Pusat Terapi Mata Eye floaters adalah bentuk kecil yang muncul dalam bidang penglihatan Anda. Bentuknya bisa terlihat seperti sarang laba-laba, bintik, garis berlekuk-lekuk, atau benang. Floaters tidak berbahaya dan merupakan tanda normal penuaan. Namun, jika floaters bertambah banyak atau muncul dengan kilatan cahaya atau kehilangan penglihatan, lebih baik segera melakukan pemeriksaan karena hal ini dapat mengindikasikan sesuatu yang lebih serius, sehingga bisa untuk pergi ke pusat terapi mata.

Artikel ini menjelaskan penyebab floaters mata serta gejalanya, cara mengatasinya, dan kapan Anda harus menemui pusat terapi untuk gangguan penglihatan.

Pendarahan pada Mata

Pendarahan pada mata dapat terjadi karena beberapa alasan. Pembuluh darah yang tidak normal dapat berdarah secara spontan, dan terkadang pembuluh darah yang normal dapat pecah karena stres atau trauma. Pendarahan pada mata dapat menyebabkan Anda melihat floaters yang terlihat seperti bintik-bintik pada mata atau bentuk seperti sarang laba-laba. Beberapa orang juga melihat kabut atau penglihatannya berwarna merah.

Floater yang disebabkan oleh darah di mata sering kali akan sembuh seiring berjalannya waktu, tetapi prosesnya bisa lambat. Floaters ini lebih mungkin hilang jika ukurannya lebih kecil dan/atau disebabkan oleh kondisi yang tidak menyebabkan perdarahan berulang pada mata. Area perdarahan yang lebih luas dapat menyebabkan masalah jangka panjang dan mungkin perlu diangkat melalui pembedahan.

Infeksi Mata

Beberapa virus dan bakteri dapat menyebabkan peradangan pada retina, yang dapat menyebabkan floaters dan gejala lain seperti rasa sakit dan kemerahan pada mata dan/atau gejala seluruh tubuh seperti demam dan menggigil. Beberapa penyebab kondisi ini meliputi:

  • Virus herpes simpleks
  • Virus herpes zoster
  • Penyakit cakaran kucing
  • Penyakit Lyme
  • Tuberkulosis

Infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri atau virus biasanya sembuh setelah pengobatan penyebabnya. Karena beberapa kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius, maka penting untuk memeriksakan diri ke pusat terapi mata Anda untuk mendapatkan diagnosis.

Cedera Mata

Mata Anda dapat mengalami cedera setelah terkena pukulan seperti pukulan atau bola yang mengenai mata Anda saat berolahraga. Kegagalan menggunakan kacamata pengaman selama pekerjaan konstruksi atau industri juga dapat menyebabkan benda atau bahan kimia menembus mata Anda dan menyebabkan cedera.

Baca Juga: Liburan Tanpa Khawatir: Menjaga Kesehatan Mata Saat Bepergian

Cedera mata dapat menyebabkan floaters dan gejala lain seperti:

  • Rasa sakit
  • Masalah penglihatan
  • Mata menonjol
  • Ukuran pupil yang tidak biasa
  • Perdarahan pada mata
  • Kesulitan menggerakkan mata

Cedera mata ditangani sesuai dengan tingkat keparahan cedera. Banyak cedera yang dapat diobati dengan istirahat dan kompres dingin, tetapi cedera yang lebih serius seperti tusukan atau luka bakar kimia memerlukan perawatan darurat.

Ablasi Retina

Ablasio retina adalah kondisi darurat di mana bagian retina terlepas dari lapisan sel darah yang menyokongnya.Kondisi ini dapat menyebabkan pandangan melayang secara tiba-tiba dan/atau berkurangnya penglihatan. Anda juga mungkin mengalami kilatan cahaya. Ablasi retina memerlukan penanganan medis segera dengan pergi ke puat terapi pengliharab yang terbaik. Menunda pengobatan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

Uveitis

Uveitis adalah peradangan pada uvea. Uvea adalah bagian mata yang memasok darah ke retina. Ketika bagian mata ini meradang, maka dapat menyebabkan gejala seperti floaters, penglihatan kabur, kemerahan, sensitivitas terhadap cahaya, dan nyeri. Gejala-gejala ini sering terjadi secara tiba-tiba. Uveitis dapat diobati dengan obat steroid untuk membantu mengurangi peradangan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.