Terapi Mata Minus – Masalah pada visual seseorang dapat berpengaruh terhadap kualitas hidup mereka. Hal ini tidak terlepas dari pentingnya peran visual atau penglihatan dalam kehidupan kita. Ketika anda tidak dapat melihat benda yang terletak jauh, atau anda tidak bisa membaca tulisan dari jarak jauh, hal ini bisa menjadi tanda masalah visual. Yang mana berarti anda memiliki kelainan refraksi yang disebut dengan rabun jauh atau mata minus.

Banyak hal yang dapat menyebabkan mata memiliki kelainan rabun jauh. Seperti misalnya terlalu sering membaca buku terlalu dekat dan lain sebagainya. Sangat penting untuk mencegah perkembangan kondisi rabun jauh yang memburuk. Simak berbagai hal berkaitan dengan kondisi gangguan penglihatan yang sering dialami banyak orang ini.

Apa Itu Rabun Jauh (Mata Minus)?

Rabun jauh atau yang juga dikenal dengan mata minus adalah kesulitan dalam melihat objek yang berada jauh. Orang yang mengalami gangguan rabun jauh bisa melihat objek yang lebih dekat dengan lebih mudah. Umumnya, kondisi mata minus ini bisa dibantu dengan menggunakan lensa korektif termasuk kacamata dan lensa kontak. Ini bukanlah penyakit mata, melainkan sebuah kelainan yang terjadi pada mata dan membuat seseorang tidak bisa melihat objek dengan jelas dari jarak jauh.

Pada mata kondisi mata yang normal, cahaya dari luar akan jatuh tepat pada retina. Berbeda dengan mata minus, dimana cahaya dari luar akan jatuh di depan retina atau tidak tepat di retina. Akibatnya, benda atau objek yang berada jauh akan terlihat tidak jelas atau buram. Kondisi ini bisa saja diturunkan dari ayah atau ibu kepada anaknya. Dan umumnya mata minus ditemukan pada anak-anak berusia 9 sampai 12 tahun. Ketika anak-anak beranjak remaja, kondisi mata minus ini bisa saja menjadi lebih buruk. Meski begitu, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang sudah dewasa.

Kondisi mata minus ada yang memiliki tingkat rendah sampai pada tingkat tinggi. Hal yang perlu diperhatikan, seseorang dengan mata minus dengan tingkat tinggi memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit mata lainnya. Salah satu penyakit mata yang dapat terjadi akibat tingkat mata minus yang tinggi adalah kerusakan pada retina. Selain itu, penderita mata minus tingkat tinggi juga lebih berisiko mengalami glaukoma dan katarak.

Baca Juga: Apa Saja Gangguan yang Bisa Diperbaiki dengan Vision Therapy?

Gejala Mata Minus yang Harus Diwaspadai

Sangat penting untuk melakukan deteksi dini agar kondisi mata minus tidak memburuk dan berada di tingkat yang tinggi. Untuk itu, anda perlu mewaspadai gejala-gejala mata minus berikut ini.

  • Penglihatan yang menjadi buram dan kabur ketika melihat benda pada jarak jauh
  • Ketika melihat benda yang jauh, biasanya akan menyipitkan mata atau menutup sebagian mata sehingga bisa melihat objek dengan jelas.
  • Sakit kepala yang bisa disebabkan oleh mata lelah.
  • Kesulitan ketika berkendara terutama pada malam hari atau bisa disebut rabun senja.

Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Mata Minus

Perkembangan mata minus bisa dikurangi dengan terapi mata minus dan penanganan yang tepat. Langkah perawatan tepat dibutuhkan untuk mencegah kondisi mata minus yang semakin tinggi dan memburuk seiring waktu. Untuk itu, perhatikan beberapa langkah berikut yang dapat membantu mencegah mata minus.

1.     Rutin Memeriksakan kesehatan Mata

Memeriksakan kesehatan mata secara rutin penting untuk mencegah mata minus dan gangguan penglihatan lainnya. Memeriksakan kesehatan mata rutin sejak dini dapat mencegah mata minus semakin memburuk.

2.     Memperbanyak kegiatan di luar ruangan

Melakukan kegiatan di luar ruangan dengan lebih sering dapat mengurangi risiko perkembangan mata minus. Menghabiskan waktu di luar menjadi salah satu faktor penting untuk mencegah terjadinya mata minus.

3.     Makanan untuk mata yang sehat

Gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi gangguan penglihatan secara signifikan. Kandungan nutrisi seperti zinc, vitamin C, vitamin E dan beta carotene berperan penting dalam mengurangi resiko penyakit mata. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan mata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.