Klinik Mata JakartaKanker adalah perkembangan sel tubuh yang mengganas di luar kendali. Setiap organ dan bagian tubuh manusia terbuat berasal dari sel, agar kanker mampu berjalan di mana saja. Ya! Termasuk terhadap mata. Ditilik lebih didalam lagi, ternyata

ada banyak macam kanker yang mampu menyerang mata. Namun di pada semuanya, ada dua tipe kanker mata yang paling lazim dibanding lainnya. Salah satunya lebih kerap menyerang anak-anak, kala satu kembali lebih banyak ditemukan terhadap orang dewasa. Apa saja tipe dua tipe kanker mata itu?

Retinoblastoma, kanker mata yang kerap menyerang anak
Retinoblastoma adalah kanker mata yang terlebih menyerang retina (lapisan mata yang menangkap cahaya). Retinoblastoma merupakan kanker mata tersering terhadap anak-anak berusia tidak cukup berasal dari 4 tahun.

Kanker mata retinoblastoma disebabkan oleh ada kelainan genetik.

Gejala retinoblastoma terhadap anak
Mata anak yang menderita retinoblastoma kebanyakan bakal berwarna putih layaknya mata kucing terhadap kala terkena cahaya blitz. Hal ini mudah dibedakan bersama mata yang normal, dikarenakan terhadap mata normal cahaya blitz bakal membuahkan pantulan berwarna kemerahan.

Beberapa persoalan retinoblastoma juga mampu membuat mata juling.

  • Pemeriksaan apa yang wajib dilakukan?
    Funduskopi. Pemeriksaan dikerjakan oleh dokter spesialis mata untuk memandang suasana retina.
  • Ultrasonography (USG). Pemeriksaan punya tujuan untuk sadar ukuran sel kanker dan juga untuk memandang ada atau tidaknya tarikan terhadap retina.
  • MRI untuk mendeteksi ada penyebaran kanker dan jika ada, hingga sejauh mana. Ada tidaknya penyebaran (metastasis) kemudian bakal menentukan tipe pengobatan kanker yang bakal diberikan dan juga prognosis berasal dari pasien.

Pengobatan layaknya apa yang bakal dijalani anak?
Secara garis besar terdapat dua tipe pengobatan kanker mata yang mampu dikerjakan secara terpisah maupun secara berkesinambungan, tergantung berasal dari suasana kala kanker ditemukan. Kedua tipe pengobatan tersebut adalah kemoterapi dan operasi pengangkatan bola mata.

Melanoma mata, tipe kanker mata paling lazim terhadap prang dewasa
Lain halnya bersama retinoblastoma, melanoma mata adalah tipe kanker mata yang paling kerap menyerang orang dewasa. Melanoma mata mampu menyerang beragam tempat di mata, layaknya kelopak mata dan iris (lingkaran hitam terhadap bola

Baca Juga :

Hati-hati, Sinar Biru dari Gadget Kesayangan Bisa Bikin Mata Buta

mata). Namun, tempat koroid (lapisan di bola mata didalam yang paling banyak mengandung pembuluh darah) merupakan tempat yang paling kerap terkena kanker melanoma mata.

Melanoma mata kebanyakan dipicu oleh radiasi cahaya matahari didalam jangka kala panjang. Selain itu, mata yang memiliki iris berwarna terang, layaknya terhadap mata orang-orang kulit putih yang berwarna hijau atau biru, adalah yang paling rentan terkena melanoma.

Bagaimana gejala dan tandanya?
Sebagian besar berasal dari melanoma mata menyerang di susunan koroid yang terdapat di didalam bola mata. Oleh dikarenakan itu, melanoma mata kebanyakan tidak menghidupkan gejala khas yang mampu dilihat berasal dari luar bersama mata telanjang.

Gejala berbentuk problem penglihatan juga baru bakal dirasakan seumpama ukuran tumor telah memadai besar dan menjadi menyebar ke tempat lapang penglihatan.

Pemeriksaan dan pengobatan yang mampu dikerjakan untuk melanoma mata
Tidak jauh berlainan bersama kontrol terhadap retinoblastoma, kontrol kanker mata melanoma bakal meliputi kontrol funduskopi, USG, dan juga MRI.

Pengobatan dikerjakan berdasarkan berasal dari ukuran, lokasi, dan juga penyebaran sel kanker. Beberapa metode yang mampu digunakan adalah pengangkatan berasal dari sel kanker saja, radioterapi, atau pengangkatan berasal dari bola mata secara keseluruhan.