FAQ Terapi Ortho K

(Frequently Asked Question)

 

Apakah  terapi Ortho K aman ?

Alat terapi Ortho K di VIO Optical Clinic telah mendapat sertifikasi FDA Approved (Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) sehingga aman digunakan dan minim sekali efek samping karena selama masa terapi prosesnya diawasi dan dipantau secara menyeluruh oleh tim dokter dan Eye Care Profesional VIO Optical Clinic.

 

Apakah ada batasan usia untuk terapi Ortho K ?

FDA tidak menempatkan batasan usia pada kandidat untuk terapi Ortho K. Namun Ortho K lebih efektif untuk usia 6 tahun sampai dengan 37 tahun.

Saat ini, Terapi Ortho K juga merupakan pilihan bagus untuk anak-anak dan remaja yang aktif berkegiatan dan olahraga, renang, atau aktivitas luar ruangan lainnya.

 

Benarkah lensa Ortho K dipakai hanya pada saat tidur ?

Betul sekali, lensa Ortho K ini hanya kamu pakai disaat tidur dan dilepas saat kamu bangun di pagi hari. Kamu akan mendapat penglihatan yang lebih baik sepanjang hari setelah menggunakan lensa Ortho K. Bahkan jika kamu bangun di tengah malam, penglihatan mu akan tetap jelas dengan lensa Ortho K terpasang. Jadi, manfaatnya bekerja sepanjang waktu.

 

Benarkah lensa Ortho K aman saat dipakai tidur semalaman ?

Iya benar, lensa Ortho K dirancang dari bahan yang dapat menyerap gas (Gas Permeable). Desain ini memungkinkan oksigen melewati lensa ke mata, sehingga mencegah mata menjadi kering dan iritasi. Lensa ini nyaman dipakai, dan karena lensa Ortho K tidak dipakai pada siang hari, maka tidak ada resiko matamu kekurangan oksigen dan iritasi karena mata tidak tertutup lensa seharian.

 

Seberapa cepat terapi Ortho-K mulai bekerja ?

Beberapa pasien dapat melihat lebih jelas hanya dalam satu minggu pemakaian  lensa Ortho K. Diawal pemakaian secara umum sebagian besar koreksi penting telah tercapai. Biasanya, penglihatan siang hari akan membaik dalam minggu pertama dan tidak diperlukan lagi kacamata atau alat bantu penglihatan lain. Tapi hal ini tergantung pada ukuran refraksi, usia, dan kondisi kornea mata kamu.

 

Aku menderita mata “kering”, apakah Aku kandidat untuk terapi Ortho K ?

Hanya Eye Care Profesional  yang dapat menentukan apakah kamu seorang kandidat untuk terapi Ortho K atau tidak. Banyak pasien dengan kondisi mata kering bisa mengikuti terapi Ortho K.

Lensa terapi Ortho K dapat di gunakan oleh individu yang mengalami mata kering, karena material lensa Ortho K mempunyai sifat gas permeable/ menyerap pertukaran gas, sehingga meminimalisir kekurangan oksigen dan air mata saat tidur.

 

Aku menderita Mata Silinder. Apakah Aku seorang kandidat untuk terapi Ortho K ?

Iya. Terapi Ortho K juga dirancang untuk mengoreksi mata Silinder/ Astigmatisme. Namun setiap orang harus melalui proses screening dan di evaluasi oleh Eye Care Profesional terlebih dulu untuk menentukan apakah kondisi kornea matanya cocok untuk mengikuti  terapi.

 

Apa perbedaan antara terapi Ortho K dan Lasik ?

Keduanya adalah teknik pembentukan ulang kornea, yang berbeda adalah metode yang digunakan. Lasik menggunakan metode operasi dengan mengikis kornea sedangkan terapi Ortho K melakukan pembentukan ulang kornea secara alami dengan menggunakan lensa kontak Ortho K.

 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai penglihatan yang baik?

Sebagian besar pasien VIO Optical Clinic mengalami perbaikan cepat dalam beberapa hari pertama terapi dimulai dan mencapai penglihatan yang hampir optimal dalam 3 sampai 6 bulan masa terapi Ortho K.

 

Apakah Terapi Ortho K  Permanen ?

Terapi Ortho K sama seperti ketika kamu melakukan diet secara rutin, disiplin dan konsisten untuk mencapai target berat tubuh yang ideal dan menjaga pola hidup sehat agar berat ideal kamu tetap terjaga. Terapi Ortho K juga harus dibarengi dengan merubah pola kebiasaan kita dalam beraktifitas menggunakan indera penglihatan, seperti mengurangi aktifitas didepan gadget, istirahat yang cukup, dan aktifitas hidup sehat sehingga kesehatan penglihatan kita bisa tetap optimal walau sudah tidak mengikuti terapi Ortho K.

 

Apakah ada risiko yang timbul saat memakai lensa Ortho K ?

Berdasarkan data dan penelitian yg lebih mendalam, resiko penggunaan Ortho K lens adalah sama dengan penggunaan lensa kontak harian.

Tidak ada efek samping serius berdasarkan laporan dari FDA. Selain itu terapi Ortho K ini aman, tanpa operasi, karena tidak memotong bagian kornea dan bersifat reversible (bisa dikembalikan)

 

Apakah terapi Ortho K menyakitkan ?

Terapi Ortho K tidak menyakitkan. Namun awalnya, kamu mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman dengan adanya benda asing di mata, namun lama kelamaan kamu akan terbiasa dan bisa mengabaikan hal tersebut.

 

Apa yang terjadi jika saya kehilangan atau merusak lensa Ortho K ?

Apabila hal ini terjadi segera lapor dan konsultasikan dengan Eyecare Profesional VIO Optical Clinic agar dapat melakukan penggantian segera.

 

Ada pertanyaan lain yang belum terjawab?

Yuk tanyakan langsung dengan eye care profesional VIO Optical Clinic

 

  

Call VIO Optical Clinic NOW, your Personal Eye Care Solutions :

021-294-75-974

 

 Email : admin@vio.co.id

Book Appointment Now !

Buat Jadwal Pemeriksaan Mata Anda di VIO Optical Clinic Sekarang juga

What our patients say

Anggresta Nuradrikni

Pelayanannya bagus dan petugasnya ramah-ramah. Anak saya mengikuti terapi Ortho K. Alhamdulillah kalau sekolah nyaman karena tidak perlu pakai kacamata. Harapannya minus tidak bertambah bahkan semoga minusnya sembuh.

Ibu Sisilia

Puji Tuhan gak sia-sia bolak-balik Bekasi-Serpong. 3 bulan minus anak saya dari -4.00 jadi 0 dengan terapi Ortho K. Terapi ini bisa jadi solusi buat teman-teman yang mau hilang minus terutama untuk anak-anak yang belum bisa lasik.

Nur Hisyam

Saya mengucapakan banyak terima kasih pada VIO. Alhamdulillah anak kami lolos masuk tes Polri dari segi kesehatan matanya karena terapi Ortho K di VIO, tinggal tes wawancaranya saja. Salam VIO sukses berkah.

Our Services

Clinical Refraction

Ortho-K (Terapi Mata Minus)

Pediatric Refraction

Mobile Clinic

Contact Lens Specialist

Low Vision Treatment

Dry Eye Test

Binocular Vision Theraphy