Klinik Mata Jakarta Perkembangan teknologi yang semakin maju ternyata juga membawa dampak besar terhadap dunia medis. Metode pengobatan yang dulunya hanya dilakukan secara manual, kini telah banyak mengalami perubahan berkat penemuan-penemuan penting yang dilakukan oleh ilmuan. Salah satunya adalah pengobatan mata minus dengan terapi Ortho K ini.

Ortho K atau Orthokeratologi merupakan sebuah inovasi dalam dunia medis untuk mengobati berbagai kelainan mata seperti mata minus, rabun dan silinder. Terapi ini menggunakan kontak lensa khusus yang disebut gas permeable yang berfungsi untuk membentuk kornea mata baru sehingga penglihatan bisa menjadi lebih baik.

Metode atau terapi Ortho K sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an. Akan tetapi seiring berkembangan teknologi dan pengetahuan, terapi ini juga mengalami banyak modifikasi sehingga bisa lebih sempurna seperti saat ini. Dengan begitu, hasil yang di peroleh juga akan semakin bagus.

Terapi Mata Minus Tanpa Operasi

Terapi mata minus dengan prosedur Ortho K hanya menggunakan lensa kontak khusus yang disebut dengan gas permeable untuk memperbaiki penglihatan. Itu artinya tidak ada prosedur pembedahan seperti pada yang dilakukan pada motede Lasik. Ini sangat cocok untuk anda yang ingin lepas dari kacamata namun takut dengan prosedur pembedahan.

Prinsip kerja dari lensa kontak Ortho K adalah memberikan penekanan dari luar pada kornea yang berguna untuk mendatarkan kornea mata. Lensa kontak Ortho K bekerja pada malam hari saat anda tidur sehingga saat pagi harinya penglihatan anda bisa lebih bagus. Dengan begitu anda bisa beraktivitas normal tanpa harus menggunakan kacamata.

Terapi lensa kontak Ortho K bisa digunakan oleh pasien gangguan penglihatan dalam segala usia. Akan tetapi hasil terbaik akan dirasakan oleh anak-anak yang memiliki kondisi penghilatan masih bisa berubaha-ubah, sehingga jika dilakukan secara rutin bisa mengurangi mata minus atau menghambat peningkatan ukuran mata minus.

Selain untuk terapi mata minus, lensa kontak Ortho K juga bisa menjadi pilihan untuk anda yang memiliki alergi pada jenis lensa kontak tertentu atau gangguan mata kering. Untuk anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan aktif berolahraga juga bisa menggunakan lensa kontak ini untuk mengurangi resiko kelainan mata. Bentuknya yang lebih keras dari lensa kontak pada umumnya juga bisa menghambat bakteri menempel di lensa tersebut.

Tidak Memberikan Efek Permanen

Terapi lensa kontak Ortho K bekerja pada malam hari saat anda tidur untuk memperbaiki kornea mata sehingga pada esok paginya bisa melihat dengan lebih jelas. Penglihatan yang membaik ini bisa anda rasakan mulai dari pagi hingga sore saja. Sedangkan pada malam hari akan kembali seperti semula.

Baca juga : Ortho K : Memperbaiki Penglihatanmu Saat Tidur

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa terapi Ortho K ini hanya bersifat sementara dan kornea mata akan kembali seperti semula seiring anda berhenti menggunakannya. Itu artinya jika tidak menggunakan lensa kontak tersebut, anda akan kembali memiliki gangguan penglihatan. Sehingg jika ingin melakukan metode pengobatan lainnya tidak akan berpengaruh apa-apa.

Itulah informasi penting seputar fakta-fakta dari terapi Ortho K yang perlu anda ketahui. Terapi ini memang bisa memberikan anda penglihatan yang lebih bagus tanpa harus melakukan prosedur pembedahan. Akan tetapi yang perlu anda ketahui, terapi ini tidak memberikan hasil yang permanen seperti pada metode pengobatan lainnya. Walaupun demikian, terapi ini mampu memperbaiki penglihatan dengan cepat bahkan dalam beberapa kasus juga bisa mengurangi tingkatan minus pada mata.