Klinik Mata Jakarta – Istilah computer vision syndrome memang belum banyak diketahui bahkan dipahami oleh kebanyakan kalangan. Istilah ini hanya berlaku bagi mereka yang terbiasa menghabiskan banyak waktu sehari-hari di depan laptop atau komputer. Layar komputer seperti yang kita ketahui memiliki radiasi serta pancaran sinar yang cukup terang. Sehingga, jika Anda berlama-lama di depan kaca pasti akan mengalami yang namanya sakit mata.

Keadaan mata merah, perih mata, hingga mata kering memang menjadi tanda dari adanya gejala computer vision syndrome. Tidak hanya karena sering berada di depan komputer, untuk yang sering menggunakan smartphone juga besar kemungkinan terkena syndrome ini. Jika memang terjadi hal yang seperti ini, Anda harus terus waspada.

Karena, jika dibiarkan lama kelamaan pastinya bisa saja memberikan dampak buruk bagi diri sendiri yang bisa dalam jangka panjang. Untuk memahami dengan baik bagaimana seseorang bisa terkena CVS, ada baiknya mencari tau terlebih dahulu apa itu CVS. Jika dilansir dari beberapa sumber, computer vision syndrome ini merupakan suatu kondisi atau keadaan yang muncul karena seseorang terlalu banyak menggunakan komputer.

Bagaimana Gejala Umum CVS Pada Orang Dewasa dan Anak-anak?

Sebelum mengatakan bahwa diri Anda mengalami yang namanya sindrom ini, ada baiknya mencari tau terlebih dahulu. Gejala pertama yang mungkin terjadi pada Anda yang terkena CVS adalah pandangan mata mereka akan terlihat kabur alias blurry. Sehingga, untuk melihat sesuatu dengan jelas itu butuh usaha yang keras, maka bukan berarti mereka itu bermasalah dengan mata.

Baca juga : Cara Yang Tepat Untuk Menggunakan dan Merawat Lensa Kontak

Untuk gejala selanjutnya, mereka yang terkena CVS ini biasanya ketika melihat semua hal akan tampak double. Mereka tidak bisa melihat objek itu hanya satu saja, yang mana semuanya tampak ada dua alias ganda. Gejala lainnya ialah mengalami masalah mata kering hingga merah bahkan bisa terasa sangat gatal. Keadaan seperti iritasi hingga terpaksa harus menggunakan obat tetes mata juga dialami oleh penderita CVS. Bahkan, ada dari mereka yang akhirnya merasa sakit kepala hingga mual jika terlalu sering berada di depan komputer.

Mencegah Computer Vision Syndrom dengan Teknik 20-20-20

Demi mencegah diri dari yang namanya terkena sindrom ini bisa dilakukan dengan beberapa hal. Tips yang sudah banyak dibuktikan oleh kebanyakan kalangan ialah Computer Vision Syndrom (CVS) 20-20-20. Maksud dari angka ini ialah dimana setiap 20 menit sekali Anda wajib mengistirahatkan mata selama 20 detik. Mungkin bagi sebagian orang hal ini sangat menyebalkan.

Namun, ternyata dengan melakukan hal serupa dapat mencegah Anda dari yang namanya penyakit mata. Tidak hanya itu, maksud untuk 20 selanjutnya ialah dimana Anda harus berada di 20 kaki yaitu sekitar 50 meter dimana Anda berada. Sehingga, Anda tidak dikenankan untuk melihat suatu benda yang berada terlalu jauh dari tempat Anda melihat benda tersebut.

Selama ini, kebanyakan dari kita itu berada di depan laptop lebih dari waktu 8 jam per hari dimana ini sangat melelahkan. Sehingga, untuk mencegah diri dari yang namanya kelelahan dan penyakit bahaya lain sudah sepatutnya untuk mencoba metode ini. Terutama untuk yang pekerjaan utamanya itu mengharuskan mereka untuk bisa berada di depan laptop dalam waktu lama.

Hal yang paling penting Anda perhatikan ialah selalu memposisikan diri Anda dengan baik terutama untuk posisi tubuh. Jangan sampai, karena lalai menghabiskan waktu di depan komputer malah membahayakan diri dan mata Anda. Karena, jika sudah terkena Computer Vision Syndrom ini akan sulit untuk diobati.