Klinik Mata Jakarta – Miopi tinggi adalah bentuk rabun jauh yang lebih parah. Jika anak Anda kesulitan membaca papan tulis di sekolah atau menyipitkan mata untuk fokus pada TV di rumah, sehingga menyebabkan sakit kepala dan mata tegang, bisa jadi ia mengalami gejala miopia tinggi. Ada risiko serius yang terkait dengan miopi tinggi yang perlu dipertimbangkan. Spesialis mata Anda dapat menangani miopi tinggi dengan terapi mata minus pada anak Anda jika didiagnosis secara dini. Namun, jika tidak diobati, miopi tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit mata di kemudian hari. Sangatlah penting untuk mendiagnosis miopi tinggi secara dini dan memberikan bantuan yang dibutuhkan anak Anda.

Mendiagnosis Miopia yang Tinggi

Miopi disebabkan oleh cahaya yang masuk ke dalam mata mendarat di depan retina, bukan langsung di retina. Ketika cahaya melewati kornea rabun, cahaya akan dibiaskan secara berbeda dibandingkan dengan cahaya yang melewati kornea yang sehat. Kelainan refraksi ini biasanya disebabkan oleh kornea yang memanjang dan cacat. Ketika spesialis Anda memberikan resep kacamata, mereka akan memberikan pengukuran dalam satuan yang disebut dioptres. Pengukuran dioptres positif berarti hipermetropi atau rabun dekat. Pengukuran dioptres negatif berarti miopia, atau dikenal sebagai rabun jauh. Resep miopia ringan berada di antara -0.25 dan -3.00 dioptres. Hasil pemeriksaan antara -5.00 dan -6.00 mengindikasikan miopia tinggi.

Gejala

Miopi tinggi menunjukkan gejala yang sama dengan miopi yang lebih ringan, namun lebih parah. Gejala-gejala ini dapat meliputi:

  • Penglihatan buram dari kejauhan
  • Sering menyipitkan mata
  • Sakit kepala yang parah
  • Kelelahan mata

Umumnya, miopi tinggi didiagnosis sebelum usia 13 tahun. Mendiagnosis miopi tinggi sejak dini sangat penting untuk mengurangi risiko berkembangnya kondisi yang lebih parah.

Faktor Risiko

Miopi tinggi umumnya dipahami sebagai kondisi mata genetik. Faktor risiko lainnya termasuk kebiasaan penglihatan anak, seperti terlalu lama di depan layar yang membuat mereka terlalu fokus pada jarak dekat.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Anda Tidak Bisa Memakai Lensa Kontak

Risiko Berbahaya Mengalami Miopia yang Tinggi

Jika miopi tinggi tidak segera mendapatkan terapi mata minus dengan benar atau cukup dini, anak-anak mungkin berisiko lebih besar mengalami kondisi mata yang lebih parah di kemudian hari.

Glaukoma

Miopia tinggi umumnya meningkatkan risiko seseorang terkena glaukoma sudut terbuka-bentuk penyakit yang paling umum. Orang dengan miopia tinggi memiliki kemungkinan 50% lebih besar untuk mengalami glaukoma dibandingkan mereka yang memiliki miopia ringan.

Katarak

Pada kasus yang parah, katarak dapat menyebabkan kebutaan. Katarak yang parah biasanya diobati dengan operasi katarak. Orang dengan miopia tinggi memiliki kemungkinan 17% lebih besar untuk menjalani operasi katarak dibandingkan mereka yang memiliki miopia ringan.

Ablasio Retina

Retina terletak di dinding belakang mata Anda dan mengirimkan informasi cahaya melalui saraf optik ke otak. Ablasio retina terjadi ketika retina terkelupas dari dinding belakang. Ketika retina terlepas dari dinding, retina tidak dapat mengirimkan informasi cahaya ke otak. Pada kasus yang parah, ablasio retina dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara permanen. Orang dengan miopia tinggi memiliki kemungkinan 5-6 kali lebih besar mengalami ablasio retina dibandingkan mereka yang memiliki miopia ringan.

Umumnya, miopi tinggi didiagnosis sebelum usia 13 tahun. Anak-anak perlu memeriksakan matanya secara teratur untuk memantau miopia dan kondisi mata lainnya, serta menentukan apakah strategi seperti kontrol miopia merupakan pilihan yang tepat.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.