Terapi Mata Minus – Mata adalah indera penglihatan yang memiliki peran penting bagi setiap orang sebagai jendela kehidupan. Penglihatan yang sehat dan bagus akan menunjang aktifitas yang dilakukan oleh setiap orang. Gangguan penglihatan yang terjadi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap turunnya kualitas hidup seseorang. Bahkan sekarang ini tidak sedikit orang yang mengalami gangguan penglihatan terutama mata minus atau rabun jauh (miopi). Penting sekali memiliki pengetahuan yang baik terkait dengan kesehatan mata baik masalah dan solusi dalam mengatasinya.

Ciri-ciri Mata Minus yang Perlu Diketahui

Pada umumnya, mata yang normal dapat melihat objek dengan jarak dekat maupun jarak jauh dengan baik atau jelas. Namun dengan adanya suatu gangguan refraksi akan membuat anatomi mata berubah sehingga berakibat pada penglihatan yang menjadi kabur dan buram. Mata minus atau rabun jauh (miopi) merupakan bentuk kelainan refraksi yang terjadi dan ditandai dengan gejala penglihatan buram untuk melihat objek pada jarak yang jauh. Akan tetapi, mereka dapat melihat objek pada jarak dekat dengan jelas.

Mata minus terjadi akibat bentuk atau panjang bola mata menyebabkan sinar cahaya masuk ke dalam bola mata dibiaskan secara tidak tepat. Pembiasan yang terjadi secara tidak tepat akan berpengaruh terhadap fokus objek yang jatuh di depan retina bukan tepat di retina. Hal tersebut yang memprakarsai penglihatan menjadi buram ketika anda melihat objek yang berada sedikit lebih jauh. Ciri-ciri mata minus yang perlu untuk diketahui sehingga dapat dicegah lebih dini diantaranya sebagai berikut:

  • Pandangan jadi kabur atau tidak fokus saat melihat objek dengan jaraknya jauh.
  • Terpaksa memicingkan mata untuk bisa melihat objek yang jauh agar lebih jelas.
  • Sering sakit kepala akibat mata yang terus berkontraksi.
  • Pandangan menjadi kabur saat mengemudikan kendaraan di malam hari.
  • Saat menonton televisi, selalu duduk mendekat ke layar dengan alasan supaya lebih jelas melihat.
  • Harus duduk di bangku paling depan saat belajar di kelas supaya bisa melihat papan tulis dengan jelas.

Baca Juga: Mengapa Vision Therapy Penting untuk Kesehatan Mata Anda?

Solusi Mata Minus dengan Berbagai Terapi

Terapi mata minus tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi suplemen atau makanan tertentu. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda perlu melakukan beberapa langkah dalam terapi mata minus seperti berikut ini.

1.    Lensa koreksi

Koreksi dengan lensa untuk mengobati mata minus menggunakan lensa minus yang dapat membiaskan bayangan objek yang dilihat sehingga objek dapat fokus dan jatuh di retina. Jenis-jenis lensa yang diresepkan biasanya :

  • Kacamata

Tipe lensa kacamata termasuk desain penglihatan tunggal (monofokal), bifokal, atau multifokal (lensa progresif).

  • Lensa kontak

Lensa ini diletakkan tepat di permukaan kornea mata. Tersedia dalam berbagai bahan dan desain, termasuk lensa kontak lunak (soft lens) dan lensa kontak kaku (rigid gas permeable) dalam kombinasi dengan desain spheris.

2.    Orthokeratology

Terapi mata minus yang satu ini tidak memerlukan operasi, cukup dengan memakai lensa kontak khusus. Lensa ini berfungsi untuk memperbaiki lengkungan kornea mata dengan cara menekan kornea secara bertahap. Lensa kontak ini digunakan pada malam hari dan dipakai seperti lensa kontak biasa.

3.    Laser Mata

Prinsip laser mata adalah memperbaiki bentuk kornea mata menggunakan sinar laser. Ada 3 jenis operasi laser mata berdasarkan cara perbaikan korneanya, yaitu:

–       PRK (photorefractive keratectomy) dilakukan dengan cara mengangkat lapisan luar atau epitel kornea.

–       LASEK (laser epithelial keratomileusis) memiliki prinsip yang mirip dengan PRK, yaitu dengan mengangkat lapisan epitel kornea, kemudian memipihkan lapisan stroma kornea menggunakan sinar laser.

–       LASIK (laser in situ keratomileusis) dilakukan dengan cara membuat irisan tipis pada lapisan epitel dan lapisan stroma, tanpa melepasnya dari kornea mata.

Anda membutuhkan terpai mata minus professional ? Segera hubungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan kesehatan mata dengan berbagai alat medis canggih dan staff yang professional.