VIO OPTICAL – Panca indera yaitu mata, merupakan organ tubuh yang sangat berharga. Mata merupakan indera penglihatan yang penting bagi kehidupan dan membutuhkan perawatan agar mata tetap sehat. Terlebih lagi pada era digital seperti saat ini, dimana penggunaan gadget semakin meningkat. Ditambah lagi dengan asupan nutrisi yang buruk, sehingga menyebabkan banyak orang yang mulai menderita masalah penglihatan. Kasus penderita rabun jauh semakin meningkat, dimana hal ini berkaitan dengan degenerasi makula. Sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita terlebih di era digital.

Perkembangan teknologi di era digital telah menuntut banyak orang orang untuk bekerja dengan komputer. Menatap layar komputer dalam waktu lama berpotensi untuk mengembangkan sindrom penglihatan komputer. Selain itu, di era digital banyak orang yang tidak bisa terlepas dari gadget. Bahkan hampir setiap hari masyarakat modern menatap layar gadget mereka. Padahal, hal tersebut dapat memicu berbagai masalah penglihatan, seperti penglihatan kabur, mata kering, sakit kepala dan lainnya. Bahkan hal-hal tersebut berpotensi memicu mata minus dan gangguan kesehatan mata lainnya.

Tidak dapat dipungkiri, jika di era digital peran teknologi sangatlah penting. Walau begitu, paparan cahaya biru yang berenergi tinggi dari komputer dan gadget dapat merusak sel di retina. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata. lalu, bagaimanakah cara untuk menjaga mata agar tetap sehat di era digital saat ini? Simak ulasannya berikut ini:

Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Ketika anda harus bekerja di depan layar komputer, sebaiknya anda mengenakan kacamata anti radiasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir paparan sinar biru dari layar komputer dan layar gadget. Selain itu, kenakan selalu kacamata saat anda berada di luar ruangan, terutama saat matahari tengah terik. Hal ini penting dilakukan agar mata anda terhindar dari paparan sinar UV secara langsung.

Jaga Mata Tetap Terhidrasi

Menjaga mata tetap terhidrasi penting untuk mencegah risiko mata kering. Anda bisa minum banyak air untuk membantu tubuh tetap terhidrasi yang bisa mencegah masalah kekeringan di area mata.

Mengkonsumsi Omega 3

Meningkatkan asupan omega 3 yang bisa diperoleh dari minyak ikan, dapat merangsang lebih banyak produksi air mata. Dimana Air mata penting untuk melumasi mata, sehingga membantu menurunkan risiko mata kering.

Baca Juga: Apakah Mata Minus Anak Bisa Sembuh?

Gunakan Obat Tetes Mata

Jika Anda seringkali mengalami permasalahan mata kering, gunakanlah obat tetes mata. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter mata sebelum menggunakan obat tetes mata tersebut.

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi sayuran hijau, dedaunan, salmon, tuna, dan telur yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jenis makanan sehat tersebut mengandung nutrisi seperti asam lemak omega 3, lutein, seng, dan vitamin A, C, dan E yang baik untuk mata. ini juga baik untuk menjaga kualitas penglihatan tetap jelas dan mencegah risiko masalah mata terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Pemeriksaan mata secara teratur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata. Sebaiknya anda mengunjungi dokter mata secara teratur untuk menjaga kualitas penglihatan dan mendeteksi masalah mata sejak dini.

Selain hal-hal tersebut, anda juga bisa menerapkan aturan 20-20-20. Yaitu mengistirahatkan mata setiap 20 menit ketika menatap layar komputer dan gadget. Dengan melihat pada jarak pandang 20 kaki selama 20 detik. Membatasi waktu untuk menatap layar komputer juga perlu dilakukan. Serta menerapkan posisi duduk dan jarak yang tepat untuk bekerja dengan komputer atau bermain gadget. Selain itu, rutin mengkonsumsi vitamin yang baik untuk kesehatan mata juga bisa menjaga kesehatan mata anda.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.