Klinik Mata Bekasi – Dari sekian banyak alat bantu penglihatan yang bisa Anda pilih di dunia maya, salah satu yang paling direkomendasikan adalah lensa kontak. Tentunya diantara para pembaca sekalian ada yang mengenakan alat bantu satu ini bukan? Tahukah Anda, lensa kontak ini memiliki kerentanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kacamata biasa.

Karenanya untuk memiliki lensa kontak yang tahan lama, Anda harus memahami cara merawatnya dengan baik. Tentu saja hal ini wajib dipahami, pasalnya lensa kontak yang tidak dirawat dengan baik berpotensi untuk memberikan banyak gangguan kesehatan pada mata. Salah satunya mungkin terjadi infeksi pada kornea mata Anda.

Karenanya Anda harus betul-betul memahami bagaimana cara merawat alat bantu penglihatan satu ini dengan baik. Terlebih lagi, lensa kontak ini tidak dibeli dengan harga yang murah. Akan sangat baik jika Anda tidak perlu membelinya berulang kali bukan? Untuk itu, pahamilah beberapa cara tepat untuk menggunakan dan merawat lensa kontak di bawah ini.

Cara Mengenakan Lensa Kontak Yang Baik

Hal yang perlu Anda pahami pertama kali adalah cara untuk mengenakan lensa kontak secara baik. Langkah pertama, cuci tangan Anda hingga bersih dan jangan lupa untuk mengeringkannya. Setelah itu, Anda bisa menggunakan tangan dominan Anda dan meletakkan lensa kontak di jari telunjuk. Dengan jari tengah, tarik kelopak mata bawah Anda ke arah bawah secara lembut.

Gunakan jari telunjuk pada tangan lain untuk mengangkat kelopak mata bagian atas. Arahkan mata ke atas, kemudian letakkan lensa kontak di bagian putih mata Anda. Lepaskan tangan dan kemudian lepaskan kedua kelopak mata Anda agar kembali pada posisi semula. Tutuplah mata Anda dalam beberapa detik. Biarkan lensa kontak yang Anda kenakan memposisikan dirinya ke tengah kornea mata Anda.

Cara Melepaskan Lensa Kontak

Poin selanjutnya adalah cara melepaskan lensa kontak dengan baik. Caranya mudah, namun Anda harus hati hati dalam melakukannya dan tidak usah terburu-buru. Seperti memasang, pastikan kondisi tangan Anda bersih dan kering. Kemudian setelahnya arahkan mata Anda ke atas dan tarik kelopak mata bawah dengan jari tengah Anda.

Letakkan jari telunjuk Anda di bagian bawah softlens. Tarik lensa tersebut secara perlahan dan tempatkan pada bagian putih mata Anda. Setelahnya Anda bisa menjepit lensa dengan jari telunjuk dan ibu jari. Kemudian lepaskan lensa dari kedua mata Anda. Ingat, lakukan secara perlahan dan hati hati. Biasanya membuka lensa mata ini jauh lebih sulit dari memasangnya.

Cara Merawat Lensa Kontak dengan Baik

Merawat lensa kontak bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk memiliki lensa yang awet dan bersih. Yang pertama, pastikan Anda senantiasa membilasnya dengan cairan khusus lensa. Anda bisa mendapatkan cairan ini di toko optik. Bersihkan permukaan lensa Anda dan gosok selama 20 detik saja dengan menggunakan solution.

Baca juga : Tips Mudah Mengatasi Mata Merah

Setelahnya Anda bisa membilas lensa kontak tersebut hingga bersih. Kemudian tempatkan pada kotak lensa yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mengisi kotak lensa Anda dengan cairan fresher khusus pula yang biasa digunakan untuk perawatan lensa mata. Biarkan lensa terendam selama kurang lebih 4 jam. Setelahnya Anda bisa menggunakan lensa kontak tersebut kapanpun Anda mau.

Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami paparkan terkait cara menggunakan dan merawat lensa kontak Anda. Pastikan Anda menerapkannya secara menyeluruh agar kualitas lensa kontak Anda selalu terjaga, sehingga penglihatan Anda juga tetap terbantu karenanya. Pastikan juga Anda membeli lensa kontak di toko optik terpercaya agar kualitasnya tetap terjaga.