Vision Therapy – Katarak adalah gangguan penglihatan yang cukup umum terjadi pada lansia. Ini merupakan kondisi dimana lensa mata yang berubah menjadi keruh. Kekeruhan lensa tersebut kemudian berdampak pada buruknya kualitas penglihatan seseorang. Dimana penglihatan menjadi buram atau kabur, sehingga menghambat seseorang dalam menjalani aktivitasnya. Penting untuk mengenali gejala katarak dan segera melakukan tindakan pengobatan untuk mencegahnya memburuk.

Ketahui tentang Apa Katarak

Katarak adalah gangguan mata yang terjadi ketika lensa bening mata berubah menjadi keruh. Akibatnya, penglihatan menjadi terganggu dimana kualitas penglihatan menjadi menurun. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi katarak yaitu bertambahnya usia atau faktor penuaan. Katarak juga bisa disebabkan oleh cedera mata yang dapat mengubah jaringan lensa mata. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat kelainan genetik, diabetes, paparan sinar matahari secara berulang pada mata, dan lainnya.

Gangguan mata katarak bisa terjadi ketika protein pada lensa mata menggumpal. Dimana kemudian gumpalan protein tersebut menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan pada akhirnya membuat pandangan menjadi kabur. Banyak orang tidak menyadari adanya gangguan mata katarak terutama pada tahap awal. Seiring berjalannya waktu, seseorang dengan gangguan mata katarak memiliki penglihatan yang kabur. Bahkan penglihatan kabur tersebut membuat seseorang akan kesulitan membaca atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Pilihan Pengobatan untuk Katarak

Penting untuk melakukan pengobatan yang efektif guna mengatasi kabut atau kekeruhan pada lensa mata. Melakukan pengobatan sejak dini penting untuk mencegah katarak semakin parah yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Pengobatan yang tepat dan efektif penting untuk menghilangkan katarak dan mengembalikan penglihatan sepenuhnya. Beberapa pengobatan dan perawatan untuk gangguan mata katarak seperti penggunaan kacamata khusus. Dimana kacamata khusus bisa digunakan bagi mereka dengan katarak ringan untuk mencegah perkembangan penyakitnya.

Selain lensa mata, obat tetes seperti lanosterol juga bisa menjadi salah satu alternatif mengatasi katarak. Dimana obat tetes mata tersebut dapat memperlambat perkembangan katarak. Selain itu, obat tetes mata tersebut juga dapat mencegah pembentukan gumpalan protein baru yang menjadi penyebab katarak. Saat katarak sudah mengganggu aktivitas sehari-hari anda, maka dokter akan menyarankan tindakan operasi untuk mengobati katarak. Penting sekali menghindari faktor risiko katarak untuk mencegah masalah penglihatan yang mengganggu aktivitas.

Baca Juga: Ketahui tentang Penglihatan Memburuk Karena Low Vision

Ketahui Cara Mencegah Katarak

Faktor usia atau penuaan memang menjadi salah satu faktor penyebab katarak. Walau begitu, bukan berarti kondisi katarak tidak bisa dicegah. Terdapat beberapa cara yang bisa membantu mencegah risiko mata katarak. Berikut ini beberapa Langkah untuk mencegah katarak, seperti:

Memeriksakan kondisi mata secara rutin

Dengan rutin periksa mata ke dokter maka anda bisa mendeteksi dengan cepat gejala katarak. Kondisi katarak yang masih berada pada tahap awal lebih mudah ditangani dan diobati. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan mata rutin setiap dua tahun sekali untuk mencegah risiko penyakit mata terutama katarak.

Melindungi mata dari paparan sinar UV

Paparan sinar UV yang berlebihan pada mata bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak. Paparan sinar UV juga dapat membuat kondisi katarak yang diderita seseorang bertambah parah. Karena paparan sinar ultraviolet (UV) dapat merusak protein yang terdapat pada lensa mata. Sebaiknya anda menghindari paparan sinar UV berlebihan pada mata secara langsung untuk mencegah risiko katarak.

Menjaga kesehatan tubuh

Menjaga kondisi kesehatan tubuh tidak hanya penting dalam mencegah kondisi penyakit, tapi juga membantu mencegah katarak. Beberapa kondisi penyakit tertentu dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami gangguan mata katarak. Seperti, penyakit diabetes, kesehatan mata yang terganggu, serta komplikasi dari operasi mata yang pernah dilakukan seseorang.

Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mata. Dengan rutin mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung senyawa antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, vitamin C, dan vitamin E, secara signifikan mampu menurunkan risiko terjadinya katarak.

Menghentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami gangguan mata katarak. Hal ini karena paparan asap rokok mengandung radikal bebas yang berdampak buruk bagi kesehatan mata. Penting sekali menjaga kesehatan mata dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, layanan vision therapy dapat membantu anda untuk memelihara kesehatan mata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.