakibatkan oleh saluran pembuangan cairan yang terhalang. Tekanan di dalam mata tersebut dapat merusak serabut saraf retina dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak. Glaukoma kronis dapat merusak penglihatan, bahkan sebelum ada gejala muncul. Beberapa faktor risiko glaukoma yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Berusia di atas 60 tahun
  • Memiliki riwayat keluarga dengan glaukoma
  • Mengidap kondisi medis tertentu, seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan anemia sel sabit
  • Mengalami rabun dekat atau rabun jauh
  • Pernah mengalami cedera mata atau menjalani jenis operasi mata tertentu
  • Menggunakan obat kortikosteroid, terutama obat tetes mata dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Pelajari tentang Mata Minus dan Jenis Tes Mata Minus

Cara Mencegah Risiko Glaukoma

Apabila anda termasuk dalam kelompok orang yang berisiko terkena glaukoma, sebaiknya anda lebih mewaspadai gangguan mata. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah glaukoma yaitu:

  • Menjalani pemeriksaan mata dilatasi secara teratur

Pemeriksaan mata secara komprehensif dapat membantu mendeteksi glaukoma pada tahap awal. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan saraf optik yang signifikan. Klinik gangguan mata dapat membantu melakukan pemeriksaan dini glaukoma.

  • Ketahui riwayat kesehatan mata keluarga

Gangguan mata glaukoma cenderung menurun atau diturunkan dalam keluarga. Apabila anda memiliki riwayat keluarga dengan glaukoma, sebaiknya anda lebih sering melakukan skrining.

  • Menggunakan obat tetes mata yang diresepkan secara teratur

Obat tetes mata glaukoma dapat mengurangi resiko tekanan mata yang tinggi secara signifikan. Ini membantu mencegah glaukoma berkembang. Penting untuk memakai obat tetes mata yang diresepkan oleh dokter perlu secara teratur.

  • Memakai pelindung mata

Cedera mata yang cukup serius dapat menyebabkan terjadinya glaukoma. Sebaiknya anda mengenakan pelindung mata saat melakukan aktivitas tertentu yang mungkin dapat mengganggu mata.

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat

Mengkonsumsi jenis makanan yang sehat tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh tapi juga penting untuk mata. Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang baik bagi Kesehatan mata.

  • Membatasi konsumsi minuman dengan kandungan kafein

Jenis minuman berkafein dapat meningkatkan tekanan mata apabila dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak minum minuman dengan kandungan kafein dalam waktu singkat dapat meningkatkan risiko tekanan mata untuk sementara.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.