Pusat Terapi Mata – Gangguan penglihatan seringkali menghambat aktivitas seseorang. Munculnya pandangan kabur, bintik hitam, silau saat melihat cahaya merupakan keluhan yang sering terjadi karena adanya gangguan mata. Penting sekali melakukan pemeriksaan mata rutin untuk mencegah risiko gangguan mata. Karena pada beberapa kasus gangguan mata bisa berdampak pada menurunnya kemampuan visual seseorang. Bahkan pada kasus yang lain, gangguan penglihatan membutuhkan perawatan khusus.

Ketahui Gangguan Penglihatan yang Umum Terjadi

Ada banyak sekali jenis gangguan mata yang sering terjadi. Dimana gangguan mata tersebut ada yang sifatnya rigan hingga berat. Beberapa jenis gangguan mata paling umum yang sering terjadi, seperti:

Rabun Jauh (Miopia)

Gangguan penglihatan rabun jauh atau miopi dapat membuat segala sesuatu yang berada pada jarak tertentu atau jauh terlihat kabur. Penyebab utamanya adalah struktur bola mata terlalu panjang atau bentuk kornea yang abnormal sehingga berakibat pada munculnya kelainan refraksi

Rabun Dekat (Hiperopia)

Penderita rabun dekat akan mengalami kesulitan untuk bisa melihat objek yang terletak cukup dekat dengannya. Dimana objek atau benda yang berada dekat akan nampak kabur atau buram. Keadaan ini dapat menurun dalam keluarga. Rabun dekat seringkali terjadi karena bentuk bola mata terlalu pendek.

Presbiopia

Presbiopia adalah gangguan penglihatan yang berkaitan dengan penuaan. Dimana penderitanya akan kesulitan membaca tulisan. Kondisi ini umumnya mulai terjadi pada saat seseorang memasuki usia 40 tahun.

Astigmatisma (Silinder)

Mata silinder atau disebut juga dengan astigmatisme dapat mempengaruhi kualitas penglihatan yang buruk pada jarak berapa pun. Kondisi ini terjadi saat kornea mata memiliki bentuk yang abnormal, sehingga berakibat pada banyaknya titik fokus cahaya pada retina.

Glaukoma

Glaukoma merupakan kondisi gangguan mata yang serius dan dapat mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatannya. Gangguan mata ini dapat merusak saraf optik yang ada di dalam mata. Sehingga menyebabkan seseorang kehilangan lapang pandang secara bertahap.

Degenerasi Makula

Age related macular degeneration (AMD) atau Degenerasi Makula Terkait Usia bisa merusak penglihatan pusat. Sehingga menyebabkan penderitanya sulit untuk membaca atau mengemudi kendaraan.

Baca Juga: Jenis Pemeriksaan Mata yang Penting untuk Mencegah Risiko Penyakit Mata

Retinopati Diabetik

Retinopati Diabetik dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sebagian hingga berujung pada kebutaan. Ini terjadi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah kecil di dalam retina.

Katarak

Katarak adalah kondisi yang membuat penglihatan menjadi kabur secara perlahan. Sehingga penderitanya akan kesulitan dalam membaca, mengemudi, dan melihat di malam hari. Katarak pada tahap lanjut bisa terlihat pada bagian tengah mata yang berwarna putih.

Amblyopia (Mata Malas)

Ambliopia atau mata malas dapat terjadi karena beberapa faktor. Seperti gangguan mata juling atau gangguan ketajaman penglihatan yang terjadi pada salah satu mata. Jika gangguan mata ini tidak segera diatasi, maka gangguan penglihatan akibat ambliopia dapat bersifat permanen.

Terapi Penglihatan Solusi Gangguan Penglihatan

Terapi penglihatan adalah serangkaian latihan dan teknik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan visual. Dimana di dalamnya meliputi latihan yang meningkatkan koordinasi antara mata dan otak dalam mengolah informasi visual. Ini adalah solusi pengobatan non bedah untuk masalah gangguan mata yang umum, termasuk mata malas dan kelainan refraksi seperti miopi, presbiopi, hiperopia, dan astigmatisma. Dimana terapi penglihatan membantu anda memperlambat atau mencegah perkembangan gangguan mata.

Sebagai pusat terapi mata profesional, VIO Optical Clinic menyediakan layanan vision therapy. Dengan tenaga ahli, kami membantu anda untuk mendapatkan penglihatan yang optimal. Dimana layanan vision therapy dari VIO Optical Clinic terdiri dari:

  • Terapi mata minus (ortho-k) untuk menrurunkan ukuran minus dan mengehntikan perkembangannya.
  • Terapi proprioseptif untuk memperbaiki kondisi mata juling laten akibat persepsi penglihatan yang salah.
  • Terapi penglihatan binokuler untuk menyeimbangkan akomodasi mata dan penglihatan ganda.
  • Terapi mata malas (amblyopia) untuk menstimulasi penglihatan mata malas agar mendapatkan keseimbangan penglihatan.
  • Low Vision Treatment atau rehabilitasi mata untuk memaksimalkan penglihatan yang ada.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.