Klinik Gangguan Mata – Penggunaan gadget, seperti smartphone, laptop, dan tablet, sudah termasuk sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari hampir semua orang. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan dan tanpa pengaturan yang tepat dapat berdampak negatif pada kesehatan mata. Artikel ini akan membahas dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan mata dan beberapa cara mengatasinya. Apabila Anda merasakan adanya gangguan mata, lebih baik segera membawanya pergi ke klinik gangguan mata yang terpercaya. Agar bisa menyembuhkan gangguan mata yang Anda rasakan.

Mata Kering

Salah satu dampak utama penggunaan gadget adalah mata kering. Ketika menggunakan gadget, kita cenderung kurang berkedip, yang dapat menyebabkan mata kehilangan kelembaban dan menjadi kering. Mata kering dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan perasaan tidak nyaman. Untuk mengatasi mata kering, penting untuk mengedipkan mata secara teratur saat menggunakan gadget. Juga, pastikan ruangan tempat Anda menggunakan gadget cukup lembab. Anda juga dapat menggunakan tetes mata buatan atau melakukan latihan mata yang direkomendasikan oleh dokter mata.

Kegelihan Mata

Melihat layar gadget dalam jarak dekat untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan mata. Mata akan bekerja lebih keras untuk fokus pada objek yang berada dalam jarak dekat, dan hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot mata. Untuk mengurangi kelelahan mata, praktikkan aturan “20-20-20”. Setiap 20 menit, berhenti sejenak dari penggunaan gadget dan lihatlah objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Ini memberikan istirahat pada mata dan membantu mengurangi kelelahan mata.

Gangguan Penglihatan Jangka Panjang

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan penglihatan jangka panjang, seperti miopia (rabun jauh) atau astigmatisme. Penelitian telah menunjukkan korelasi antara penggunaan gadget yang berlebihan dengan peningkatan jumlah kasus miopia pada anak-anak dan remaja. Penting untuk membatasi waktu penggunaan gadget, terutama pada anak-anak dan remaja. Anjurkan mereka untuk melakukan aktivitas luar ruangan, seperti bermain olahraga atau menjelajahi alam, yang dapat membantu melatih mata dalam melihat objek di kejauhan. Tentu saja jika gangguan mata sudah seperti ini, solusi terbaiknya adalah dengan membawa pergi ke klinik gangguan mata yang bisa menyembuhkannya.

Baca Juga: Astigmatisma: Terapi Mata untuk Memperbaiki Kelainan Penglihatan

Sindrom Mata Komputer

Sindrom Mata Komputer (Computer Vision Syndrome/CVS) adalah kondisi yang terkait dengan penggunaan komputer dan gadget dalam jangka waktu yang lama. Gejalanya termasuk mata kering, ketegangan mata, sakit kepala, dan penglihatan kabur. Untuk mengurangi risiko sindrom mata komputer, pastikan pengaturan lingkungan kerja Anda optimal. Gunakan pencahayaan yang baik, letakkan layar pada posisi yang tepat, dan sesuaikan tingkat kecerahan dan kontras layar agar sesuai dengan kondisi sekitar. Juga, beristirahatlah secara teratur dan lakukan latihan mata yang dapat mengurangi ketegangan.

Gangguan Tidur

Penggunaan gadget sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur dan kualitas istirahat. Paparan blue light (cahaya biru) yang dipancarkan dari layar gadget bisa menghambat produksi hormon melatonin yang berguna untuk mengatur siklus tidur. Lebih baik menghindari menggunakan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Sediakan waktu untuk bersantai dan mempersiapkan diri untuk tidur dengan melakukan aktivitas yang menenangkan, seperti membaca buku atau meditasi. Juga, pertimbangkan penggunaan mode malam pada gadget Anda yang mengurangi paparan cahaya biru.

Radang Mata

Radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh gadget juga dapat menyebabkan radang mata atau konjungtivitis. Gejalanya termasuk mata merah, gatal, dan peradangan pada selaput lendir mata. Jaga kebersihan gadget Anda dengan membersihkan layar secara teratur. Hindari menggosok mata dengan tangan yang kotor setelah menggunakan gadget.

Jadi apakah Anda merasakan berbagai dampak penggunaan gadget pada mata dan membutuhkan solusi untuk masalah tersebut? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.