Klinik Mata – Mata berperan sebagai indera penglihatan dan sangatlah penting bagi kehidupan orang di Jakarta dan dimana pun. Dengan mata, kita dapat melihat seluruh isi dunia sehingga bisa beraktivitas dan menjalani hari-hari dengan baik. Menjaga kesehatan mata tentu perlu dilakukan agar penglihatan yang jelas tetap terjaga dengan baik.

Mata yang sehat memiliki pengaruh penting bagi kehidupan manusia. Ciri-ciri mata yang sehat diantaranya yaitu penglihatan yang jelas dan terang. Kemudian, mata yang tidak terlihat merah, mata tidak berair, serta tidak ada gangguan mata yang terlihat. Ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan masalah dan gangguan mata. Fungsi penglihatan dapat menurun dan berkurang akibat gaya hidup yang kurang baik. Menjalani pemeriksaan mata rutin di klinik mata Jakarta penting untuk mencegah gangguan mata.

Ada banyak gangguan mata yang dapat mempengaruhi fungsi penglihatan seseorang. Dimana gangguan mata tersebut bisa dilatarbelakangi oleh berbagai kondisi termasuk kondisi kesehatan. Beberapa gangguan mata yang umumnya terjadi, meliputi:

Miopi atau Mata Minus

Miopi merupakan gangguan mata yang terjadi karena kelainan refraksi. Kondisi ini menjadi salah satu gangguan mata yang banyak dijumpai saat ini. Pada kasus miopia, mata hanya dapat melihat benda-benda yang letaknya dekat secara jelas. Sedangkan untuk benda-benda yang letaknya jauh akan terlihat buram. Salah satu penyebab miopia adalah kebiasaan sehari-hari dan pola hidup yang tidak baik. Seperti kebiasaan membaca buku sambil tiduran, hingga terlalu lama di depan layar tv, komputer maupun bermain HP.

Presbiopi atau Mata Tua

Presbiopia adalah gangguan mata yang umumnya terjadi pada mereka dengan usia lanjut. Kondisi ini terjadi akibat hilangnya kekenyalan lensa, sehingga menyulitkan lensa untuk menjadi cembung saat melihat dekat. Hal yang sering dikeluhkan pada kasus presbiopi adalah kesulitan melihat tulisan yang kecil dalam jarak dekat. Sehingga, seseorang cenderung menjauhkan kertas yang akan dibaca untuk mendapatkan tulisan yang lebih jelas.

Astigmatisma atau Silinder

Astigmatisma adalah kondisi dimana sinar yang masuk mata tidak dipusatkan pada satu titik. Akan tetapi, sinar atau cahaya yang masuk mata tersebut tersebar. Kondisi ini terjadi akibat  permukaan kornea yang memiliki bentuk tidak merata. Pada permukaan kornea yang normal biasanya memiliki permukaan licin dan memiliki kelengkungan yang sama. Penderita astigmatisma seringkali mengeluhkan penglihatan seperti melihat cermin yang tidak rata. Koreksi penglihatan dengan kacamata silinder dibutuhkan untuk mengimbangi kelengkungan kornea yang terganggu.

Baca Juga: Solusi Mata Juling pada Anak dengan Pusat Terapi Mata Jakarta

Glaukoma

Berbeda dengan gangguan mata sebelumnya yang diakibatkan oleh kelainan refraksi, glaukoma terjadi karena adanya kerusakan saraf mata. Ini adalah kondisi dimana tekanan bola mata lebih tinggi dari pada tekanan normal. Akibatnya, terjadinya kerusakan pada saraf mata atau nervus optikus. Glaukoma biasanya ditandai dengan terjadinya kerusakan pada lapisan serabut saraf secara bertahap. Dimana kemudian kerusakan tersebut perlahan dapat menyebabkan menyempitnya lapangan pandang dan berakhir dengan kebutaan.

Katarak

Katarak adalah gangguan mata yang berkaitan dengan salah satu penyakit mata. Kondisi ini ditandai dengan perubahan lensa mata yang menjadi keruh atau berkabut. Pada kasus katarak seseorang sering mengeluhkan penglihatan yang buram secara perlahan. Seperti penglihatan yang berkabut atau berasap, penglihatan ganda, dan lebih sensitif terhadap cahaya. Keluhan-keluhan yang sering muncul tersebut tergantung pada tingkat dan bentuk kekeruhan katarak yang dialami seseorang.

Mata yang sehat adalah aset berharga kita di masa depan. Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan mata untuk mencegah masalah kesehatan mata. Melakukan pemeriksaan mata lengkap di klinik mata Jakarta penting dilakukan untuk mendeteksi dini penyakit mata berbahaya. Sebagai klinik mata terpercaya di Jakarta, VIO Optical Clinic memberikan layanan pemeriksaan mata lengkap tidak hanya pemeriksaan mata minus, plus dan silinder saja. Tapi Vio Optical Clinic juga menyediakan layanan pemeriksaan lainnya, seperti:

  • Pemeriksaan buta warna
  • Pemeriksaan stereopsis
  • Pemeriksaan tekanan intra ocular
  • Pemeriksaan kornea untuk mendeteksi penyakit katarak
  • Pemeriksaan funduscopy atau pemeriksaan retina

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.