VIO OPTICAL – Kesehatan mata sangat penting untuk dijaga, agar penglihatan selalu normal dan bisa berfungsi dengan baik, tidak mengalami mata minus. Untuk menunjang kesehatan mata, menjalani tes atau pemeriksaan mata secara rutin harus dilakukan. Hal ini dapat mencegah terjadinya risiko gangguan dan masalah penglihatan seperti mata minus. Gangguan penglihatan yang terjadi dapat mempengaruhi penurunan kemampuan penglihatan. Oleh sebab itu, pemeriksaan mata secara rutin perlu untuk dilakukan.

Melakukan pemeriksaan mata penting untuk mengetahui kondisi kesehatan mata. Hal tersebut, juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. Ketika gangguan penglihatan seperti mata minus, bisa dideteksi secara dini, tentu pengobatannya bisa dilakukan dengan maksimal. Beberapa gejala yang mungkin timbul akibat mata minus bisa meliputi:

–       Penglihatan buram

–       Sulit untuk melihat di malam hari

–       Sulit untuk membiasakan penglihatan dari kondisi gelap ke terang

–       Mata terlihat buram saat melihat layar komputer

–       Mata yang sering terasa lelah

–       Pusing atau sakit kepala pada area sekitar mata secara terus-menerus

Ketika anda mulai merasakan ketidaknyamanan pada mata dan kesulitan untuk melihat sesuatu pada jarak yang sedikit jauh. Maka, sebaiknya Anda mulai untuk melakukan pemeriksaan dan menjadwalkan tes mata minus. Hal tersebut penting untuk memastikan apakah anda mengalami kondisi mata minus atau tidak. Tes ini juga ditujukan untuk melihat tingkat keparahan mata minus yang biasanya disebut dengan dioptri. Dimana selanjutnya akan diresepkan kacamata atau lensa kontak sesuai dengan tingkat mata minus Anda.

Ketika menjalani tes mata minus, gejala yang dirasakan dan masalah lainnya akan diperiksa. Seperti riwayat kesehatan secara umum, hingga kebiasaan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Dalam tes mata minus umumnya menggunakan metode-metode, seperti:

Baca Juga: Tips Memakai Softlens untuk Mata Minus

1.     Tes ketajaman penglihatan

Tes ini dilakukan dengan cara melihat suatu objek dalam jarak tertentu. Yakni dengan melihat poster yang berisi huruf dari ukuran besar hingga kecil sebagai objek. Dimana kemudian pasien akan diinstruksikan untuk melihat objek tersebut dari jarak 20 kaki atau kurang lebih 6 meter. Apabila pasien berhasil menyebutkan seluruh objek dengan tepat, maka menandakan kondisi mata normal. Namun, jika terjadi kesulitan maka membuktikan Anda memiliki mata minus.

2.     Retinoskopi

Retinoskopi merupakan metode pemeriksaan mata menggunakan alat bernama retinoskop. Alat tersebut digunakan untuk mengukur kemampuan mata dalam menangkap cahaya. Sebelum itu, dokter akan meletakkan sejumlah lensa dengan menggunakan alat yang disebut dengan phoropter. Hasil dari metode pemeriksaan retinoskopi ini bisa memperlihatkan tingkat keparahan kondisi minus pada mata pasien. Selanjutnya, akan diketahui dengan pasti jumlah minus.

3.     Pinhole test

Pinhole test ini sering digunakan untuk metode tes mata minus pada remaja dan dewasa. Karena anak-anak yang berusia di bawah 7-8 tahun akan kesulitan untuk melakukan tes ini. Pinhole test merupakan pemeriksaan mata minus dengan alat yang disebut pinhole. Pasien akan diinstruksikan untuk melihat objek yang ada di depannya melalui lubang kecil tersebut. Hasil dari metode pemeriksaan ini dapat memberikan informasi mengenai penyebab pasti terjadinya gangguan penglihatan. Apabila pasien dapat melihat jelas menggunakan pinhole, maka kemungkinan mereka mengalami kerusakan refraksi, seperti mata minus.

Melakukan pemeriksaan mata sangat penting untuk dilakukan secara teratur. Apalagi bagi anda yang memiliki kondisi mata minus. Sebaiknya anda rutin memeriksakan kondisi mata untuk mengetahui derajat mata minus yang dimiliki. Hal ini penting untuk menyesuaikan dengan resep kacamata serta mencegah mata minus yang semakin memburuk.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.